Local Experiences

Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru

Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru

Pekanbaru merupakan ibu kota dan kota terbesar yang berada di provinsi Riau. Selain sebagai pusat pemerintahan, kota ini juga menjadi salah satu pusat ekonomi terbesar di Pulau Sumatera.

Salah satu ciri khas Kota Pekanbaru adalah adanya Sungai Siak yang meliuk-liuk di sekitar kota. Ini menyebabkan Pekanbaru terkenal dengan megahnya Jembatan Siak IV. Jembatan ini juga disebut Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit), sang pendiri Kota Pekanbaru.

Selain jembatan, ada beberapa tempat wisata di Pekanbaru terbaru. Berkunjung ke sana memberikan pengalaman liburan yang pasti seru.

1. Masjid An Nur

Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru
Taj mahalnya Pekanbaru

Wisata terbaru di Pekanbaru yang pertama adalah masjid. Selain sebagai tempat beribadah, Masjid An-Nur juga masuk ke dalam daftar wisata religi di Pekanbaru. Banyak pengunjung yang tak hanya berkunjung untuk beribadah. Namun juga untuk menikmati bangunan bergaya arsitektur campuran dari Melayu, Arab, Turki dan India. 

Tidak heran bila Masjid An-Nur ini dijuluki sebagai Taj Mahal Pekanbaru. Bagi pecinta wisata Pekanbaru di malam hari, masjid ini bisa jadi pilihan. Karena terdapat warna-warni pantulan cahaya di kolam.

Masjid An-Nur yang terletak di pusat Kota Pekanbaru, tepatnya di Jl. Hangtuah Ujung, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru ini memiliki filosofi istimewa. Empat menaranya melambangkan 4 Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Sedangkan 5 kubahnya melambangkan rukun Islam sebagai pedoman hidup umat muslim.

2. Danau Buatan Kayangan

Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru
Danau buatan Kayangan

Selanjutnya adalah Danau Kayangan. Danau ini merupakan bendungan irigasi yang dijadikan sebagai objek wisata kekinian. Bahkan pada tahun 2012, danau ini pernah dijadikan arena kompetisi cabang ski air ketika PON XVIII. Sehingga jika datang ke Danau Bandar Kayangan, akan terlihat tribun penonton. Kini, tribun tersebut digunakan pengunjung untuk berteduh dan bersantai.

Karena keindahan panoramanya, danau ini menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan. Baik lokal maupun internasional.

Untuk pergi tempat ini, segera saja menuju ke Jalan Khayangan, Pesisir Rumbai, Kota Pekanbaru. 

Baca juga: Sangat Mengagumkan, Berikut Rekomendasi Wisata Medan Terbaru 2022

3. Air Terjun Batu Dinding

Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru
Wisata unik di Pekanbaru

Jika ingin memilih wisata alam Pekanbaru, pergilah ke Air Terjun Batu Dinding. Destinasi ini dinilai unik karena berada di lokasi tersembunyi dengan tampilan pesona alam yang menakjubkan. Hutan hujan tropis dengan bebatuan menjadikan tempat wisata ini layak dikunjungi.

Bernama Air Terjun Batu Dinding karena airnya mengalir di antara bebatuan yang berhimpitan. Bebatuan kokoh tersebut membentuk dinding di sekitar wisata. Lumut tumbuh subur di atasnya. 

Jika berkunjung ke sini sebaiknya sambil membawa bekal makanan dari rumah. Tidak ada yang membuka warung penjual makanan, karena lokasinya di dalam wilayah hutan larangan adat. Tepatnya di Tanjung Belit, Kiri Hilir, Kampar, Pekanbaru. Riau.

Perhatikan pula untuk menjaga sikap dan kebersihan selama mengeksplorasi daerah di sana ya!

4. Taman Alam Mayang

Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru
Memiliki berbagai wahana

Berikutnya adalah taman alam Mayang, wisata keluarga di Pekanbaru. Dengan luas lebih dari 20 hektar, wisata baru di Pekanbaru ini menyediakan berbagai wahana permainan untuk keluarga.

Semisal arena outbond anak flying fox, perahu karet, banana boat, perahu kayuh, dan lainnya. Atau bila ingin aktivitas yang lebih tenang, memancing di fishing area bisa jadi pilihan.

Jangan lupa pula untuk mengabadikan keseruan liburan keluarga. Karena taman yang terletak di jl. Haji Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang, Tenayan Raya, Pekanbaru ini memiliki beragam spot foto yang menarik.

5. Asia Heritage

Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru
Berpose dengan baju khas negara

Pilihan lain untuk wisata keluarga di Pekanbaru jatuh pada Asia Heritage. Wisata Pekanbaru terbaru ini menawarkan sensasi berada di 4 negara. Yaitu Indonesia, Korea, Jepang dan China. 

Asia Heritage memiliki luas sekitar 16 hektar. Di sana terdapat fasilitas yang bisa menjadi spot foto instagramable. Misalnya spot budaya Chinatown, Great Wall, Rainbow Slide, Masjid Cheng Ho, Floating Market, dan Little Kyoto. 

Pengunjung bisa menyewa pakaian adat masing-masing negara yang diusung di sana. Biayanya hanya Rp.30.000. Setelah menggunakan, tinggal berpose di depan dekorasi yang ada di wisata Pekanbaru terbaru ini.

Asia Heritage terletak di jl. Yos Sudarso Km 12, Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

Gimana, sudah terbayar rasa penasaran akan tempat wisata di Pekanbaru yang terbaru? Semua sudah dibahas di atas, tinggal pilih mau berkunjung ke mana dulu. 

Untuk menambah informasi seputar dunia traveling, klik di sini ya!

0 comments on “Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.