gado-gado
Local Experiences

Dunia Kuliner Menggeliat Lagi, Inilah Makanan Khas Surabaya dengan Sambal Kacang

Pecinta Kuliner, sini merapat!

Banyak orang yang datang ke Surabaya untuk berburu kulinernya. Karena kota ini memiliki beberapa macam makanan dan minuman khas yang terkenal. Baik di dalam kotanya maupun tersebar di luar. Dari dunia kuliner ini pulalah banyak penduduk yang mendapatkan sumber perekonomian.

Sempat lesu karena pandemi, kini ketika momok itu semakin sirna, dunia bisnis kuliner di Surabaya jadi menggeliat. Wajah-wajah berseri pelaku usaha kuliner pun bisa menyungging senyum keteguhan hati.

Festival Rujak Uleg sebagai tanda kebangkitan perekonomian Surabaya

kuliner Surabaya Sambal Kacang festival rujak uleg
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa menguleg bahan rujak bersama pejabat lainnya.

Setelah vakum selama dua tahun karena pandemi, kali ini festival rujak uleg sukses digelar di kota Surabaya pada tanggal 22 Mei 2022. Event ini sukses menyedot animo warga. Mereka menyesaki pusat kuliner Kembang Jepun atau lebih dikenal dengan Kya-kya. Mulai dari Gubernur Jatim, walikota, hingga masyarakat bersama-sama menguleg/menghancurkan bahan rujak pada cobek raksasa. Juga di sepanjang jalan menuju pusat perhelatan. Sangat wajar, jika kemudian kuliner Surabaya viral ini menjadi semakin terkenal. Event ini pun kemudian menjadi tanda kebangkitan perekonomian warga Surabaya di sektor kuliner pada khususnya.

Surabaya memang terkenal dengan kuliner rujak, terutama rujak cingur. Bahkan makanan yang diberi tambahan mulut sapi (cingur) ini ada sejak dulu kala. Sebut saja warung rujak cingur  Surabaya di jalan Genteng Durasim. Kuliner Surabaya legendaris ini telah ada sejak 1942 dan masih menyuguhkan rujak cingur dengan rasa yang  otentik. Bumbunya saja diuleg di cobek yang berumur hampir 80 tahun. 

Di warung ini, seporsi rujak cingur berisi nanas dan mangga muda, mie, tempe, tahu, kecambah. Tak lupa potongan cingur yang kenyal. Terakhir kesemuanya itu disiram dengan bumbu kacang dan petis. Hmm… 

Ternyata ada kuliner Surabaya sambal kacang selain rujak

20220602 095545 0000
Rujak cingur Surabaya

Ya, selain rujak cingur seperti disebutkan di atas, kuliner Surabaya juga memiliki makanan khas lainnya dengan sambal kacang. Masing-masing memiliki ciri khas yang sama-sama membuat ketagihan penikmatnya. Maka ketika berada di Surabaya, tak ada salahnya untuk berburu kuliner Surabaya sambal kacang.

Dari segi kesehatan, kacang tanah sebagai bahan sambal kacang beberapa makanan enak Surabaya ternyata memiliki banyak manfaat.  Kacang tanah merupakan sumber tenaga yang lebih baik karena kaya protein, minyak dan karbohidrat. Karena kandungan asam lemak tidak jenuhnya yang tinggi, kacang tanah sering dikonsumsi oleh para pelaku diet mengurangi berat badan, juga untuk diet penderita diabetes.

Nah, manfaat kuliner Surabaya sambal kacang akan semakin bertambah, jika di dalamnya terdapat beberapa bahan bergizi lainnya. Misal sayuran dan buah-buahan. Jika tadi sudah membahas rujak cingur, berikut ini adalah rekomendasi kuliner Surabaya sambal kacang. Lengkap dengan rekomendasi lokasi penjualan. Sehingga Kawanjo tak perlu bingung saat berada di Surabaya. Baik itu untuk eksplorasi wisata Surabaya terbaru 2022 maupun acara lainnya.

Baca juga: Wisata di Surabaya untuk Rekreasi dan Belajar Histori

1. Tahu Tek dengan campuran petis

kuliner Surabaya Sambal Kacang tahu tek
Tahu Tek

Mari mengawali dengan membahas Tahu Tek. Kuliner Surabaya viral ini memiliki banyak penggemar. Rasa sambal kacang yang dicampur petis udang membuat ketagihan bagi siapapun yang selesai menyantapnya.

Di dalam satu porsi tahu tek, terdapat irisan lontong, tahu setengah matang, kecambah, dan kentang kukus. Jangan lupakan kerupuk untuk menambah kenikmatan. 

Salah satu penjual kuliner khas Surabaya yang terkenal ini adalah warung tahu Tek pak Jayen. Lokasinya berada di Jalan Dharmahusada Nomor 112, Mojo, Kecamatan Gubeng. Harga satu porsi Tahu Tek adalah Rp 11.000,- sampai Rp 13.000,- dengan tingkat kepedasan sesuai permintaan.

2. Tahu telur yang mirip dengan Tahu Tek

kuliner Surabaya Sambal Kacang tahu telor
Tahu telur

Di warung yang sama, ternyata satu lagi menu kuliner Surabaya yang viral. Yaitu tahu telur. Sama-sama menggunakan tahu, makanan enak Surabaya ini ternyata berbeda cara menyajikannya dibandingkan dengan Tahu Tek.

Jika Tahu Tek menggunakan tahu goreng setengah matang, tahu telur menggunakan tahu yang digoreng dengan baluran telur ayam. 

Di sisi lain, satu lagi kesamaan keduanya adalah penggunaan sambal kacang campur petis. Maka, kuliner Surabaya sambal kacang satu ini bisa diandalkan untuk menunda lapar. 

Di warung Pak Jayen, satu porsi tahu telur diberi harga Rp. 15.000,- Murah dan cukup mengenyangkan.

3. Pecel pincuk semanggi yang ngangeni

kuliner Surabaya Sambal Kacang pecel pincuk semanggi
Pecel pincuk Semanggi

Tak kalah terkenal, berikut ini adalah kuliner khas Surabaya. Yaitu pecel semanggi. Pecel dengan daun semanggi sebagai sayuran pelengkap sambal kacangnya. 

Selain daun semanggi, ada pula kecambah yang keduanya harus direbus terlebih dahulu. Adapun sambal kacangnya terbuat dari kacang tanah yang digoreng, cabe, gula jawa yang cukup banyak, serta ketela rambat. Dalam menyajikan, pedagang pecel semanggi akan menggunakan daun pisang sebagai alas makanan yang dipincuk. Tak lupa pula makanan ini disertai kerupuk puli.

Dulu, di Surabaya penjual pecel semanggi dengan mengenakan kebaya dan jarik,  biasanya akan menyunggi tampah. Berkeliling menawarkan dagangan. 

Sekarang, banyak sekali tempat makan yang menyediakan kuliner Surabaya viral ini. Salah satunya adalah warung di Jalan Diponegoro No.56, Jalan Gembong 20-30. Dengan harga Rp. 10.000,- pecel pincuk Semanggi siap disantap!

4. Gado-gado Surabaya, aduk dan rasakan nikmatnya!

kuliner Surabaya Sambal Kacang gado gado
Gado gado Surabaya

Sama-sama menggunakan sambal kacang, ada yang membedakan kuliner Surabaya satu ini. Yaitu penambahan santan kelapa dalam pembuatan sambal. Kemudian sambal yang telah siap, diguyur ke bahan isian.

Adapun isi dari gado-gado ini adalah tahu, telur, tempe, lontong, dan elit rebus. Ada juga dan  sayuran seperti selada, tomat, timun, dan kecambah. Sebagai penambah kelezatan,  ada kerupuk dan emping melinjo. Aduk saja semuanya, seperti makna asli namanya. Maka, makanan inipun siap menjadi sajian makan siang yang nikmat. 

Di Surabaya, ada warung Gado gado Arjuna pak Satumin. Berdiri sejak tahun 1970, warung ini menjual gado gado istimewa dengan harga Rp. 13.000,- 

5. Sate ayam buka 24 jam

kuliner Surabaya Sambal Kacang sate ayam
Sate ayam di Surabaya

Sebenarnya makanan sate sudah menyebar luas di Indonesia. Termasuk di Surabaya, hingga kemudian menjadi kuliner Surabaya favorit. Ada berbagai macam sate di kota ini salah satunya adalah sate Madura. 

Khusus sate ayam, sambal kacang digunakan saat membakar daging yang sudah ditusuk. Dicampur dengan kecap dan minyak Saat menyantapnya pun lebih nikmat jika menyertakan sambal kacang lengkap dengan irisan bawang merah. Jika suka, boleh juga dengan menambahkan perasan jeruk nipis.

Bila tiba-tiba merasa lapar di malam hari, salah satu warung penjual sate di Surabaya ini bisa jadi pilihan. Namanya warung sate ayam pak Seger. 

Kuliner Surabaya malam hari ini juga memiliki menu selain sate ayam. Yaitu sate daging, sate jeroan, dan sate kulit. Harga sate ayam untuk 10 tusuk adalah Rp. 32.000.

Untuk kondisi darurat kelaparan di malam hari, segera pergi ke warung sate ayam pak Seger. Lokasinya ada di jl.  Dharmawangsa Nomor 117, Kertajaya, Gubeng, Surabaya.

Sambal kacang memang sangat memanjakan lidah. Variasi rasa bisa diatur sesuai keinginan dalam setiap makanan kuliner Surabaya di atas. Jika berkesempatan mengunjungi Surabaya, tak ada salahnya untuk mengeksplorasi kulinernya. Termasuk kuliner Surabaya sambal kacang di atas. Dengan begitu, perekonomian kota bisa meningkat dengan menggeliatnya sektor pariwisata dan kuliner kota. 

Baca juga: Surabaya City Tour

Berkelana dengan kata-kata || Menebar guna lewat hamparan frasa

2 comments on “Dunia Kuliner Menggeliat Lagi, Inilah Makanan Khas Surabaya dengan Sambal Kacang

  1. Saya kok hanya bisa sampai nomer 5. Sate ayam. Nomor 6&7 di mana ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.