Ngtrip ke Gunung
Health Lifestyle

Perhatikan 5 Hal Ini Jika Mau Trip ke Wilayah Pegunungan

Jika kawanjo berencana unuk ngetrip ke lokasi yang masih asri dan jauh dari keramaian, pastikan 4 hal ini tidak terlupakan

Liburan, sudah pasti banyak pilihan destinasi wisata yang menarik. Tinggal kawanjo pilih saja mau ke pantai atau ke hutan? Jika suka sama suasana hening, adem dan sejuk, sudah pasti pergi ke hutan jawabannya. Di sini bukan hutan belantara, lebih ke arah trekking saja mungkin menuju curug ataupun tempat camping yang asyik. Jika memang kawanjo mau menuju kesana, sebaiknya siapkan beberapa hal penting ini.

1. Uang Cash

Hal penting
Uang cash diperlukan untuk bertransaksi

Tidak semua destinasi wisata itu siap sedia tempat penarikan uang. Ataupun menyediakan sistem debit kartu atm. Contohnya saja jika kawanjo coba trip ke air terjun atau curug. Sudah pasti akan banyak biaya tidak terduga, mulai dari tiket masuk, parkir kendaraan, toilet umum, sampai ingin membeli makanan ringan. Sepele tapi sangat berarti uang cash dalam perjalanan kawanjo menuju lokasi-lokasi yang masih terpencil.

Baca Juga : Trip Desa Wisata Bisa Jadi Tren Liburan Pascapandemi

2. Peta Manual

Hal yang diperhatikan saat trip
Peta manual diperlukan saat berada di wilayah yang tidak ada koneksi internet

Di zaman yang serba canggih sekarang ini, peta sudah mulai ditinggalkan. Tetapi bagaimana jika kawanjo pergi liburan ke lokasi yang terpencil dimana koneksi internet sudah pasti berantakan bahkan terputus? Tentu saja, kita akan kembali ke cara yang lama yaitu membuka catatan pribadi ataupun peta terkait lokasi wisata yang akan dituju.

3. Makanan Karbohidrat

Trip pegunungan
Pisang jadi buah favorit yang kerap dibawa para pendaki ataupun traveler yang ingin menjelajahi wilayah pegunungan

Perjalanan menuju curug ataupun lokasi camping membutuhkan banyak tenaga. Apalagi cuaca dingin semakin menguras tenaga. Oleh karena itu tubuh sangat membutuhkan pasokan makanan yang mengandung karbohidrat. Meskipun ini bukan pendakian ke puncak gunung, ada beberapa destinasi wisata curug yang punya jalur sulit.

Dibutuhkan kemampuan dan juga perlengkapan yang oke untuk mencapai tujuan. Jalan yang licin, lembab, ditambah lagi juga seandainya kawanjo belum cukup makan dari rumah jadi konsumsi makanan karbohidrat sangatlah diperlukan tubuh. 

4. Air Minum

Hal yang diperhatikan
Perbanyak minum air putih mencegah dehidrasi

 Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi saat melakukan perjalanan. Apalagi jika jalur dan tujuannya sangat lembab, dingin dan menanjak. Tubuh akan banyak kehilangan cairan. Oleh karena itu, bawalah air minum bersih secukupnya agar tidak perjalanan trip kawanjo jadi menyenangkan dan juga jauh dari dehidrasi. Banyak orang yang pergi ke destinasi wisata terpencil melupakan pentingnya membawa air minum bersih. 

5. Membawa Kotak P3K

Hal yang dilakukan
Kotak P3K diperlukan sebagai syarat pertolongan utama jika terjadi sebuah kecelakaan dalam perjalanan wisata

Kotak P3K sangatlah penting. Bahaya selalu mengintai, terutama jika destinasi wisata tujuannya ke hutan, trekking ataupun main ke curug yang dikenal punya jalur licin dan berbahaya. Menyediakan kotak P3K setidaknya bisa menjadi pertolongan pertama jika ada hal berbahaya terjadi di sepanjang trip kawanjo. Pengobatan pertama pasti menggunakan kotak P3K ini. 

Open trip dan paket wisata menarik lainnya, buruan cek di sini. Semuanya ada, mulai dari ngetrip sehari tapi berarti, uji adrenalin, sampai ngetrip yang deket aja dulu.

Baca Juga : 7 Gadget Rekomendasi untuk Lebaran Idul Fitri 2021

0 comments on “Perhatikan 5 Hal Ini Jika Mau Trip ke Wilayah Pegunungan

Leave a Reply

Your email address will not be published.