artificial intelligence,
PigiNews

Aplikasi Artificial Intelligence Viral 2023, Permudah Lahirnya Karya

Sudah jadi rahasia umum bahwa manusia telah sampai di era berkarya bersama kecerdasan buatan. Hingga akhir tahun 2023, telah banyak aplikasi Artificial Intelligence viral yang muncul. Seiring berkembangnya teknologi media sosial, Kawanjo akan terbantu dengan si AI untuk terus menghasilkan konten bermutu.  

Sudah jadi rahasia umum bahwa manusia telah sampai di era berkarya bersama kecerdasan buatan. Hingga akhir tahun 2023, telah banyak aplikasi Artificial Intelligence viral yang muncul. Seiring berkembangnya teknologi media sosial, Kawanjo akan terbantu dengan si AI untuk terus menghasilkan konten bermutu.

Aplikasi Artificial Intelligence (AI) telah menciptakan gelombang revolusioner dalam dunia teknologi.  Di masa kini, telah banyak sektor kehidupan terutama dunia kerja yang yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence. Mulai dari penggunaan untuk karya tulis dan visual hingga pelayanan di bidang publik.

Walaupun demikian, hingga saat ini belum ada teknologi Artificial Intelligence yang sepadan dengan manusia. Mampu melakukan atau menggantikan manusia sepenuhnya. Tentulah beda, antara kreasi karya dari ciptaan Sang Maha Pencipta, dengan hasil racikan robot Artificial Intelligence. Untuk itu, tetap perlu kehati-hatian dalam penggunaan Artificial Intelligence dalam kehidupan sehari-hari. Meski sehebat apapun fiturnya, AI tetaplah sekedar mesin atau robot ciptaan manusia.

Pengertian Artificial Intelligence

 Pengertian Artificial Intelligence 
Pengertian Artificial Intelligence

Adalah kemampuan yang dikendalikan oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh si makhluk multi kecerdasan, yakni manusia. AI merujuk pada kemampuan mesin untuk meniru kecerdasan manusia. Baik itu dalam pengenalan suara, pengolahan bahasa alami, pembelajaran mesin, dan pemecahan masalah kompleks.

Aplikasi AI dibangun dengan algoritma cerdas yang memungkinkan mesin beradaptasi dan meningkatkan kinerjanya seiring waktu.

Baca juga: Kapal Pembersih Sampah Neon Moon II, Kenang-kenangan dari Coldplay untuk Indonesia

Sejarah Artificial Intelligence 

Konsep AI telah ada sejak awal abad ke-20, tetapi pengembangannya mengalami lonjakan signifikan pada tahun 1950-an. Marvin Minsky dan John McCarthy, dua tokoh utama dalam sejarah AI, membuka jalan dengan pendekatan pengembangan bahasa pemrograman AI, Lisp. Pada tahun 1990-an, kemajuan komputasi dan data memberikan dorongan baru bagi perkembangan AI.

Kini, Artificial Intelligence mengalami kemajuan yang pesat. Seiring dengan perkembangan komputer yang kuat, ketersediaan data yang banyak, serta kemajuan dalam algoritma, AI yang muncul pun semakin canggih dan beragam. Kebutuhan akan sumber informasi pun membuat para kreator harus terus produktif, dan berbagai Artificial Intelligence membantu mereka untuk berkarya.

Salah satu contoh kemajuan terbaru adalah pengembangan Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer) yang menjadi sorotan besar dalam bidang AI, karena kemampuannya untuk menghasilkan teks yang sangat mirip dengan gaya dan konteks yang diberikan.

Manfaat Artificial Intelligence

Aplikasi Artificial Intelligence Viral
Aplikasi Artificial Intelligence Viral

Beberapa contoh kemajuan Artificial Intelligence semakin tampak beberapa tahun terakhir. Selain ada Chat GPT dan sejenisnya yang mampu menghasilkan tulisan nyaris sama dengan hasil pemikiran manusia. Ada juga aplikasi yang menghasilkan gambar atau foto yang sesuai dengan konteks atau apa yang diperintahkan penggunanya.

Wajar bila Artificial Intelligence disebut sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari manusia. Aplikasi AI dapat memproses data dengan cepat, mempercepat tugas-tugas seperti pengolahan gambar, pengenalan suara, dan analisis data. Pada sistem pelayanan yang lebih baik, Chatbot dan asisten virtual menggunakan AI mampu memberikan respons cepat dan solusi kepada pengguna. Sehingga mampu meningkatkan pengalaman pelanggan.

Di sisi lain, aplikasi seperti Google Translate memanfaatkan AI untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain dengan akurasi yang tinggi. Sehingga komunikasi antar bangsa bisa lebih lancar. AI juga bisa memantik lahirnya karya-karya yang dalam penyebarannya bisa lebih luas. Anak bangsa tak lagi bingung mengabarkan cipta kreasinya pada dunia yang lebih luas. Media sosial pun semakin beragam dengan berbagai karya kreatif nan produktif.

Baca Juga: Melalui Konferensi Maroko, Arif Sugiyanto Siap Bawa Geopark Kebumen Menuju Status UNESCO Global Geopark

Aplikasi Artificial Intelligence Viral

Artificial Intelligence di Indonesia telah banyak digunakan. Dalam bidang apapun, mulai dari kreasi seni hingga asisten pengatur transportasi. Penggunanya pun beragam, mulai pelajar hingga artis kenamaan. Berikut adalah beberapa aplikasi Artificial Intelligence viral yang banyak dipilih:

 

  1. ChatGPT
    Aplikasi Artificial Intelligence Viral ChatGPT
    Aplikasi Artificial Intelligence Viral ChatGPT

    Chatbot dari OpenAI ini memiliki keistimewaan tersendiri, yakni kemampuannya dalam merespon perintah yang diberikan pengguna. Jawaban yang diberikan terasa lebih alami, nyaris sama dengan manusia.

    Chat GPT biasanya digunakan untuk beberapa hal. Seperti  mengerjakan tugas, membuat artikel, atau bahkan coding aplikasi sederhana. Terkadang pengguna juga meminta Chat GPT untuk pengguna untuk menciptakan skrip guna membuat video yang menarik.

  2. Image Bing
    Aplikasi Artificial Intelligence Viral Bing
    Aplikasi Artificial Intelligence Viral Bing

    Kini siapa saja bisa berkarya, menghasilkan produk visual yang menarik dan menyedot perhatian. Bagaimana tidak. Image Bing bisa menyediakan gambar hanya dengan menerima teks perintah atau prompt. Tanpa kemampuan editing sekalipun, Kawanjo bisa menghasilkan visual yang unik dan mengundang banyak like bila dipajang di medsos. Tentunya dengan menggunakan produk dari kelompok AI Art Generator ini.

  3. IdeogramAplikasi Artificial Intelligence viral selanjutnya membuat Kawanjo bisa mengeksplorasi ide lebih dalam. Ya, Ideogram mengajak untuk membuat gambar 3D, sehingga semakin nampak dengan foto asli. Kawanjo juga bisa memberikan sentuhan tema tertentu pada gambar, seperti gaya film Pixar atau Disney. Sebagaimana menjadi trend postingan pengguna medsos akhir-akhir ini.
  4. AI YearbookTahun boleh berganti, namun kenangan tetaplah bikin senang di hati. Aplikasi Artificial Intelligence terbaru bernama AI Yearbook Free hadir guna mendukung kenangan terindah. Aplikasi ini bisa membuat foto Kawanjo diedit menjadi sebuah buku tahunan retro tahun 90-an. Dengan nuansa nostalgia, melihat beberapa foto hasil aplikasi Artificial Intelligence viral ini menjadi hal seru. Bahkan para selebritis turut menggunakan kemudian mengunggah hasil foto editan mereka.

Aplikasi Artificial Intelligence viral baru-baru ini sangat bermanfaat. Ada banyak karya yang bisa dihasilkan, terutama bagi para kreator konten media sosial. Hal ini menegaskan bahwa berkreasi adalah kewajiban, karena kemudahan yang difasilitasi oleh AI ini.

0 comments on “Aplikasi Artificial Intelligence Viral 2023, Permudah Lahirnya Karya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.