Venue FIBA World Cup 2023
PigiNews PigiUpdate

Ini Dia Kemegahan Venue FIBA World Cup 2023, Keren!

Menjadi kebanggaan, sebuah event besar skala internasional segera dilaksanakan di Indonesia

Menjadi kebanggaan, sebuah event besar skala internasional segera dilaksanakan di Indonesia. Pada tanggal 23 Agustus –  10 September 2023, dijadwalkan venue FIBA World Cup 2023 Indonesia akan dipenuhi penonton.

Ya, penggemar olahraga bola basket akan terpuaskan dengan pertandingan bergengsi tingkat dunia. FIBA World Cup kembali digelar pada tahun ini di tanah air tercinta. Setelah sebelumnya digelar di China pada 2019, tahun ini FIBA World Cup digelar di tiga negara Asia. Yakni Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Indonesia mendapat kepercayaan untuk ambil bagian menjadi salah satu tuan rumah FIBA World Cup. Ajang olahraga empat tahun sekali ini akan diselenggarakan di Jakarta. Yaitu untuk pertandingan grup G dan grup H (first round and second round) juga klasifikasi untuk peringkat ke-17-32.

Meskipun sayangnya, timnas Indonesia tidak ikut bertanding di kampung halamannya sendiri, masyarakat harus tetap berbangga. Sebab tahun ini menjadi kesempatan pertama kalinya bagi Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah perhelatan tertinggi Piala Dunia Basket.

Pemain-pemain basket tingkat dunia akan datang dan berlaga di Jakarta. Para pemain NBA yang akan membela Kanada akan berlaga di sini. Begitu pula dengan pemain  juara dunia basket dari Spanyol. Sebuah tontonan prestisius yang tidak bisa ditinggalkan.

Baca Juga : Monumen Reog Ponorogo Bakal Jadi Patung Tertinggi Melebihi GWK Bali

Venue FIBA World Cup 2023 Indonesia

Venue FIBA World Cup 2023 Indonesia
Venue FIBA World Cup 2023 Indonesia

Jakarta menjadi bagian dari lima kota di tiga negara tuan rumah FIBA World Cup 2023. Pertandingan juga akan dilaksanakan di Pasay, Quezon City, dan Bocaue Filipina. Juga di Okinawa Jepang. 

Tak tanggung-tanggung, pemerintah telah menyiapkan venue spektakuler untuk gelaran prestisius ini. Sebagai apresiasi bahwa inilah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah FIBA World Cup, dibangunlah stadion basket termegah di tanah air.

Dengan nama Indonesia Arena, stadion ini mampu menampung hingga 16.000-an orang! Berada di area  Gelora Bung Karno, venue ini juga bisa difungsikan lain. Seperti lapangan bulutangkis, bola voli, tinju, MMA (Mixed Martial Arts), tenis, atletik, senam, maupun futsal. 

Selain itu, penyelenggaraan non olahraga contohnya konser musik dan seminar juga bisa dilakukan di sini.

Telah diresmikan pada tanggal 7 Agustus 2023 oleh Presiden Jokowi, venue FIBA World Cup 2023 Indonesia ini langsung menarik perhatian. Dengan pengerjaan selama 18 bulan, infrastruktur pendukung olahraga di Indonesia ini menelan biaya sebesar 640 milyar.

Baca Juga : Trip Seru Eksplor Pulau Pari Gak Sampai 400 Ribu

Fasilitas Indonesia Arena Venue FIBA World Cup 2023

Fasilitas Indonesia Arena Venue FIBA World Cup 2023
Fasilitas Indonesia Arena Venue FIBA World Cup 2023

Pantas bila biaya yang ditelan sangatlah besar. Sebab Indonesia Arena memang nampak spektakuler. NBA sendiri menyatakan tidak ada kecacatan di dalamnya. Karena semua fasilitas telah disertifikasi berdasarkan standar FIBA dan dengan persetujuan FIBA. 

Indonesia Arena dibangun dengan dengan mengusung filosofi sebuah kerajinan tangan khas Nusantara. Bentuknya mirip seperti keranjang anyam. Hal ini sebagai representasi keberagaman bangsa yang bersatu untuk menjadi kuat. Sekaligus sebagai perwujudan semangat gotong royong masyarakat.

Selebihnya, Indonesia Arena memiliki beberapa fasilitas mewah. Mulai dari lapangan utama, dua lapangan latihan, ruang ganti pemain, tribun VVIP, ruang kerja media dan konferensi pers, jacuzzi, kamar bilas, toilet penonton. Untuk menghubungkan lima lantai di dalamnya, terdapat lift dan eskalator yang bisa digunakan.

Kecanggihan teknologi bisa dilihat pada konsep tribun yang digunakan. Tribun tingkat 1 menggunakan teknologi telescopic tribune yang bisa dilipat secara otomatis. Sehingga tata letak bangku penonton bisa disesuaikan dengan ukuran lapangan. Sedangkan tribun tingkat 2-3 berbentuk permanen.  Sementara itu, ukuran lapangan bisa diperbesar menjadi panjang 80-85 meter dan lebar 46-55 meter. Menarik, kan?

Baca Juga : Wisatawan Kota Bandung Lebih dari 2 Juta, Hotel Nyaris Full Tiap Weekend

Lokasi Indonesia Arena Venue FIBA World Cup 2023

Lokasi Indonesia Arena Venue FIBA World Cup 2023
Lokasi Indonesia Arena Venue FIBA World Cup 2023

Indoor Multifunction Stadium atau Indonesia Arena terletak di Jalan Pintu Pintu Satu Senayan, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Atau berada di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.  Di antara Lapangan Panahan dan Hall Basket serta Lapangan Squash. 

Di atas lahan seluas 30.270 m2 milik Kementerian Sekretariat Negara, berdiri megah bangunan arena stadion tertutup seluas 50.398 m2. Untuk tiba di sini, banyak transportasi umum yang bisa digunakan. Yaitu KRL Commuter Line Palmerah R, MRT Jakarta Istora M, BRT Transjakarta Gelora Bung Karno (1 3F 9C 13C) dan Senayan JCC (3F 9 9A 9K 10H). Juga Transjakarta Penyambung Stasiun Kereta 1B, 1F serta Transjakarta Penyambung Perbatasan S41.

Indonesia Arena atau disebut juga dengan Indoor Multifunction Stadium dibangun dengan megah. Mengiringi rasa bangga bangsa Indonesia karena telah terpilih sebagai venue FIBA World Cup 2023. Tak ada salahnya menyempatkan menonton pertandingan di stadion basket termegah setanah air! 

0 comments on “Ini Dia Kemegahan Venue FIBA World Cup 2023, Keren!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.