Ayam goreng khas Nusantara yang terkenal
Local Experiences

5 Ayam Goreng khas Nusantara yang Terkenal dan Tips Makan Supaya Tetap Sehat

Ayam goreng khas Nusantara kini bertengger dalam peringkat satu masakan ayam goreng terbaik sedunia. Penasaran? Berikut daftar ayam goreng Nusantara yang terkenal!

Taste Atlas kembali memasukkan produk kuliner khas Indonesia dalam list populernya. Ayam goreng khas Nusantara kini bertengger dalam peringkat satu masakan ayam goreng terbaik sedunia. Sebagai bangsa dengan kekayaan kuliner, tak salah prestasi ini diberikan pada ayam goreng khas Nusantara yang terkenal.

Ayam Goreng khas Nusantara

Istilah ayam goreng diartikan sebagai  cara orang Indonesia memasak ayam yang digoreng. Tanpa tepung, mayoritas ayam goreng khas Nusantara memiliki cita rasa yang nikmat. Hal ini disebabkan penggunaan bumbu yang lebih beragam. Meski berbeda-beda di tiap-tiap daerah, biasanya ayam goreng diberi bumbu  bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, kemiri, lengkuas, daun salam, air sari asam jawa, serta garam dan gula.

Bumbu tersebut dihaluskan kemudian digunakan untuk merendam daging ayam yang hendak digoreng. Teknik ini dinamakan marinasi. Ada juga cara lain yaitu dengan merebus ayam bersama bumbu hingga setengah matang. Orang Jawa menyebut dengan ungkep. Tujuannya supaya bumbu lebih meresap. 

Setelah itu, daging ayam digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Dalam resep lain, ayam digoreng bersama bumbu yang diberi tepung. Sehingga menghasilkan kremesan yang gurih. Ada juga resep yang menambahkan parutan jahe atau laos maupun parutan kelapa saat menggoreng, dan menghasilkan serbuk yang menambah cita rasa.

Setelah matang, ayam goreng khas Indonesia biasanya dimakan dengan sambal. Baik itu sambal terasi, sambal matah, dan jenis sambal lainnya yang beragam pula.

Baca Juga : Ini Dia Tempat Makan Lesehan Bandung dan Manfaatnya Duduk tanpa Kursi

Ayam Goreng khas Nusantara yang Terkenal

Ayam Goreng khas Nusantara yang Terkenal
Ayam Goreng khas Nusantara yang Terkenal

Ayam goreng merupakan salah satu hidangan yang telah mengakar dalam kebudayaan kuliner Nusantara. Setiap daerah di Indonesia memiliki cara unik dalam mengolah ayam goreng, menciptakan berbagai varian cita rasa yang menggugah selera. 

Dalam daftar yang dibuat Taste Atlas, juga ada ayam penyet khas Jawa Timur yang menduduki peringkat keenam. Olahan ayam goreng ini memang terkenal bahkan sampai ke luar negeri. Di Indonesia sendiri, ayam penyet sering ditemui baik di resto mahal maupun warung pinggir jalan.

Yang menjadi ciri khas adalah penyajiannya. Yakni ayam yang sudah digoreng kemudian biasanya dipenyet dengan ulekan. Dengan tambahan nasi, sambal, dan lalapan, ayam penyet memang sungguh menggugah selera. 

Selain ayam penyet, ada juga beberapa jenis ayam goreng dari daerah lain. Inilah beberapa masakan ayam goreng khas Nusantara yang tak dapat disangkal kenikmatannya:

  1. Ayam Goreng Kalasan dari Yogyakarta
Ayam Goreng Kalasan dari Yogyakarta
Ayam Goreng Kalasan dari Yogyakarta

Ayam goreng Kalasan khas Yogyakarta disajikan berupa ayam utuh. Proses memasaknya adalah dengan merebus ayam dengan bumbu hingga airnya habis. Sehingga dagingnya bisa lunak. Ayam Goreng Kalasan kerap disajikan dalam acara-acara istimewa atau menjadi bagian dari hidangan khas selamatan.

  1. Ayam goreng paniki dari Manado
Ayam goreng paniki dari Manado
Ayam goreng paniki dari Manado

Ayam goreng khas Nusantara yang terkenal berikutnya berasal dari Manado. Pertama, ayam dimasak dengan bumbu dan santan kemudian digoreng. Setelah matang, disajikan  dengan taburan daun jeruk atau daun pandan.

  1. Ayam Goreng Laos Sunda
Ayam Goreng Laos Sunda
Ayam Goreng Laos Sunda

Kunci kelezatannya terletak pada parutan laos atau lengkuas yang ikut direbus bersama ayam dan bumbu. Tunggu hingga habis airnya, kemudian goreng ayam sekaligus parutan laosnya.

  1. Ayam Goreng Lado Ijo Padang
Ayam Goreng Lado Ijo Padang
Ayam Goreng Lado Ijo Padang

Salah satu menu masakan khas Padang adalah ayam goreng disajikan dengan bumbu lada hijau. Selain lada juga berbahan serai, tomat hijau, bawang merah, daun kunyit, daun jeruk, bawang putih, halia, lengkuas dan jeruk nipis.

  1. Ayam Goreng Kremes dari Surabaya
Ayam Goreng Kremes dari Surabaya
Ayam Goreng Kremes dari Surabaya

Ayam Goreng Kremes dari Surabaya menjadi favorit banyak orang. Selain rasa gurih daging ayam, ada sensasi renyah dari kremesan. Kremesan terbuat dari campuran tepung terigu, bawang putih, dan bawang merah yang digoreng hingga kering.

Ayam goreng yang dikonsumsi secara sehat dalam jumlah yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Ayam goreng khas Nusantara yang terkenal lezat dapat meningkatkan nafsu makan. Serta memberi kepuasan dalam menikmati makanan.

Baca Juga : Warung Rawon Legendaris di Surabaya, Terjamin Cita Rasa Kenikmatannya 

Beberapa kandungan gizi dalam ayam goreng diantaranya:

  1. Sumber Protein

Daging ayam adalah sumber protein hewani yang baik dan kaya akan asam amino esensial. Protein berperan penting dalam pembentukan jaringan otot, pertumbuhan sel, dan perbaikan jaringan tubuh.

  1. Zat Besi

Ayam goreng mengandung zat besi, yang berperan dalam pembentukan hemoglobin, protein yang membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Asupan zat besi yang cukup dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan darah.

  1. Fosfor dan Kalsium

Ayam goreng juga mengandung fosfor dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi

  1. Sumber Vitamin B

Ayam goreng mengandung vitamin B seperti vitamin B6 dan vitamin B12 yang berperan penting dalam fungsi saraf dan pembentukan sel darah merah.

Baca Juga : Gak Sampai 300 Ribu Udah Bisa Trip ke Baduy? Berangkat, Kuy!

Tips Makan Ayam Goreng Khas Nusantara yang terkenal

Penting untuk diingat bahwa manfaat di atas hanya berlaku jika ayam goreng dikonsumsi dalam batas yang wajar dan dengan cara yang sehat. Konsumsi ayam goreng banyak-banyak atau dengan minyak berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Seperti peningkatan kadar kolesterol dan resiko terkena penyakit jantung. 

Untuk tetap menikmati kelezatan ayam goreng dengan bijak, berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa dijalankan:

  1. Pilih Bagian Ayam yang Lebih Sehat

Saat membeli ayam goreng, pilihlah bagian ayam tanpa kulit atau dada yang lebih rendah lemak daripada paha. Kulit ayam mengandung lemak jenuh yang berlebihan dan kalori tinggi, sehingga menghindarinya bisa membantu menjaga keseimbangan pola makan kita.

  1. Hindari Minyak Terlalu Panas

Ketika menggoreng ayam di rumah, pastikan suhu minyak tidak terlalu panas. Hal ini dapat menyebabkan penyerapan minyak berlebihan pada ayam. Sehingga meningkatkan kandungan lemak dalam hidangan.

  1. Kurangi Penggunaan Tepung Terigu Berlebihan

Meskipun tepung terigu memberikan sensasi crunchy pada ayam goreng, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar kalori dan karbohidrat. Gunakan tepung secukupnya dan kombinasikan dengan rempah-rempah untuk menciptakan cita rasa yang nikmat. Seperti parutan kelapa, laos, maupun jahe.

  1. Padukan dengan Sayuran Segar

Untuk menjaga keseimbangan gizi dalam hidangan, tambahkan sayuran segar sebagai pelengkap. Sayuran memberikan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh kita. Cobalah menghidangkan ayam goreng dengan salad atau tumis sayuran untuk makanan yang lebih sehat dan bergizi. Bisa juga dengan sambal dan lalapan segar.

Ada banyak jenis ayam goreng khas Nusantara yang terkenal. Menikmatinya tak hanya mampu meredakan kelaparan. Namun juga memberi sensasi kebahagiaan. Butuh sikap bijak supaya konsumsinya tidak berlebih-lebihan, dan tips penting untuk makan ayam goreng secara sehat. 

0 comments on “5 Ayam Goreng khas Nusantara yang Terkenal dan Tips Makan Supaya Tetap Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.