Warung Rawon Legendaris di Surabaya
Local Experiences

Warung Rawon Legendaris di Surabaya, Terjamin Cita Rasa Kenikmatannya 

deretan kuliner khas Surabaya yang menggugah selera. Ada rujak cingur, lontong balap, es krim Zangrandi.

Sebagai kota terbesar di Jawa Timur, Surabaya tidak hanya kaya identik dengan sejarah. Pun tak melulu berbicara tentang modernitas ala kota metropolitan. Namun ada juga yang menarik dari kota Pahlawan. Deretan kuliner khas Surabaya itu menggugah selera. Ada rujak cingur, lontong balap, es krim Zangrandi. Tak ketinggalan yang menjadi favorit para warga dan wisatawan adalah rawon. Masakan lokal yang mengglobal ini banyak ditemukan di kota ini. Beberapa warung rawon legendaris di Surabaya sudah ada sejak dulu. Sehingga terjamin cita rasa kenikmatannya. 

Warung Rawon Legendaris di Surabaya

Warung Rawon Legendaris di kota Surabaya
Warung Rawon Legendaris di kota Surabaya

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur. Banyak yang mengira black soup ini berasal dari Surabaya. Karena saking banyaknya penjual yang ada. Padahal sebenarnya rawon berasal dari kota Reog Ponorogo. Berdasarkan prasasti Taji yang dikeluarkan pada tahun 901 Masehi.

Baca Juga : Naik Sleeper Bus Jakarta-Surabaya, Layaknya Musisi Eropa atau Amerika!

Kini, rawon sudah tersebar ke seluruh penjuru Nusantara. Begitu juga di Surabaya sebagai ibukota provinsi Jawa Timur, yang menjadi jujugan lebih banyak orang. Terdapat beberapa warung yang sudah ada sejak dulu dan mempertahankan cita rasa otentiknya. Sehingga memiliki pelanggan yang tak kunjung surut.

Berikut adalah beberapa rekomendasi warung rawon legendaris Surabaya:

  1. Rawon Nguling (Jalan Kusuma Bangsa No.89)
Warung Rawon Legendaris di Surabaya Rawon Nguling
Warung Rawon Legendaris di Surabaya Rawon Nguling

Nguling adalah daerah di Probolinggo, dimana rawon menjadi kuliner unggulan di daerah tersebut. Namun, rawon Nguling Surabaya 

pun tak kalah tenar. Bahkan sampai memiliki beberapa tempat. Yaitu ada di Jalan Kutai Nomor 34, Darmo, Kecamatan Wonokromo. Kemudian ada juga di Jalan Raya Kendangsari Industri Nomor 41B, Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo. Yang terakhir ada di Jalan Rajawali Nomor 110 Perak Timur Kecamatan Pabean Cantikan. 

Adapun ciri khas dari rawon yang telah ada sejak tahun 1940-an ini adalah kuah yang pekat, beraroma, dan memiliki rasa yang kaya berkat campuran rempah-rempah yang tepat. Meski potongan daging sapinya besar-besar, rasanya tetap lembut dan lunak.  menjadi pilihan yang sempurna untuk dihidangkan dengan nasi, tauge, emping, dan sambal. Rawon Nguling menawarkan harga yang terjangkau, sekitar Rp 25.000 hingga Rp 40.000 per porsi.

  1. Rawon Kalkulator
Warung Rawon Legendaris di Surabaya Rawon Kalkulator
Warung Rawon Legendaris di Surabaya Rawon Kalkulator

Nama yang unik memang menjadi daya pikat tersendiri. Buktinya banyak orang yang memang telah membuktikan kelezatan rawon inu. Diberi nama demikian karena keahlian kasir saat menghitung total pembayaran. Mereka dengan cepat  menyampaikan jumlah pembayaran pada pembeli tanpa kalkulator!

Disebut juga dengan nama Sedap Malam, warung rawon legendaris di Surabaya ini memiliki kuah gurih. Sehingga dengan harga berkisar antara Rp 30.000 sampai dengan Rp 35.000, sajian di sini bikin nagih penikmatnya. Terdapat pula tambahan lauk seperti paru, babat, perkedel, tempe, yang bisa dipilih. Lokasinya berada di Jalan Raya Progo, Taman Bungkul Surabaya. Warung ini buka mulai jam 11.00 hingga 15.00 WIB.

Baca Juga : Wisata Perahu Kalimas Surabaya, Bersantai Menikmati Panorama Kota

  1.  Rawon Setan (Jalan Manyar Kertoarjo V No.50)
Warung Rawon Legendaris di Surabaya Rawon Setan
Warung Rawon Legendaris di Surabaya Rawon Setan

Pengunjung warung ini akan disambut dengan tulisan dengan font style ala film horor. Namanya saja rawon setan. Namun warung rawon terkenal di Surabaya ini tetap aman dikonsumsi manusia. Tenang saja, penamaan dipilih karena tempat ini buka dari pagi hingga dini hari keesokan harinya.  

Kombinasi daging sapi yang enak dan kuah yang kental membuat rawon setan semakin menggugah selera. Disajikan terpisah dengan nasi dan sambal yang super pedas. Juga berbagai lauk pilihan seperti telur asin, gorengan, dan aneka sate.   Langsung saja datang ke Jalan Embong Malang, Nomor 78, Genteng, Surabaya. Harganya 

  1. Rawon Pak Pangat (Jalan Karang Menjangan No.9)
Warung Rawon Legendaris di Surabaya Rawon Pak Pangat
Warung Rawon Legendaris di Surabaya Rawon Pak Pangat

Buka mulai pukul 06.30 sampai dengan 20.00, warung Rawon Pak Pangat menawarkan sajian yang unik. Aneka varian black soup yang dapat dipilih adalah rawon empal suwir, rawon krengsengan, juga rawon campur. Tempat makan yang nyaman di Jalan Ketintang Baru Selatan I/15, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur ini juga memiliki keunggulan. Yaitu kuahnya yang kental nan gurih serta dagingnya yang empuk, mampu membuat penikmatnya tak cukup sekali datang. Apalagi bila ditambah dengan telur asin, kecambah segar, dan kerupuk. Pasti ketagihan dan ingin datang lagi ke sini bila hendak makan rawon khas Surabaya. 

  1. Warung Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng
Warung Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng
Warung Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng

Warung rawon legendaris di Surabaya yang satu ini tak kalah menarik untuk dicoba. Menyajikan rawon pecel ala Banyuwangi, yaitu nasi dengan kuah kluwek dan daging sapi yang dipadukan bersama sambal pecel. Tak perlu khawatir tentang kekacauan rasa. Sebab kombinasi ini justru menghasilkan sensasi yang istimewa. 

Apalagi porsi yang diberikan cukup banyak dan bikin kenyang. Sepiring pecel rawon plus teh hangat hanya Rp 20.000. Jangan lupa tambahkan lauk sesuai selera. Ada ayam goreng, telur goreng, paru, empal, dadar jagung, tahu, dan lainnya. Jangan salah tujuan, datang saja di Jalan Pucang Anom Nomor 17, Pucang Sewu, Gubeng, Surabaya. Buka setiap hari pukul 21.00 sampai dengan 03.00 WIB.

Baca Juga : Dunia Kuliner Menggeliat Lagi, Inilah Makanan Khas Surabaya dengan Sambal Kacang

Masakan dengan daging sapi dan   bumbu kluwek serta rempah lainnya ini baru saja mendapatkan penghargaan. Taste Atlas menobatkannya sebagai Sup Terbaik Se-dunia pada Juli 2023. Nah, warung rawon legendaris di Surabaya membuktikan kelezatan hidangan black soup. Sehingga pantas membuat Kawanjo ketagihan jika mampir dan menyantap seporsi rawon yang cita rasanya terjaga sejak dulu kala.

0 comments on “Warung Rawon Legendaris di Surabaya, Terjamin Cita Rasa Kenikmatannya 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.