Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun
Local Experiences

Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan, No.4 Favorit Presiden Jokowi 

Selesai bepergian biasanya perut keroncongan. Maka, tak ada salahnya sejenak mengunjungi wisata kuliner Solo dekat stasiun

Bepergian ke Solo naik kereta jadi pilihan banyak orang. Terbukti dengan semakin banyaknya penumpang si ular besi yang sampai di stasiun Balapan Solo. Selesai bepergian biasanya perut keroncongan. Maka, tak ada salahnya sejenak mengunjungi wisata kuliner Solo dekat Stasiun Solo Balapan. Sambil memadamkan kelaparan sambil beristirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan perjalanan menjelajahi indahnya kota Solo.

Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan 

Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan
Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan

Sekarang para wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta sering memasukkan memasukkan Solo sebagai destinasi tambahan. Sebab ada KRL yang bisa memangkas waktu Yogyakarta-Solo jadi satu jam.

Salah satu alasan mereka adalah untuk wisata kuliner di Solo. Kuliner kota Solo memang cenderung mempertahankan resep dan teknik memasak tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Inilah yang menjadikan rasa penasaran untuk mencoba minuman dan makanan khas Solo Jawa Tengah.

Di sisi lain, Stasiun Balapan Solo adalah tempat penting bagi pengguna kereta api yang turun di kota ini. Lokasinya yang strategis karena berada di pusat kota, menjadi keuntungan tersendiri. Sebab untuk mengunjungi wisata Solo dekat stasiun balapan tidaklah susah. Termasuk untuk menjelajahi keotentikan cita rasa kuliner kota Solo.

Baca Juga : 5 Spot Anti Bosan Belajar Sejarah dan Budaya di Rumah Budaya Kratonan Solo

Macam Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Solo Balapan

Stasiun Balapan berada di Jalan Wolter Monginsidi No.112, Kestalan, Kecamatan Banjarsari, kota Solo. Dekat dengan beberapa tempat penting seperti Pura Mangkunegaran, Pasar Klewer, dan lainnya. Selain itu, terdapat pula tempat makan di Solo yang terkenal. Lokasinya tak jauh dari Stasiun Balapan, bahkan bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki. Alternatif lain adalah dengan naik ojek online ataupun BTS (Bus Transit Solo).

Adapun beberapa tempat wisata kuliner Solo dekat Stasiun Balapan adalah:

  1. Galabo 
Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan Galabo
Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan, Galabo

Sampai di stasiun pada malam hari? Tenang saja, ada tempat kulineran yang buka malam hari. Sebut saja Galabo, singkatan dari Gladag Langen Bogan. Sebuah pusat wisata kuliner yang berada di Jalan Kapten Mulyadi, Desa Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Solo. Tepatnya berada di halaman selatan Benteng Vredeburg. Dari Stasiun Balapan hanya berjarak 2,5 km dan bisa ditempuh dalam waktu 6 menit.

Di dalamnya Kawanjo bisa menemukan berbagai stand yang menjual makanan dan minuman. Beberapa di antaranya menawarkan kuliner tradisional yang khas. Ada Tengkleng Klewer Bu Edi yang buka sejak tahun 1971 dan menjadi langganan Presiden Jokowi.

Baca Juga : Gempur Burn Out, Healing di Solo dan Sekitarnya!

Ada pula stand Sate Kere Yu Rebi yang ada sejak tahun 1986 dan juga menjadi favorit keluarga Presiden Jokowi. Perlu diketahui, sate kere terbuat dari  ampas atau limbah pembuatan tempe yang diolah menjadi seperti sate. Diberi bumbu bacem, lalu dibakar dan disajikan bersama sambal kecap manis pedas. 

Selain dua kuliner Solo legendaris  terkenal di atas yang membuka stand di Galabo, Kawanjo juga bisa menemukan lainnya. Dengan fasilitas memadai yaitu kursi dan meja yang tertata rapi serta spot selfie yang instagenic, Kawanjo bisa menyantap sajian yang telah dipilih dengan santai. Apalagi di hari-hari tertentu akan ada pertunjukan musik secara live dari musisi lokal Solo.

  1. Kafe Tiga Tjeret 
Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan Kafe Tiga Tjeret
Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan, Kafe Tiga Tjeret

Setelah Galabo, wisata kuliner Solo dekat Stasiun Balapan selanjutnya lebih bersifat eksklusif. Yaitu sebuah cafe dekat Stasiun Solo Balapan. Salah satunya adalah Tiga Tjeret.

Sebagaimana diketahui, kuliner Solo identik dengan angkringan. Nah, cafe Tiga Tjeret ini mengusung konsep makan santai tersebut. Bahkan namanya diambil dari identitas berupa ceret atau tempat air yang sering ada di warung angkringan.

Supaya lebih menarik, cafe dua lantai ini menggabungkan konsep tradisional dan urban untuk layout-nya. Lantai bawah terdapat beberapa tempat duduk terbuka dengan naungan payung. Sedangkan area indoor tak kalah menarik. Terdapat beragam hiasan dari barang daur ulang yang dirangkai sedemikian rupa.

Cafe Tiga Tjeret mengusung konsep Self Service untuk pengunjungnya. Seketika datang di tempat yang beralamatkan di  Jalan Ronggowarsito No. 97, Keprabon, Banjarsari, Kota Solo, Kawanjo tak perlu bingung. Langkah pertama adalah mencari tempat duduk. Kemudian pilihlah menu khas angkringan di dekat kasir. Terdapat beragam menu seperti nasi, aneka sate, bothok, dan lainnya. Setelah menentukan pilihan, bergeserlah ke kasir untuk memesan minuman dan membayar yang dipesan. Jangan lupa menyebutkan nomor meja ya.

Harga menu makanan dan minuman di sini sangatlah terjangkau, yaitu mulai dari Rp 2.500. Jika ingin menu bakaran, ada cost tambahan untuk diproses oleh pelayan cafe. Kawanjo akan puas dengan menu yang dipilih sendiri. Sembari itu, Kawanjo juga bisa menggunakan fasilitas WiFi gratis untuk berselancar sambil kulineran.

Baca Juga : Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Siap Menghilangkan Lelah dan Penat

  1. Bakso Pak Ruk
Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan Bakso Pak Ruk
Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan, Bakso Pak Ruk

Pamor dari menu yang satu ini seolah tiada habisnya. Banyak sekali warung atau resto yang menyajikan sajian bola daging berkuah gurih ini. Termasuk tempat makan bakso dekat Stasiun Solo Balapan. Ada satu yang melegenda dan sudah banyak orang tahu. Jaraknya hanya 3,7 km dari stasiun dan cukup 10 menit menuju kedai Bakso Pak Ruk.

Tepatnya berada di alamat Jalan Jamsaren Nomor 20, Serengan, Kecamatan Serengan, Kota Solo, Bakso Pak Ruk ini sudah ada sejak tahun 1952. Maka, rasa yang disajikan telah terjamin kenikmatannya. 

Kawanjo juga bisa merasakan bakso balungan yang rasa kaldunya meresap hingga ke bagian dalam. Sensasi menghisap isi balungan akan lebih memuaskan. Selain itu, terdapat pula menu kuah dan bihun saja. Yang dicampur dengan asinan sawi, sehingga menimbulkan rasa asam asin yang unik. 

Buka setiap hari Selasa sampai Minggu, Bakso Pak Ruk membanderol harga bakso mulai dari Rp 17.000. Cukup terjangkau dengan cita rasa otentik yang memuaskan.

  1. Sate Kambing Buntel Pak H. Kasdi
Sate Kambing Buntel Pak H. Kasdi
Wisata kuliner Solo dekat Stasiun Balapan, Sate Kambing Buntel Pak H. Kasdi

Sate buntel merupakan kuliner khas Solo yang dicari banyak orang bila berkunjung di kota ini. Sate ini terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar. Bumbu sate buntel terutama adalah merica dan kecap manis. 

Sate Campur Buntel di warung makan dekat stasiun balapan Solo ini dibanderol dengan harga Rp 40.000. Selain itu ada juga menu lainnya. Seperti Sate Biasa, Sate Buntel, Krengseng, Tongseng, Tengkleng, Gule Otak dan Gule Masak. Bila Kawanjo penggemar olahan daging kambing, langsung saja ke warung Sate Kambing Buntel Pak H. Kasdi. Alamatnya di Jalan Monginsidi Nomor 107, Kestalan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Warung yang buka setiap hari pukul 07.00 – 21.00 WIB ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama tiga menit.

Bagaimana wisata kuliner Solo dekat Stasiun Balapan barusan? Sekarang, tiba di stasiun balapan Solo dalam kondisi lapar, tak usah kebingungan. Usai berada dalam perjalanan panjang naik kereta api, paling tepat bila dilanjutkan dengan wisata kuliner Solo dekat stasiun. Ada banyak macamnya dan kesemuanya boleh diacungi jempol cita rasanya! Bahkan Kawanjo bisa menemukan makanan favorit presiden RI Joko Widodo dan putranya, walikota Solo Gibran Rakabuming.

0 comments on “Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan, No.4 Favorit Presiden Jokowi 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.