Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun
Local Experiences

Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Siap Menghilangkan Lelah dan Penat 

Dengan suasana tempat yang menawan, hasil foto yang bagus akan tercipta di tempat aesthetic di Solo dekat stasiun berikut ini.

Wisata ke Solo naik kereta jadi pilihan mengasyikkan bagi banyak orang. Selain perkembangan industri Kereta Api Indonesia yang semakin membuat nyaman penumpang, stasiun di Solo terkenal menarik. Salah satunya adalah stasiun balapan. Dari tempat pemberhentian kereta api yang satu inipun, Kawanjo bisa menemukan beberapa tempat aesthetic di Solo dekat stasiun.

Stasiun Balapan Solo

Sekali naik kereta, Kawanjo bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di dekat stasiun yang menarik hati. Setelah terhibur dengan suasana stasiun yang telah dibangun sejak abad 19 ini, Kawanjo bisa menikmati keindahan kota Solo lebih luas. Lagu Bengawan Solo dalam format keroncong instrumental yang diperdengarkan setiap kali kereta api datang, seolah menjadi penyemangat untuk segera menjelajah kota Budaya ini lebih jauh lagi.

Tempat naik turun penumpang kereta Balapan Solo dengan kode SLO ini merupakan stasiun tertua kedua di Indonesia. Keberadaannya menjadi inspirasi seniman Didi Kempot. Maestro dangdut ini menciptakan lagu dengan nama stasiun yang dulunya merupakan arena balapan/pacuan kuda ini. 

Stasiun Balapan Solo terletak di Jalan Wolter Monginsidi No.112, Kestalan, Kecamatan Banjarsari. Lokasinya strategis karena berada di pusat kota dan dekat dengan tempat wisata populer di Solo.

Baca Juga : 5 Spot Anti Bosan Belajar Sejarah dan Budaya di Rumah Budaya Kratonan Solo

Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun

Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun
Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun

Rasa perlu diolah supaya mendapatkan kebahagiaan hati. Yang nampak indah, artistik, unik, serta enak dipandang adalah sesuatu yang aesthetic atau estetik. Nah, jiwa-jiwa yang lelah dan penat setelah bepergian naik kereta, akan terhapus dengan mengunjungi tempat aesthetic di Solo dekat stasiun Balapan. 

Selain menikmati keestetikan sebuah tempat, hunting foto pastilah jadi aktivitas unggulan lainnya. Dengan suasana tempat yang menawan, hasil foto yang bagus akan tercipta dari  wisata instagramable di Solo ini. Diantaranya:

  1. Keraton Surakarta
Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Keraton Surakarta
Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Keraton Surakarta

Keraton Surakarta Hadiningrat adalah tempat yang wajib dikunjungi saat di Solo. Letaknya ada di Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Dari Stasiun Balapan ke keraton berjarak sekitar 3,3 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Keraton Surakarta adalah cagar budaya yang dibangun pada abad 17. Arsitektur yang digunakan adalah kombinasi Eropa dan Indonesia sehingga melahirkan warna khas biru dan putih. Di area dalam keraton, terbagi menjadi 3 area. Yakni area luar tembok beteng Baluwarti bagian utara dan selatan, area dalam tembok beteng Baluwarti, dan area dalam Cepuri.

Selain itu, Keraton Surakarta Hadiningrat jiga memiliki museum dengan berbagai koleksi peninggalan khas keraton. Mulai dari pernak-pernik yang digunakan keluarga raja, hadiah dari para raja Eropa, alat musik gamelan, replika pusaka keraton, dan lainnya. 

Baca Juga : Gempur Burn Out, Healing di Solo dan Sekitarnya!

  1. Alun-alun Kidul
Alun-alun Kidul Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun
Alun-alun Kidul Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun

Berada di satu area dengan keraton Surakarta, alun-alun Kidul tempat aesthetic di Solo dekat stasiun ini juga ramai pengunjung. Dari stasiun Balapan jaraknya sekitar 4,4 kilometer dengan waktu sekitar 14 menit. Lokasinya berada di Jalan Gading, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon. 

Di alun-alun kidul terdapat sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan. Seperti melihat sekeliling sambil jalan atau duduk santai. Bila ingin lebih berkesan, bisa naik andong. Selesai menjelajah jangan lupa wisata kuliner. Perut kenyang hatipun senang.

  1. Pasar Klewer
Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Pasar Klewer
Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Pasar Klewer

Terkenal sebagai pusat grosir batik, tekstil, pakaian tradisional, dan aksesori, pasar Klewer Solo selalu ramai pengunjung setiap hari. Dekat dengan keraton Solo, pasar Klewer mudah dijangkau. Sedangkan dari stasiun Balapan, jaraknya sekitar 350 meter. 

Lokasi pasar Klewer Solo lebih tepatnya di Jalan DR Radjiman Nomor 5A, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Di sini, terdapat pula banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

  1. Benteng Vastenburg 
Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Benteng Vastenburg
Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Benteng Vastenburg

Tempat aesthetic di Solo dekat stasiun selanjutnya adalah sebuah  benteng peninggalan Belanda. Benteng yang dibangun pada tahun 1745 ini dulunya digunakan kompeni untuk mengawasi keraton Surakarta.

Bangunan Benteng Vastenburg berbentuk bujur sangkar dengan dinding batu bata setinggi enam meter. Di bagian luar dinding benteng dikelilingi parit. Bangunan cagar budaya ini memiliki lapangan  luas, dulunya digunakan untuk lokasi apel atau mempersiapkan pasukan. 

Untuk sampai di Benteng Vastenburg, cukup menempuh jarak sekitar kilometer dari stasiun Balapan, dengan waktu tempuh 9 menit saja. Alamat lebih lengkapnya ada di Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo.

Baca Juga : 5 Alasan ke Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah!

  1. Taman Balekambang
Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Taman Balekambang
Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Taman Balekambang

Berada di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, taman Balekambang ternyata merupakan perwujudan cinta. Sebab taman ini merupakan pemberian Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Haryo atau Mangkunegara VII kepada dua putrinya. Yakni Gusti Raden Ayu Partini dan Gusti Raden Ayu Partinah. 

Hal ini diabadikan dengan adanya patung dua putri tersebut. Berada di tengah taman dan tengah kolam, menjadi ide terbaik untuk background foto selfie. Pantas bila taman Balekambang jadi salah satu tempat aesthetic di Solo dekat stasiun. Jaraknya pun dari Stasiun Balapan sangat dekat. Hanya sekitar 2,3 kilometer, bisa ditempuh dalam waktu delapan menit. Tepatnya di alamat Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. 

Berkunjung ke Solo kini makin mengasyikkan bila naik kereta api. Moda transportasi ular besi ini bisa membawa menjelajah beberapa tempat aesthetic di Solo dekat stasiun. Lelah dan penat setelah bepergian akan sirna dengan keindahan dan keunikan objek wisata tersebut.

22 comments on “Tempat Aesthetic di Solo Dekat Stasiun Siap Menghilangkan Lelah dan Penat 

  1. Riyanti Rahmawati

    Wisata ke Solo dengan Kereta Api menjadi pilihan yang menarik, apalagi di sekitar Stasiun Kereta Api di Solo banyak tempat aesthetic yang bisa dikunjungi, misalnya Keraton Surakarta, Alun – alun Kidul, Pasar Klewer, Benteng Vastenburg, Taman Balekambang.

  2. Sangat bermanfaat, terutama bagi kalangan anak muda, yang kalau libur pasti mencari tempat yang aesthetic untuk berfoto ria^^

  3. Fazar Risyda

    Mantab bangettt, solo emang kota impian buat di kunjunginn, yang bikin ngangenin. Kalo Jogja punya keraton Yogyakarta kalo solo punya keraton Surakarta. The best banget siii. MENARIKKKK

  4. Salma Najwa Anjani

    Liburan semester yang panjang ini bisa nikmatin ke kampung solo banyak khas di sana dan bisa mendapatkan dokumentasi yang bagus

  5. Bima Aryasatya

    Waaahhh baru tahu kalo Deket stasiun Solo ada benteng Vastenburg tahun 1745, dengan arsitektur khas Belanda yang menarik banget!!!

  6. nasywa nabilah

    Kota Solo memang pas untuk healing karena super tenang disana! mau kesana lagi ah

  7. Perjalanan ke Solo dengan naik kereta api menawarkan pengalaman yang menyenangkan. Stasiun Balapan Solo adalah stasiun tertua kedua di Indonesia dan terkenal menarik. Di sekitar stasiun tersebut, terdapat tempat-tempat estetik seperti Keraton Surakarta, Alun-alun Kidul, Pasar Klewer, Benteng Vastenburg, dan Taman Balekambang. Tempat-tempat ini tidak hanya indah secara visual, tetapi juga menyediakan pengalaman menarik dan kesempatan untuk berfoto yang bagus.

  8. Sandrina Mettawangi

    Tempat berwisata yang paling cocok buat para remaja karena tempatnya aesthetic dan authentic.

  9. Intan Dliya Setiawan

    Tempat wisata yang cocok bagi kalangan remaja yang suka berfoto dengan aesthetic

  10. Salsabila Hanandita

    Ingin sekali mengunjungi kota Solo! Ternyata banyak tempat wisata dan estetik. Sangat bermanfaat informasinya!

  11. Ryandika Dafariza

    waktu liburan semester sepertinya menarik untuk ke tempat ini

  12. muh Hidayatullah

    Solo tempat yang begitu menarik dan luar biasa untuk di kunjungin pada saat liburan semester ini

  13. Syuhada Khairunnisa

    Belum pernah ke Solo, nanti mau coba ah ke solo pakai kereta kayaknya seruu!! hihi

  14. Moch Rizky Tinova P

    wah kayaknya seru deh ke Solo menggunakan kereta api terlebih lagi di dekat pemberhentian kereta api di solo ada beberapa tempat yang aesthetic yang wajib untuk dikunjungi

  15. Solo cocok bangett nih bagi kalian yang suka wisata sejarah selain itu tempat tempat disana terbilang aesthetic. Semogaa next trip aku bisa main kesanaa…

  16. Dwi Puspitasari

    berwisata ke solo dengan berbagai destinasi wisata sejarah yang vintage menggunakan kereta api pastinya seru!

  17. Kota Solo menyajikan destinasi wisata sejarah yang luar biasa, kita bisa mendapatkan pengalaman yang seru, kita juga bisa mendapatkan insight baru.

  18. Nabila haura yumna

    seru bangett

  19. Nabila haura yumna

    seru bangett woww

  20. Muhammad Daffa Irawan

    Belum pernah mengunjungi Solo, namun artikel ini sangat menarik sehingga saya ingin berkunjung ke Solo.

  21. Soni Gunawan

    Ternyata solo bisa se aesthetic itu, jadi ga sabar pengen ke Solo bareng sama dia

  22. Happy Dwi Aprilia

    Buat yang suka tempat aesthetic pastii tempat tempat tersebut cocok bangett untuk kaliann!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.