rekomendasi gunung untuk pemula di Jawa Tengah
Local Experiences

4 Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah

Rekomendasi gunung untuk pemula di Jawa Tengah di bawah ini bisa dimasukkan ke wishlist wisata liburanmu selanjutnya.

Mendaki gunung merupakan salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu liburan. Terutama bagi mereka senang menguji adrenalin sekaligus penggemar pemandangan dari ketinggian. Akan tetapi, bagi sebagian orang aktivitas hiking seolah menjadi hal yang terasa menegangkan. Untuk itulah, rekomendasi gunung untuk pemula di Jawa Tengah di bawah ini bisa dimasukkan ke wish list wisata liburan mendatang.

Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah 

Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah
Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah provinsi dengan rangkaian pegunungan yang memanjang. Beberapa gunungnya sering menjadi langganan pendakian. Untuk pemula sekalipun, terdapat berbagai macam gunung yang ramah untuk pertama kali  pendakian.

Baca Juga : Wajib Coba! Open Trip Raja Ampat 4 Hari Cuma 4 Juta

Berikut adalah daftar gunung di Jawa Tengah yang bisa dipilih oleh pemula. Diantaranya:

  1. Gunung Prau
Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah Gunung Prau
Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah Gunung Prau

Dengan ketinggian 2.950 mdpl, Gunung Prau sering didatangi oleh – pendaki pemula di Jawa Tengah.   Sedangkan salah satu jalur pendakian favorit adalah melalui Patak Banteng yang berada di samping jalan utama Wonosobo-Dieng.

Untuk mencapai puncaknya, butuh waktu 1,5-3 jam. Jalur yang cukup menanjak terasa ringan dengan ditemani eloknya pemandangan sekitar. Setibanya di puncak, Kawanjo akan menyaksikan area yang luas. Cocok sekali untuk berkemah sambil menikmati pemandangan yang terpampang. Bila cuaca sedang cerah, Gunung Sindoro, Sumbing, hingga Merapi dan Merbabu akan nampak gagah nan indah.

  1. Gunung Bismo
Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah Gunung Bismo
Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah Gunung Bismo

Termasuk atap pegunungan Dieng, Gunung Bismo menjadi rekomendasi gunung untuk pemula di Jawa Tengah. Ketinggiannya hanya 2356 mdpl. Bila mendaki via jalur Sikunang di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, hanya perlu berjalan satu jam untuk sampai puncak Indraspasta. Selebihnya bisa ditempuh dengan ojek.

Panorama alamnya sangat digemari para pendaki. Sejauh melempar pandang, keindahanlah yang terlihat. Jejeran pegunungan dan lembah nampak membelah birunya langit. Ada Gunung Sindoro, Sumbing, Telaga Menjer, Gunung Slamet, hingga sisi Dataran Tinggi Dieng di sisi lain.

Baca Juga : Putri Ariani America’s Got Talent, Sebuah Pelajaran tentang Mimpi dan Kesempatan Menggapainya 

  1. Gunung Andong
Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah Gunung Andong
Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah Gunung Andong

Pendaki pemula pasti tak gentar bila menaklukkan Gunung Andong. Sebab gunung yang berada di Desa Ngablak dan Tlogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang ini memiliki jalur yang tidak begitu terjal. Untuk mencapai puncaknya pun memakan waktu yang singkat. Maka pantas bila Gunung Andong merupakan salah satu rekomendasi gunung untuk pemula di Jawa Tengah.

Istimewanya, gunung yang memiliki banyak basecamp ini memiliki empat puncak. Sehingga saat berada di titik tertingginya, pemandangan tiga puncak lainnya akan nampak. Begitu pula terlihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo. Juga perbukitan yang berbaris dan hamparan ladang penduduk.

  1. Gunung Besek
Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah Gunung Besek
Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah Gunung Besek

Golden Sunset menjadi andalan gunung untuk pemula di Jawa Tengah yang satu ini. Berada di Dusun Setren, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, Gunung Besek memang tepat bila dikunjungi saat sore hari. Pemandangan matahari terbenam dari sini akan membuat para pendaki lupa jerih payahnya saat mendaki.

Namun sebenarnya, untuk menuju puncak Gunung Besek ini tergolong tidaklah rumit.  Dikarenakan kondisi jalan yang cenderung menurun dan mudah dijangkau. Hanya saja, sikap waspada tetap perlu dipasang. Karena lokasinya yang berdekatan dengan jurang.

Baca Juga : Selesai Nonton Messi dkk, Yuk Piknik Kekinian di Hutan Kota GBK 

Rekomendasi gunung untuk pemula di Jawa Tengah di atas bisa jadi pertimbangan. Destinasi mana yang bisa didatangi terlebih dahulu, bisa diatur seiring Kawanjo mempersiapkan hal lain juga. Sebab sebelum pendakian juga harus memperhatikan banyak hal. Apalagi untuk pemula. Seperti kesehatan fisik dan mental juga peralatan mendaki harus dipersiapkan matang-matang. Supaya pengalaman mendaki gunung di Jawa Tengah jadi hal yang berkesan.

0 comments on “4 Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.