Lokawisata Baturraden
Local Experiences

5 Alasan ke Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah!

Di sebelah Utara Kota Purwokerto, tepatnya di lereng Gunung Slamet, ada tempat menarik. Lokawisata Baturraden Banyumas namanya. Penasaran? Baca sampai tuntas!

Di sebelah Utara Kota Purwokerto, tepatnya di lereng Gunung Slamet, ada tempat menarik. Lokawisata Baturraden Banyumas namanya, destinasi favorit saat akhir pekan atau hari libur lainnya bagi masyarakat lokal maupun nasional. Diberi nama lokawisata karena terdapat banyak lokasi wisata yang berdekatan letaknya.

Deskripsi Lokawisata Baturraden Banyumas

Deskripsi Lokawisata Baturraden, Lokawisata Baturraden Banyumas
Deskripsi Lokawisata Baturraden Banyumas.

Lokawisata Baturraden Purwokerto memiliki ketinggian rata-rata 750-900 mdpl. Berada di lereng gunung, membuat hawanya sejuk. Semakin malam, udara dingin akan menghampiri. Maka, berkunjung ke sini paling pas bersama keluarga. Apalagi banyak villa dan penginapan bertebaran di sini. Sehingga bisa lebih lama berekreasi.

Baturraden memang memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi daya tarik. Sehingga makin hari makin banyak orang yang datang. Kawanjo bisa turut serta  merasakan nuansa pegunungan yang menenangkan bila berada di Baturraden. Apalagi wisata terkenal di Banyumas ini melakukan inovasi dengan penambahan spot dan fasilitas menarik. 

Baca Juga : Menikmati Makanan Khas Jawa Tengah yang Lezatnya Pasti

Lokasi Lokawisata Baturraden Banyumas

Lokasi Lokawisata Baturraden, Lokawisata Baturraden Banyumas
Lokasi Lokawisata Baturraden Banyumas.

Sudah banyak orang yang tahu tentang lokawisata Baturraden Banyumas. Sehingga mudah bila menanyakan rute terbaik menuju ke sini. Alamatnya berada di Jalan Raya Baturaden No.174, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bila Kawanjo memulai perjalanan dari pusat kota Banyumas, cukup menempuh waktu 40-50 menit dengan kendaraan bermotor. 

Lokawisata Baturaden Ada Apa Aja?

wahana di dalam wisata baturraden, Lokawisata Baturraden Banyumas
wahana di dalam wisata baturraden

Dengan keindahan alamnya, pengelola lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah menambahkan beberapa ornamen dan fasilitas. Sehingga berlibur di sini akan mendapatkan banyak pengalaman seru dan mengesankan. 

Meski diselimuti sejarah Baturraden yang sakral, berwisata di sini tetap mengasyikkan. Karena bagian-bagian dari lokawisata Baturraden telah dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi aman dan nyaman bagi wisatawan.

Berikut adalah bagian atau spot wisata menarik yang ada di Baturraden. Yaitu:

  1. Kaloka Widya Mandala

Sebuah wisata pendidikan wanasuka Baturraden menjadi bagian penting yang harus dikunjungi. Sebab kebun binatang sekaligus tempat wisata edukasi ini mendapatkan prestasi sebagai Visit Indonesia Dekade 1991-2000 dalam Penobatan Anugerah Wisata Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Semarang pada tanggal 23 Agustus 1996.

Di Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden memiliki koleksi bermacam-macam satwa. Baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Yaitu dari Asia, Australia, dan Belanda. Kawanjo bisa melihat: 

 Gajah, Beruk (Buing), Buaya Irian, Ular Sanca, Kasuari, Orang Utan, Monyet, Iguana, Cendrawasih, Kelelawar, Ayam Mutiara, Elang Bondol, Rusa. Salah satu bagian di dalam Kaloka Widya Mandala adalah  Museum Satwa Langka. 

Baca Juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

  1. Pemandian Air Panas

Terdapat dua pemandian air panas yang mengandung belerang di area lokawisata Baturraden. Masyarakat menamakannya dengan Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Sempatkan untuk berendam di sini. Karena air yang mengandung belerang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai masalah kulit.

  1. Kolam renang 

Selain pemandian air panas, ada juga Waterpark Baturraden. Berupa kolam renang di atas bukit. Sensasi berada di dalamnya sangatlah istimewa. Karena sambil bermain air, Kawanjo bisa menikmati keindahan alam Banyumas dari ketinggian.

  1. Danau Air Mancur

Terdapat danau yang dilengkapi air mancur di dalam lokawisata Baturraden. Di sini Kawanjo bisa duduk sejenak di gazebo yang disediakan. Kemudian mengedarkan pandangan menikmati keindahan alam sekitar. Setelah itu, cobalah menyusuri danau yang berair tenang. Dengan mengayuh perahu bebek yang bisa disewa.

  1. Air Terjun

Melengkapi koleksi wisata air, di area lokawisata Baturraden juga terdapat air terjun. Namanya Curug Sendang Mulyo. Air jernih yang turun dari ketinggian menambah daya pikat. Apalagi tebing di sekelilingnya menambah eksotisme yang bisa digunakan untuk background foto. Juga menjadi bagian yang menambah view bagus untuk asupan penglihatan. 

Theater Alam Pesawat

Jangan kaget bila menemukan pesawat F 28 di lokawisata Baturraden. Karena moda transportasi udara ini sudah tidak lagi berfungsi sebagai sarana transportasi. Namun, dengan kreatif, pengelola membuatnya menjadi daya tarik tersendiri.

Di dalam pesawat, Kawanjo bisa duduk di kursi empuk penumpang sambil menonton film dokumenter. Tentang letusan merapi dan kisah legenda Batur dan Raden. Jangan lupa mengabadikan momen berharga di dalam ruangan pesawat. Terutama di ruang cockpit sambil mengenakan seragam pilot yang bisa disewa.

Baca Juga : Wisata Guci Tegal Jawa Tengah Bikin Senang, Segar dan Sehat

Harga Tiket Lokawisata Baturraden

Harga Tiket Lokawisata Baturraden, Lokawisata Baturraden Banyumas
Harga Tiket Lokawisata Baturraden

Berapa biaya masuk Baturraden? Tenang, tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk berwisata di sini. Untuk tiket masuk pengunjung usia anak 0-3 tahun dan manula adalah Rp10.000 saat weekdays dan Rp 12.500 saat weekend. Sedangkan tiket masuk pengunjung dewasa usia 12-60 Tahun Rp 20.000 ketika weekdays dan waktu weekend adalah Rp 25.000.

Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah siap memuaskan jiwa-jiwa yang sedang butuh liburan. Tersedianya banyak tempat untuk dijelajahi akan mencetak pengalaman nyata yang tak terlupa.

0 comments on “5 Alasan ke Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.