heterospace banyumas
Local Experiences

Hetero Space Banyumas, Dapat Vibes Semangatnya Bapak Proklamator

Penasaran nggak sih? Yuk berkunjung ke Hetero Space Banyumas!

Kemajuan teknologi semakin melesat. Waktu dan tempat seolah mudah terlipat. Supaya maksimal dalam mencapai asa, butuh kiat dan trik tepat. Salah satunya wadah yang bersahabat bagi para pemuda giat. Untuk mereka yang aktif dan kreativitasnya tiada jerat. Hetero space Banyumas hadir sebagai bagian dari rencana hebat. Seperti apa, mari kita lihat.

Hetero Space dan Fungsinya

Hetero Space dan Fungsinya
Hetero Space dan Fungsinya

Hetero Space adalah sebuah ruang kolaborasi (coworking space) sebagai terobosan Pemerintah Provinsi jawa tengah melalui dinas UMKM & Koperasi. Fasilitas dari pemerintah ini hadir untuk memberi ruang belajar dan akses berkembang tanpa batas bagi UMKM maupun startup bisnis. 

Baca Juga : Aplikasi PeduliLindungi Jadi Masalah di Destinasi Wisata Banyumas?

Tak bisa dihindari, ekonomi digital terus berjalan hingga tak terasa era baru telah di depan mata. Masyarakat Indonesia diharapkan sudah mampu menyelesaikan masalah sosial yang terintegrasi pada ruang dunia maya dan nyata. Era 5.0 yang akan tiba, mengharuskan generasi muda lebih cakap, kreatif, dan berwawasan luas dalam menguasai teknologi.

Hadirnya hetero space diharapkan bisa menjadi ruang kreatif bagi para generasi muda, startup, dan UMKM. Mereka bisa sekaligus berjejaring dan berkolaborasi bagi seluruh elemen. Di sini pula menjadi ruang untuk meningkatkan produktivitas. Kini, giliran Banyumas memiliki hetero space setelah sebelumnya ada di Semarang dan Solo.

Hetero Space Banyumas

Hetero Space Banyumas
Hetero Space Banyumas

Banyumas merupakan bagian dari provinsi Jawa Tengah. Dengan luas wilayah sebesar 133.530 hektar, kota ini memiliki potensi yang menarik. Keindahan alamnya menjadi tujuan wisata yang menarik. Ada banyak  gua, air terjun dan wana wisata yang dikemas dalam jenis wisata pilihan. Mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata keluarga, wisata budaya, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Wisata Guci Tegal Jawa Tengah Bikin Senang, Segar dan Sehat

Mengikuti perkembangan dunia pariwisata, sektor ekonomi kreatif pun turut mengalami peningkatan. Banyumas juga memiliki banyak olahan kuliner dan kriya. Seperti makanan nopia dan batik Banyumasan sebagai produk unggulan. Berbagai potensi daerah kemudian mampu melahirkan banyak UMKM serta pelaku bisnis di kota yang dijuluki kota Satria ini.

Hadirnya hetero space ketiga milik pemerintah provinsi Jawa Tengah diharapkan mampu berkembang efektif seperti pendahulunya. Maka, dengan diresmikannya Hetero Space di Purwokerto, Banyumas, pada Jumat tanggal 16 Desember 2022 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, banyak yang menyambut dengan antusias. Mereka adalah pekerja kreatif, pelaku UMKM, hingga pebisnis digital di Banyumas dan sekitarnya.

Pastinya mereka ingin menjadi bagian dari cerita sukses hetero space pertama dan kedua di Semarang dan Solo. Tercatat,  hingga kini, Hetero Space di dua kota pendahulu telah memberikan dampak kepada 500 komunitas. Ada 15.000 UMKM dan 2.500 yang mengikuti program yang diadakan. Selain itu sebanyak 100 perusahaan telah berkolaborasi. Maka, peluang berkembang lebih luas tak lagi menjadi angan-angan.

Lokasi Hetero Space Banyumas

Lokasi Hetero Space Banyumas
Lokasi Hetero Space Banyumas

Ada yang spesial dalam hetero space Banyumas bila dibandingkan dengan yang ada di Semarang dan Solo. Ada nilai historis yang sedikit banyak bisa menyulut lebih kuat penggunanya. Yaitu fakta bahwa bapak proklamator RI dulu pernah menginap di bangunan yang kini menjadi hetero space ini.

Baca Juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Ya, setelah lama mangkrak, gedung eks Bakorwil Purwokerto sekarang difungsikan kembali menjadi hetero space. Bangunan yang terletak di jalan Jend. Gatot Subroto No.67, Sitapen, Purwanegara, Kecamatan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini memiliki area penginapan. Jadi bila ada yang ingin mengadakan kegiatan dan butuh waktu beberapa hari, kamar yang ada di lantai dua bisa digunakan. Di situlah bung Karno pernah menginap. Vibes positif akan menular, semangat sang proklamator akan menjalar.

Di gedung seluas 20 hektar ini banyak yang bisa dikerjakan. Dengan tempat yang jembar, terdapat kemudahan berkolaborasi dan berkreasi. Sehingga hetero space Purwokerto Banyumas ini bisa digunakan sebagai tempat pelaksanaan pertunjukan, lokakarya dan seminar, ataupun pameran.

Fasilitas Hetero Space Banyumas

Fasilitas Hetero Space Banyumas
Fasilitas Hetero Space Banyumas

Hetero Space Banyumas yang luas memiliki berbagai ruangan. Semua pengunjung berhak menggunakannya. Seperti Private Office, Meeting Room, Komunal Area, Refreshing Room, Team Space, Galeri UMKM, Studio, Front Desk, Maker Space Packaging dan Lapangan Basket.

Baca Juga : Wisata Museum Geologi Bandung, Sejarah Tambang di Tanah Jawa

Di dalamnya terdapat pula kafe, Forum Anak, layanan samsa, packaging, ruang E-Sport, komik, dan robotik. Kesemuanya dikelola oleh UMKM di Banyumas. Menarik bukan?

Selain fasilitas fisik, ke depannya hetero space Banyumas akan memberikan berbagai pelatihan yang mendukung kemajuan para penggunanya. Seperti contohnya adalah pelatihan foto produk dari salah satu marketplace dan workshop pengelolaan stok barang jualan bagi UMKM.

Hadirnya hetero space Banyumas menjadi solusi tepat. Guna menyiapkan masyarakat menghadapi tantangan era 5.0.

Pelaku pariwisata dan perekonomian kreatif serta bidang lainnya semakin diuntungkan dengan adanya hetero space Banyumas. Karena sebagai ruang kreatif, pelaku UMKM maupun startup bisnis bisa belajar juga mendapatkan akses untuk berkembang tanpa batas. Karena di tempat ini menyimpan nilai historis,

harapannya pengunjung bisa tertular semangat seorang bung Karno dalam membangun bangsa.

0 comments on “Hetero Space Banyumas, Dapat Vibes Semangatnya Bapak Proklamator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.