Objek Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah
Local Experiences

Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Objek wisata air alami di Klaten Jawa Tengah ini berhasil membuat wisatawan mendulang kesegaran alami, kawanjo wajib cobain nih!

Siapa yang setuju kalau berwisata sebenarnya tidak mesti dilakukan di kota – kota besar saja? Udara yang menyegarkan, sampai aktivitas seru bisa mempengaruhi kepuasan berwisata. Khusus buat kamu, berikut rekomendasi 5 wisata air alami di Klaten Jawa Tengah!

Seperti yang kita ketahui, Klaten merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah, namun nyatanya punya banyak tujuan wisata menarik. Tengok yuk ada apa saja. Bisa dibilang, Klaten ini sering dilewati saja oleh wisatawan yang berpindah dari Yogyakarta ke Solo. Padahal, ada banyak objek wisata air alami di Klaten Jawa Tengah. Selain jenis wisata lain yang juga menarik.

Objek Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah
Objek Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Memang banyak yang tahu bila Klaten memiliki beragam candi di dalam daerahnya. Namun wisata air juga tak kalah jumlahnya. Apalagi objek wisata air atau disebut umbul dan wedung ini memiliki daya tarik tersendiri. Berpadu dengan alam yang indah, masing – masing objek wisata air Klaten ini berhasil membuat wisatawan mendulang kesegaran alami!

Baca Juga : Menikmati Makanan Khas Jawa Tengah yang Lezatnya Pasti

Tempat Wisata Air Alami di Klaten, Jawa Tengah

Sedang gerah, haus, penat? Cocok banget untuk mengunjungi wisata penuh kesegaran dan kesenangan ini! Apalagi airnya masih jernih dan suasana alam di sekitarnya sangatlah indah. Dimana lagi kalau bukan di Klaten, Negeri Seriboe Oemboel ini!

Berikut adalah beberapa objek wisata air alami di Klaten yang bisa dikunjungi:

  1. Umbul Ponggok
Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Umbul Ponggok
Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Klaten. Tempat wisata ini sempat nge-hits di sosial media, dan diserbu kaum muda kekinian. Bagaimana tidak, di sini pengunjung bisa menikmati sensasi snorkeling dan diving tanpa harus ke laut luas.

Pemandangan dasar umbul tak kalah elok. Banyak bebatuan dan ikan – ikan cantik yang berenang lincah di kedalaman  1,5 meter sampai dengan 2,6 meter. Ditunjang dengan air jernih yang segar, berenang di sini sangat mengasyikkan. Lebih seru lagi, pengelola menyediakan fotografer yang bisa memotret dari dalam air sekalipun.

Jangan khawatir bila tak siap dengan alat menyelam. Karena di sini terdapat persewaan piranti yang memudahkan untuk menikmati keindahan bawah laut. 

Yuk segera saja datang ke Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca Juga : Paket wisata budaya dan sejarah di kota Solo

  1. Umbul Ingas
Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Umbul Ingas
Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Umbul Ingas

Dinamakan demikian karena terdapat pohon Ingas yang besar di lokasi umbul. Selain itu, objek wisata air di Klaten yang kekinian ini juga tenar disebut umbul Cokro Tulung dan umbul Cokro Klaten.

Di sini pengunjung tak hanya bisa berenang atau berendam di air. Namun juga bisa menjajal berbagai wahana seperti  snorkeling, river tubing, water slide, rafting, ATV, waterboom Cokro Tulung, dan masih banyak lagi.

Asyik, bukan? Segera ajalah datang ke desa Cokro, kecamatan Tulung, kabupaten Klaten.

Baca Juga : Fenomena Embun Upas Dieng di Awal Januari 2022

  1. Umbul Sigedang – Kapilaler 
Wisata Air di Klaten Jawa Tengah Umbul Sigedang - Kapilaler
Wisata Air di Klaten Jawa Tengah Umbul Sigedang – Kapilaler

Umbul Sigedang – Kapilaler adalah dua mata air yang berdekatan. Tempat ini semakin terkenal sejak didatangi artis Nadine Chandrawinata yang mengunggah foto dirinya sedang berada di sini. Nampak air jernih dan wajah Nadine sumringah, menandakan bahwa wisata air alami di Klaten yang viral ini wajib dikunjungi.

Dua umbul ini dinamai juga dengan istilah umbul seribu galon. Karena lokasinya berdampingan dengan sumber mata air mineral kemasan ternama di Indonesia. Sehingga dapat dipastikan pula bahwa kualitas air di umbul Sigedang – Kapilaler sungguh baik dan kaya mineral.

Baca Juga : Pilihan paket wisata ke Yogyakarta

Di umbul Sigedang – Kapilaler, ritual padusan dilaksanakan masyarakat saat mendekati bulan ramadhan. Selebihnya, pengunjung dapat bermain air dan menikmati dasar kolam dengan bebatuan yang indah. Selain itu outbond secara berkelompok juga sering dilaksanakan di sini. 

Meskipun berdekatan, kedua umbul ini terpisah secara administratif.  Umbul Sigedang berlokasi di desa Ponggok, Kec Polanharjo. Sedangkan umbul Kapilaler  masuk desa Karanglo, kecamatan Polanharjo. Keduanya tentulah berada di Klaten, kota seribu umbul.

  1. Umbul Manten
Wisata Air Alami di Klaten Umbul Manten
Wisata Air Alami di Klaten Umbul Manten

Meskipun diselimuti dengan legenda masyarakat lokal, umbul Manten tetap ramai dikunjungi. Airnya yang jernih menampilkan keindahan dasar kolam. Banyak bebatuan dan akar pohon yang menancap kuat.

Selain itu, karena hanya memiliki panjang 70 meter dan lebar 40 meter serta kedalaman 1,5 meter, kolam ini aman untuk anak – anak. Apalagi ditunjang dengan pepohonan di sekitar kolam yang rimbun, suasana sejuk terasa saat berendam.

Untuk legenda yang beredar, mitosnya kolam ini merupakan wadah air mata sepasang pengantin yang terpisah. Mereka tak bisa lagi bersama saat berjalan di suatu tempat, karena mendapatkan hukuman dari janji yang mereka buat sendiri. Benar tidaknya, silakan dibuktikan dengan langsung menuju lokasi  di jl. Janti Boto, Boto, Wunut, kecamatan Tulung, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

Baca Juga : Festival Payung Indonesia 2022, Menjaga Kelestarian Kreasi Payung Tradisi Nusantara

  1. Lepen Kencono
Objek Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Lepen Kencono
Objek Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Lepen Kencono

Bila umbul Sigedang makin terkenal karena Nadine Chandrawinata, lepen Kencono ini makin tersohor setelah gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke sana. Foto kunjungan beliau pun berhasil mengabarkan keindahan lepen Kencono.

Lepen berarti sungai dan Kencono berarti emas. Harapannya, sungai ini selalu bersih dan bisa menjadi kebanggaan masyarakat. Dulunya sungai ini keruh karena banyak sampah. Namun berkat kegigihan seorang aktivis pecinta alam bernama Bagong, kini lepen Kencono berhasil menjadi objek wisata air alami di Klaten Jawa Tengah yang menarik.  

Disebut juga Watergong, akronim dari Waterboom Simbah Bagong yang diartikan bahwa destinasi wisata ini cocok untuk anak – anak. Banyak wahana yang bisa mereka coba, kolam renang anak, arena bermain, jembatan goyang, tubing,  hingga perosotan, serta kolam ikan. Untuk pengunjung dewasa, lepen Kencono memberikan sensasi rafting dan outbond. 

Yuk datang langsung ke lepen Kencono yang beralamat di desa Polanharjo, kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca Juga : Ceria Tiada Habisnya di Saloka Theme Park Semarang

Nah, bagi yang sudah merasakan gerah berkepanjangan atau butuh suasana yang segar, langsung saja menuju ke objek wisata air alami di Klaten Jawa Tengah. Air yang bening dan alami akan membasuh peluh dan keluh Kawanjo seketika masuk ke dalam air!

32 comments on “Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

  1. Femmylia DP

    Wah pengetahuan baru, ternyata di Klaten ada wisata-wisata air yang menakjubkan! Wisata Unggul Ponggok sangat menarik bagi saya, cocok untuk penyelam-penyelam amatir yang ingin menyaksikan keindahan biota laut.

  2. Siti Adelia Muafa Fadilul Ihza

    Waahh
    Benar sekali untuk berwisata tidak perlu di lakukan dengan mengeluarkan budget yang sangat besar kalau ada destinasi wisata di dekat kita yang bisa dinikmati keindahan alamnya seperti yang ada di Jawa tengah

  3. Madu Maybelle

    wahh seru sekali tyt di klaten ada destinasi wisata yang sangat mengasyikkan!!

  4. Cindy enjelina purba

    Umbul ingas keren banget air nya jernih banget ditambah dengan wahana² yang membuat tempat nya sangat menarik dijadikan tempat wisata.

    • Teresa Shevi Yuratama

      Asikk sekali berenang bersama ikan di Umbul Ponggok, bagi yang tidak bisa berenang disana juga disediakan pelampung dan alat selam yang tentunya aman dan harganya terjangkau jadi kita bisa menikmati berenang bersama ikan dengan puas

  5. Putri Febriani Simamora

    Keren… Keren… keren, ini benar benar sangat indah.

  6. Bagus sekali, sangat menisiprasikan jiwa mager mageran ini untuk mau beriwisata.

  7. sangat indah dan membuat saya ingin berwisata

    • Cholimatus Sa'diah

      Tak disangka ternyata Klaten memilik wisata air alami yang sangat indah. Salah satunya umbul manten yang memiliki keindahan alam yang menyejukkan selain itu juga memiliki mitos.

  8. Nia Sulastri Gultom

    Sudah pasti berwisata di Air Alami di Klaten Jawa Tengah ini membuat liburan sangat menarik dengan spot air yang biru dengan ikan-ikan kecil yang berwarna warni siap menemani kita berenang dengan menikmati sunset yang sangat bagus di umbul manten

  9. Tidak disangka kabupaten mempunyai wisata tirta yang sangat unik sekali. Spot fotonya sangat jarang sekali terutama yang underwater

  10. Marta Manurung

    Indonesia berbagai beragam atas pemandangan yang sangat indah dan dari artikel tersebut saya suka kepada umbul manten yang unik dan ditunjang dengan pepohonan di sekitar kolam yang rimbun, suasana sejuk terasa saat berendam.

  11. M Syahri Fadhil

    Berbagai wisata air yang ada di kota klaten yang ada diatas harus diberikan penanganan dan pemeliharaan yang intensif, dilihat dari berbagai keadaan yang masih terpelihara dengan baik seperti air yang jernih, mata air yang bagus, serta keindahan yang memanjakan mata. sayang sekali apabila fasilitas dan keindahan yang sudah ada dan terpelihara harus rusak oleh wisatawan yang tak bertanggung jawab

    • sheila nurhaliza

      setelah membaca artikel ini saya menjadi tau di klaten terdapat wisata air alami dan memiliki daya tariknya tersendiri. saya jadi tertarik untuk mengunjunginya

  12. Arshylla Optiandeetyas Winoto

    Seger banget liatnya. jadi tempat wisata yang sangat menarik untuk wisatawan yang ingin berkunjung untuk main air.

  13. Fifiana

    sepertinya berselfie di sini adalah keharusan. Nuansa dan atmosfernya juga asyik, keren dan berkesan natural

  14. Laura Nurmaya

    sangat ga kalah keren dengan potensi yang ada di wilayah pesisir dan laut, yang dimana potensi dan keindahan di wisata air juga sangat bagus

  15. Amah Laviona

    Ternyata Klaten menyimpan pesona keindahan yang tidak kalah dengan daerah tetangganya. Yogyakarta terkenal dengan candinya, solo terkenal dengan wisata budayanya. Sedangkan Klaten juga memiliki wisata tirta yang tidak kalah indahnya. Perlu perhatian khusus untuk mempertahankan kebersihan dan perawatan setiap objek wisata

  16. Salsa Nur Fadhilah

    Beberapa lokasi wisata di atas pernah saya dengar pada konten TikTok dan Instagram. Ternyata memang benar wisata tersebut berasal dari sumber mata air alami, sebuah wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Dilihat dari gambar saja rasanya masih kurang, mungkin harus melihatnya secara langsung untuk mengetahui keindahan alamnya.

  17. Rivaldi Thio Darmawan

    wisata di klaten emang sangat bagus ya, apalagi bisa merasakan keindahan bawah laut tanpa mwndatangi laut lepas, selain itu juga banyak tempat wisata yang sangat indah dan wajib menjadi waiting list untuk dikunjungi

  18. Esti Indriani

    Klaten nih bener-bener kota dengan seribu umbul yaa, banyak sekali wisata tirta yang indah dan menarik untuk dikunjungi

  19. Dan lagi lagi banyak sekali destinasi wisata yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan, terutama oleh saya. Nah, wisata air alami di Klaten Jawa Tengah ini sangat cocok untuk wisatawan yang sedang membutuhkan suasana yang segar, jika ingin gun berkunjung kita dapat langsung saja menuju ke objek wisata air alami di Klaten Jawa Tengah. Saya menjadi tidak sabar untuk segera menyapa Air yang bening dan alami akan membasuh peluh dan keluh Kawanjo seketika.

  20. Wooww sangat indah dan membuat saya ingin berwisata kesini dehh

  21. Irmawati manalu

    Wisata klaten ini ga kalah keren dari wisata wisata lain ??

  22. Nova Sinaga

    wisata di klaten memang sangat bagus dan menarik apalagi bisa merasakan keindahan bawah laut tanpa mendatangi laut lepas, selain itu juga banyak tempat wisata yang sangat indah dan wajib menjadi waiting list untuk dikunjungi

  23. Inda Anggreny Siburian

    Waahh
    Benar sekali untuk berwisata tidak perlu di lakukan dengan mengeluarkan budget yang sangat besar kalau ada destinasi wisata di dekat kita yang bisa dinikmati keindahan alamnya seperti yang ada di Jawa tengah

  24. Wisata yang sangat menarik memukau mempesona pandangan wisatawan

  25. wow. wisata ini memang sangat menarik dan membuat para pengunjung akan penasaran dengan tempat ini.

  26. Menarik sekali ternyata banyak wisata air nya. bisa menjadi referensi bagi temen-temen yang sedang mencari destinasi wisata alami

  27. Muhammad 'Ainul Yaqin

    sebagai warga Jawa Tengah, saya sendiri belum tau jika di klaten ada destinasi wisata dengan spot wisata yang sangat indah, ini sangat menarik untuk dikunjungi

  28. Madu Maybelle

    wahh menarik

  29. Ilma M

    banyak tempat wisata di daerah Klaten yang ternyata menyimpan banyak cerita sebelumnya. banyak masyarakat yang menghubungkan tempat wisata tersebut dengan hal-hal yang berbau mistis. menurut saya itu bukanlah hal yang buruk, melainkan itu bisa menjadi hal preventif untuk mencegah adanya kerusakan lebih di daerah wisata akibat lonjakan wisatawan yang datang kesana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.