Tempat Wisata di Tobelo
Local Experiences

5 Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara yang Bikin Terpana

Kalau sudah ke Indonesia bagian timur, pesona keindahannya sudah terjamin deh. Ada yang pernah dengar wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara?

Ingin petualangan yang tak biasa? Wisata pantai Tobelo Halmahera Utara bisa jadi jawaban. Kabupaten Halmahera Utara, provinsi Maluku Utara merupakan daerah yang berada di belahan timur Indonesia. Kota yang terkenal dengan rumah adat Hibualamo ini memiliki ibu kota di Kecamatan Tobelo dan memiliki beragam pesona untuk dikunjungi.

Potensi wisata pantai Tobelo Halmahera Utara begitu besar, mampu menjadi magnet wisatawan sebagaimana tujuan wisata lainnya di Indonesia. Banyak pantai di Halmahera Utara (Halut) yang berpasir putih dengan gradasi warna laut yang menawan.

Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara
Wisata Tobelo Halmahera Utara.

Mengunjungi wisata – wisata ini akan membuat Kawanjo terpana dan betah berlama – lama!

Baca Juga : Wisata Kepulauan Kei dan Festival Pesona Meti Kei 2022

Rekomendasi Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara

Selain pantai, Tobelo juga memiliki pilihan nge-trip di beberapa pulau dan taman laut yang indah. Lengkap dengan beragam biota laut. 

Di bawah ini adalah tempat wisata di Tobelo Halmahera Utara yang siap membuat Kawanjo terpesona:

  1. Pantai Luari
Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara
Tempat Wisata di Tobelo Pantai Luari

Pantai ini mempunyai teluk yang memikat dan instagramable. Pasir hitam nan bersih berpadu dengan air lautnya yang bening, begitu memanjakan mata wisatawan yang mampir. Tidak hanya itu, airnya yang juga tenang, membuat ingin segera menceburkan diri dan berenang. 

Untuk berlama – lama di sini, Kawanjo bisa melakukan banyak hal.  Seperti snorkeling, berperahu, serta menikmati sunrise dan sunset yang indah. Cara sampai di pantai Luari Kawanjo bisa naik angkutan umum jurusan Tobelo Galela. Dengan alamat lengkapnya di Jl Tobelo Galela, Jalan Desa Pantai Wisata, Luari, Kec. Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Baca Juga : Wisata Bahari di Kawasan Timur, Menyelam Bersama Hiu Berjalan

  1. Pantai Pasir Panjang
Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara Pantai Pasir Panjang, Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara
Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara Pantai Pasir Panjang

Pantai ini punya kelebihan tersendiri untuk dijadikan tujuan liburan. Pasir putih yang indah mampu menggoda tiap mata yang singgah kepadanya. 

Dinamakan Pasir Panjang, ternyata tidak salah. Sebab panjang pantai berpasir putih ini mencapai sekitar 1 km. Pada malam hari objek wisata ini akan lebih ramai pengunjung. 

Lokasi pantai ini terletak di Desa Ruko, Kec. Tobelo Utara. Transportasi umum dari Kota Tobelo,  bisa mengantar Kawanjo untuk sampai di pantai ini.

  1. Pulau Meti
Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara, Tempat Wisata di Tobelo Pulau Meti
Tempat Wisata di Tobelo Pulau Meti

Berada di bagian Timur Kota Tobelo, Pulau Meti mempunyai bentangan alam yang mempesona. Letaknya yang berada tepat di depan bibir pantai desa Mawea, Tobelo Timur, Halmahera Utara seolah menjadi lukisan alam nan rupawan yang menampakkan diri di pesisir utara Maluku Utara.

Pantainya cantik nian dengan hiasan terumbu karang yang masih alami dan terjaga. Ternyata, siapa sangka, jika pada saat Perang dunia II, pulau ini sempat digunakan pasukan Jepang untuk membangun kekuatan militer melawan sekutu.

Di pulau Meti Kawanjo akan melihat beragam artefak peninggalan Jepang. Lebih menakjubkan dan bikin melongo adalah ketika Kawanjo menyelam di sekitar pulau, maka akan terlihat pesawat tempur yang terkubur di dasar laut.

Baca Juga : Wisata Morotai 2022, Satu Lagi Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

  1. Pantai Pitu
Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara, Pantai Pitu
Tempat Wisata di Tobelo Pantai Pitu

Dengan panjang garis pantai sekitar 530 meter, pantai Pitu memiliki dasar laut yang dangkal. Di saat air laut surut, maka lebar pantai bisa mencapai sekitar 50-an meter.

Kawanjo bisa memanfaatkan pantai ini untuk berolahraga pantai, seperti bermain sepakbola atau volly. 

Di depan Pantai Pitu juga terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang bisa  dijelajahi. Atau sekedar menikmati pemandangannya? Oke juga, loh! Apalagi bersama keluarga atau handai taulan, sambil menyantap sajian khas Halmahera seperti. Air guraka dan Sarana.

  1. Pantai Kupa-Kupa
Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara, Pantai Kupa-Kupa
Tempat Wisata di Tobelo Pantai Kupa-Kupa

Pantai ini mempunyai alam yang menarik. Arus lautnya tenang, banyak pepohonan yang tumbuh rimbun dan tertata di bibir pantai. Menjadikan suasana pantai ini begitu nyaman, rindang, dan indah.

Tak hanya itu. Di pantai Kupa – kupa, Kawanjo juga bisa menikmati pemandangan alam berupa pegunungan yang menjulang tinggi. Bikin terpana, sungguh terlihat menyenangkan serta menenangkan jiwa dan perasaan.

Baca Juga : Makanan Khas Halmahera, Nomor 4 Beri Cara Unik Menikmati Pisang

Wisata bahari di Tobelo Halmahera Utara memang mengesankan. Ragam potensi alam setiap destinasi bisa membuat melongo. Namun tak perlu lama – lama terpana, sebab ada banyak cara mengeksplorasi keindahan objek wisata. Supaya liburan Kawanjo jadi pengalaman yang tak terlupakan.

24 comments on “5 Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara yang Bikin Terpana

  1. Siti Adelia Muafa Fadilul Ihza

    Ternyata di setiap daerah memiliki keindahan alamiah yang sangat beragam yaaa
    Seperti yang ada di halemahera Utara yang memiliki keindahan alam pesisir yang tidak kalah menarik dengan kepulauan Misool raja Ampat

  2. Pesona Indonesia Timur memang tidak ada duanya indah sekali

    • sheila nurhaliza

      Ternyata masih banyak pantai yang sangat indah di Kabupaten Halmahera, dengan adanya artikel ini saya jadi mengetahui pantai pantai yg indah dan sangat menarik untuk dikunjungi

  3. Luar biasa indah pemandangannya. Suasana pantai yang sejuk dan menyegarkan.

  4. Putri Febriani Simamora

    Tempat wisata yang dipaparkan dalam artikel ini sangat membuat para pembaca antusias untuk berwisata ketempat tersebut. ?

  5. Wow sangat keren dan memiliki pemandangan yang sangat indah

  6. Marta Manurung

    Luar biasa atas keindahan dari pantai Meti dikarenakan Pantainya cantik nian dengan hiasan terumbu karang yang masih alami dan terjaga dan juga warna air pantai tersebut dapat memanjakan mata dan refreshing

  7. Cholimatus Sa'diah

    Potensi wisata Indonesia timur sudah tidak bisa diragukan lagi keindahannya

  8. ternyata masih banyak hidden gem tempat wisata di Indonesia yang masih belum saya eksplor baik secara langsung maupun secara virtual, salah satunya adalah halmahera utara, terutama Pulau Meti yang memiliki pantai cantik nian dengan hiasan terumbu karang yang masih alami dan terjaga. sudah seharusnya kita menjaga keindahan alam halmahera ini.

  9. M Syahri Fadhil

    Beberapa pantai yang di rekomendasikan di wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara sangat membuat terpana dengan beberapa pulau dan taman laut yang indah juga lengkap dengan beragam biota laut. Wisata bahari di Tobelo Halmahera Utara memang mengesankan. Ragam potensi alam setiap destinasi bisa membuat melongo.

  10. Teresa Shevi Yuratama

    Banyak sekali pantai pantai indah dan mempesona yang berada di tempat wisata di Tobelo yang belum banyak diketahui orang banyak, artikel ini bisa membantu orang orang yang ingin berwisata ke pantai pantai Tobelo yang sangat memukau dan belum banyak diketahui orang

  11. Arshylla Optiandeetyas Winoto

    Ternyata halmahera utara memiliki keindahan yang sangat bagus dan indah banget, tidak kalah indah kepulauan timur dibanding pantai lainnya dan perlu dikunjungi dengan keindahan alam yang ada.

  12. Madu Maybelle

    Ternyata banyak sekali Pantai Tobelo Halmahera Utara yaitu ada Pantai Luari, Pantai Pasir Panjang, Pulau Meti, dan Pantai Kupa-Kupa yang sangat indah untuk dinikmati dan sangat recommended untuk dikunjungi

  13. Amah Laviona

    Halmahera Utara memiliki banyak pantai dengan potensi unggulnya masing-masing. Salah satu keunikannya yaitu mempunyai artefak pesawat tempur yang dapat dijadikan atraksi wisata dengan membuat oaket wisata diving untuk melihat artefak tersebut

  14. Salsa Nur Fadhilah

    Pada saat melihat gambar Pulau Meto yang diambil dari ketinggian, spontan saya terpukau sejenak. Keindahannya benar-benar seperti lukisan yang tidak nyata tetapi Pulau tersebut nyata. Dengan melihatnya saja sudah menyegarkan mata, apalagi jika kita berkunjung kesana, mungkin kita tidak ingin pulang karena terpesona akan keindahannya.

  15. Woww keren bangett?
    Dengan melihat gambar saja sudah menyegarkan mata, apalagi jika berkunjung kesana?

  16. Irmawati manalu

    Wisata tobelo ini sangat indah dan memiliki keunikan tersendiri
    Sangat keren??

  17. Nova Sinaga

    Tempat wisata ini patut kita jelajahi untuk memuaskan hasrat berpetualang kita

  18. indonesia bagian timur memang tidak diragukan lagi dalam berbagai destinasi wisatanya, sudah dipastikan sangat indah dan tidak mengecewakan.

  19. Muhammad 'Ainul Yaqin

    halmahera memang menyimpan keindahan pantai-pantai. dalam artikel pigijo ini dijelaskan beberapa pantai di halmahera yang sangat indah

  20. Laura Nurmaya

    sangat unik sekali tempat wisata kali ini, menrik juga untuk di kunjungi

  21. Ilma M

    Semoga dengan banyaknya artikel yang mempromosikan tempat wisata di halmahera ini, dapat membuat terangkatnya tempat wisata yang ada di pulau-pulau kecil seperti ini serta membuat nama wisata Indonesia menjadi semakin dikenal di mata wisatawan domestik maupun mancanegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.