Hunting Golden Sunrise Hingga Mampir ke Air Terjun Madakaripura Bromo Cuma Rp950 Ribu Bareng Pigijo
PigiUpdate

Hunting Golden Sunrise Hingga Mampir ke Air Terjun Madakaripura Bromo Cuma Rp950 Ribu Bareng Pigijo

Private trip ke Bromo bareng Pigijo nggak cuma eksplor gunung aja, Minjo bakal ajak kamu main juga ke Air Terjun Madakaripura Bromo. Yuk, cuma Rp950 ribu lho!

Bromo adalah salah satu daya tarik wisata yang ada di Jawa Timur yang sangat populer. Area pegunungan ini masuk ke dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memberikan view yang sangat menakjubkan untuk disaksikan. Nah, selain golden sunrise, kawah gunung di tengah kaldera yang sampai saat ini masih mengupulkan asap putihnya sepanjang waktu yang menandakan gunung Bromo masih aktif ini juga menambah kecantikannya. Tidak kalah mempesonanya dengan kawah Bromo, lautan pasir yang membentang luas di sekeliling kaldera Bromo juga sangat elok. Tak lupa, di sana juga ada air terjun lho! Yakni, air terjun Madakaripura Bromo.

By the way, kamu tahu tidak sejarah dari Gunung Bromo ini? Jadi, Menurut legenda dijelaskan mengenai asal usul Suku Tengger ini. Dahulu di pulau Jawa di perintah oleh Raja Brawijaya dari Majapahit yang mempunyai anak perempuan bernama Rara Anteng yang menikah dengan Joko Seger, keturunan Brahmana. Lalu saat terjadi pergolakan di pulau Jawa, sebagian masyarakatnya yang setia pada agama Hindu melarikan diri ke pulau Bali. Sebagian lainnya menarik diri dari dunia keramaian dan bermukim di sebuah dataran tinggi di kaki Gunung Bromo, dipimpin oleh Roro Anteng dan Joko Seger, jadilah mereka suku Tengger, kependekan dari AnTeng dan SeGer.

Selain itu ada juga Air Terjun Madakaripura, lho! Terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Air Terjun Madakaripura Bromo memiliki pesona alam yang tak terbantahkan. Tidak hanya menawarkan keindahan alam saja, Air Terjun Madakaripura juga punya potensi storynomic tourism yang layak untuk dikembangkan. Konon, Air Terjun Madakaripura Bromo menjadi tempat bertapa Patih Gadjah Mada untuk terakhir kalinya, sebelum moksa. Mitos ini merujuk pada pemilihan nama Madakaripura yang diambil dari tiga kata yang saling berhubungan. Mada merupakan penggalan dari Gadjah Mada, Kari yang berarti peninggalan, dan Pura bermakna sembahyang atau semedi. Berdasarkan cerita tersebut, masyarakat setempat percaya bahwa Air Terjun Madakaripura Bromo adalah air terjun abadi. Pasalnya, selama ini Air Terjun Madakaripura Bromo tidak pernah mengalami kekeringan.

Baca juga: Kafe Tertinggi se-Jawa Timur, Bromo Hillside Cafe Siap Bikin 2023 Berwarna

air terjun madakaripura bromo, gunung bromo, private trip bromo,
Pemandangan Bromo yang eksotis

Nah, tanpa berlama-lama, Minjo punya lho paket ke Bromo, 2 hari cuma dengan modal Rp950.000,-/pax aja kamu bisa menikmati indahnya Gunung dan Air Terjun Madakaripura Bromo!

Lalu.. dengan harga segitu, kamu bakal dapat apa saja, ya?

Ini dia itinerary perjalanan Bromo – Madakaripura bersama Pigijo:

Day 1 – Ngetrip ke Gunung dan Air Terjun Madakaripura Bromo

Di hari pertama ini, kita akan bertemu di meeting point, yaitu di satu alamat penjemputan peserta area Kota Surabaya, pada pukul 23.00 – 00.00 WIB.

Day 2 – Ngetrip ke Gunung dan Air Terjun Madakaripura Bromo

Pada pukul 00.00 kita akan memulai perjalanan menuju ke Rest area Bromo, dan akan tiba pada pukul 02.30 WIB di Rest area Bromo dan transfer Jeep Bromo. Pada pukul 03.00 WIB kita akan langsung menuju ke Sunrise View Point Penanjakan 1/Bukit Kingkong/Bukit Cinta. Setibanya di sana, kita akan Coffee break dan sholat subuh terlebih dahulu pada pukul 03.30 WIB hingga 04.30 WIB. Nah, saatnya kamu menikmati Golden Sunrise Bromo di Puncak View Point hingga pukul 06.00 WIB. Wah.. Bisa dibayangkan betapa menakjubkan dan ekstotisnya pemandangan di sana dengan ditemani matahari yang terbit.

Baca juga: Inilah 5 Spot Wisata Gunung Bromo, untuk Tips Menghasilkan Foto Konten yang Keren

air terjun madakaripura bromo, gunung bromo, private trip bromo,
Golden hour di Bromo yang memikat mata
(Sumber: Volkpop.co)

Nah, adapun spot untuk melihat matahari terbit di sana ada penanjakan 1 dan penanjakan 2. Sesampai di kedua bukit ini, kamu dapat melihat keindahan puncak Bromo, Batok maupun Semeru. Tetapi, yang membedakan kedua penanjakan ini adalah rute dan keadaan pengunjung. Bukit Penanjakan 2 masih cukup baru sehingga suasananya lebih tenang.

Tidak jauh dari bukit penanjakan 1, terdapat bukit kingkong yang dapat kita gunakan untuk menyaksikan matahari terbit serta menikmati pesona Bromo. Nama bukit kingkong diambil dari bentuk pahatan bebatuan dan ceruk tebing yang menyerupai mata dan hidung kingkong.

Next, pukul 06.00 WIB kita bakal lanjut menuju ke Kawah Bromo, Kawanjo! di Kawah Bromo pastinya harus mengabadikan momen di sana! Lanjut pukul 06.30 kita juga akan ke pura lugur poten dan soft trekking ke Kawah Bromo hingga pukul 08.00 WIB. Lalu kita juga bakal ke Bukit Teletubbies dan Padang Savana dari pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB. Sebelum kita menuju ke Air terjun Madakaripura, kita juga masih akan berkunjung ke Pasir berbisik yang sangat luas itu higga pukul 09.30 WIB, lho!

Baca Juga: Wisata ke Songgoriti Hot Spring Malang, Penat Langsung Hilang

air terjun madakaripura bromo, gunung bromo, private trip bromo,
Pasir berbisik yang menjadi spot pembuatan MV Vidi Aldiano
(Sumber: Disparbud.Probolinggo.go.id)

Sebelum melanjutkan kegiatan trip kita, pukul 09.30 WIB hingga 10.30 WIB kita akan kembali ke rest area dan bersih-bersih. Nah, ini dia yang kita tunggu-tunggu, kita menuju ke Air Terjun Madakaripura Bromo pukul 10.30 dan tiba di rest area Madakaripura pukul 11.00. Pada pukul 11.15 kita akan membagi ojek untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura Bromo, hingga tiba di sana pukul 11.30 WIB, dan di sana kita bisa bermain air di air terjun, trekking ke air terjun, dan berfoto dengan patung Patih Gajah Mada.

Baca juga: Inilah 8 Desa Wisata ADWI di Jawa Timur, Terbanyak Dibanding Provinsi Lain

air terjun madakaripura bromo, gunung bromo, private trip bromo,
Segar dan asrinya di Air Terjun Madakaripura bromo.

Nah, setelah semua tujuan trip kita kali ini sudah dikunjungi, pukul 14.00 WIB kita akan kembali ke rest area untuk makan siang dan persiapan untuk kembali ke Surabaya. Pukul 14.30 WIB perjalanan menuju Surabaya dan tiba di meeting point sebelumnya pukul 17.30 WIB, trip pun selesai.

Gimana? Itinerary-nya asik banget, kan? Lalu dengan harga Rp950.000,-/pax kamu juga sudah dapat:

  1. Transportasi wisata mobil/elf long/bus
  2. Transportasi Jeep di Bromo
  3. Driver, BBM, parkir dan tol
  4. Asuransi yang tercakup dalam tiket
  5. Tiket masuk wisata
  6. Dokumentasi foto
  7. 1x makan
  8. Tour leader
  9. Ojek PP di Madakaripura
  10. Guide lokal Madakaripura

Gimana, Kawanjo? Paket Open Trip Bromo – Madakaripura kali ini lengkap banget, kan? Sekarang waktunya kamu beresin semua kerjaan, terus atur jadwal deh. Lalu, hubungi sahabat, pacar, keluarga, atau siapapun orang-orang terdekat kamu untuk liburan bareng ke Bromo.

Nah, kalau mau pesan paket Open Trip Bromo – Madakaripura, kamu tinggal klik di sini:

trekking gunung batur

Well, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo!

Penulis: Juwita Qhalby H

0 comments on “Hunting Golden Sunrise Hingga Mampir ke Air Terjun Madakaripura Bromo Cuma Rp950 Ribu Bareng Pigijo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.