Local Experiences

Lagi Viral, Suasana Amazon di Wisata Silowo Merakurak Tuban

Wisata Silowo Merakurak

Wisata Silowo Merakurak Tuban sedang trending, nih! Banyak yang penasaran dengan salah satu tempat rekreasi satu ini.  Sebuah ekowisata yang menampilkan eksotisme keindahan alam menarik hati. Tak perlu jauh-jauh, yuk dulang keseruan jelajah hutan dan naik perahu menyusuri sungai!

Sejarah Wisata Silowo Merakurak Tuban

Sejarah Wisata Silowo Merakurak, Wisata Silowo Merakurak Tuban
Sejarah Wisata Silowo Merakurak Tuban.

Sendang Silowo di Tuban sebenarnya telah ada sejak tahun 2019. Pengunjungnya sudah banyak dan fasilitas yang ada juga sudah cukup membuat kegiatan wisata menjadi makin bermakna.

Sayangnya, pandemi datang membuat tempat wisata di Tuban viral ini harus ditutup. Ternyata hal tersebut justru menyebabkan banyak bagiannya menjadi rusak. Hingga akhirnya setelah direvitalisasi, pada tanggal 22 Desember 2022, pihak Bappeda dan Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban membuka kembali ekowisata Silowo Tuban. Asyiknya kini konsep yang ditawarkan lebih beragam dan menarik hati.

Makna Silowo sendiri memiliki asal usul. Menurut para sesepuh, silowo adalah tempat para ustadz/pemuka agama Islam bersilo ing rowo atau bersila di dalam rawa. Sebagaimana fokus tempat wisata ini, yaitu sendang yang memiliki air jernih dan berasal langsung dari mata air.

Baca Juga : Seni Ecoprint Ramah Alam, Siap Majukan Fashion dan Sustainable Tourism di Tuban 2022

Lokasi Wisata Silowo Merakurak Tuban

Lokasi Wisata Silowo Merakurak, Wisata Silowo Merakurak Tuban
Lokasi Wisata Silowo Merakurak Tuban.

Tuban adalah kota di ujung barat Provinsi Jawa Timur. Dari Surabaya, untuk tiba di kabupaten yang lambat laun menjadi pusat industri ini, hanya berjarak sekitar 100 km. Cukup 2 jam berkendara.

Wilayahnya yang berada di pinggir pantai Utara, menjadikan banyak tempat wisata pantai di Tuban. Istimewanya, di bumi Ronggolawe ini juga terdapat wisata alam lainnya. Seperti gua, air terjun, serta pemandian alami. Sendang Silowo Merakurak adalah yang terbaru dan sedang jadi incaran para traveler.

Untuk sampai di wisata Sendang Silowo, Kawanjo bisa menuju ke lokasi. Alamatnya di Juwiri, Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Rute Menuju Wisata Silowo Merakurak Tuban

Rute Menuju Wisata Silowo Merakurak, Wisata Silowo Merakurak Tuban
Rute Menuju Wisata Silowo Merakurak Tuban.

Bila berangkat dari Surabaya, Kawanjo akan melewati jalan Tuban-Surabaya. Terus saja ke arah Utara hingga menemukan gerbang masuk kota Tuban. Setelah dari gerbang, tetap lurus ke Utara hingga menemukan traffic light. Terdapat  bundaran yang di tengahnya berdiri tegak patung Letda Soetjipto dan di pojok Barat Laut ada gedung DPRD.

Bila menemukan perempatan tersebut, silakan belok ke kiri dan ke Jalan raya Merakurak. Lurus sampai menemukan pertigaan, belok kiri hingga sampai di pertigaan SMPN 4. Lalu belok kanan, jalan saja terus.  Hingga sampai ke pertigaan lagi ada pasar Merakurak. Belok kiri dan tetap jalan lurus sejauh 350 meter, setelah Kantor Kecamatan Merakurak, pertigaan belok kiri. Sekitar 200 meter, sampailah di wisata Sendang Silowo Merakurak.

Baca Juga : Wisata Alam Gosari Sekapuk Gresik, Dijamin Asyik!

Daya Tarik Wisata Silowo Merakurak Tuban

Daya Tarik Wisata Silowo Merakurak, Wisata Silowo Merakurak Tuban
Daya Tarik Wisata Silowo Merakurak Tuban.

Ada hikmah dibalik penutupan sementara Sendang Silowo Merakurak Tuban. Sebab, tempat wisata ini kemudian ditata kembali dan ditambah dengan berbagai kegiatan menyenangkan. Seolah menjadi magnet, setelahnya Silowo Merakurak selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Dahulu Sendang Silowo hanya sebagai pemandian. Setelah proses revitalisasi, banyak hal menarik yang ada di sini. Menciptakan pengalaman wisata yang tak main-main.  Yaitu:

  1. Suasana Hutan Perawan

Silowo adalah pemandian dengan sungai yang mengalir di tengah hutan. Pepohonan sagu yang berbaris di pinggir aliran air, membawa ingatan akan view hutan perawan di Kalimantan. Hijau, teduh, dan masih asli. Nampak sejuk dan asri membuat hati serta pikiran jadi semakin tenang.

Bahkan, sebagian masyarakat menyamakannya dengan hutan Amazon. Bila difoto dengan drone dari atas, penampilan Sendang Silowo memang menarik. Aliran air jernih nampak membelah rimbunnya hutan pohon sagu.

  1. Susur Sungai dengan Kano

Ini dia inti dari wisata Silowo Merakurak. Yang membedakan dengan konsep lama, kini terdapat aktivitas menarik berupa menyusuri sungai dengan perahu kano. Aliran air yang tenang, nampak jernih dan bersih. Menambah riang hati kala mengendarai perahu. Apalagi sambil menikmati pemandangan di tepi kanan kiri sungai. 

Jangan lupa mengabadikan momen di serpihan surga dunia ini. Tunjukkan pada dunia maya, Indonesia bagian Tuban juga memiliki pemandangan alam yang otentik bin eksotik.

  1. Ekowisata

Menariknya, Sendang Silowo Merakurak Tuban menjadi tempat konservasi lingkungan air. Di sini juga digunakan sebagai penangkaran ikan sungai terutama jenis wader. 

Sebagai wisatawan yang bijak, layak kiranya Kawanjo mendukung upaya tersebut. Dengan turut menjaga kebersihan dan keamanan diri serta lingkungan.

  1. Kuliner Sagu

Pepohonan sagu yang berbaris rapi di pinggir sungai tak hanya sebagai pemanis. Mereka juga memiliki fungsi menarik, selain untuk tanah dan air di habitatnya, pohon ini juga menjadi sumber konsumsi.

Di wisata Sendang Silowo, Kawanjo bisa menikmati kelezatan kuliner khas Tuban dari sagu. Seperti es dawet sagu, bongko, dan gandos. Yang mengasyikkan, makanan dan minuman ini bisa dinikmati di gazebo pinggir sungai. Apalagi harganya murah dan rasanya nikmat. Dijamin hati makin senang karena perut kenyang.

  1. Tiket Masuk Murah

Benar-benar tak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk merasakan vibes susur sungai di hutan. Tak usah susah-susah ke Amazon, cukup datang ke wisata Silowo Tuban dengan tiket yang murah meriah.

Adapun tiket masuk Silowo adalah  Rp 5000. Untuk sewa perahu kano (1 orang) biayanya Rp 10.000, perahu mesin (1 orang) Rp 6000, berenang (wajib mengenakan pelampung) Rp 5000. Sedangkan untuk parkir motor cukup membayar Rp 2000 dan mobil Rp 5000. 

Tiap harinya 150 tiket sewa perahu yang disediakan pengelola, habis dengan cepat. Jadi, tips supaya tidak kecewa adalah, gercep. Datang lebih awal, karena siapa cepat dia yang dapat.

Baca Juga : Yang Unik dan Estetik, Wisata Setigi Gresik

Jam Buka Wisata Silowo Merakurak

Jam Buka Wisata Silowo Merakurak
Jam Buka Wisata Silowo Merakurak

Ekowisata Silowo Merakurak buka setiap hari pada pukul 08.00-15.00. Sekali lagi, bila ingin naik perahu menyusuri sungai Kawanjo harus datang sebelum pukul 08.00. Namun bila ternyata kurang beruntung karena tidak bisa menyewa, Kawanjo masih bisa melakukan aktivitas lain selama di sini. Seperti berenang, bersantai, atau kulineran.

Wisata Silowo Merakurak Tuban menjadi jujugan masyarakat untuk merasakan suasana alami. Hutan, kolam, dan sungai yang ada di dalamnya siap memberikan suguhan menarik. Tak perlu ke Amazon,  pengalaman berwisata di sini dijamin sulit terlupakan.

1 comment on “Lagi Viral, Suasana Amazon di Wisata Silowo Merakurak Tuban

  1. safbleu

    Artikel yg sangat menarik dan informatif ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.