Gak Sampai 300 Ribu Udah Bisa Trip ke Baduy? Berangkat, Kuy!
PigiUpdate

Gak Sampai 300 Ribu Udah Bisa Trip ke Baduy? Berangkat, Kuy!

Bulan Agustus yakin nggak kemana-mana? Mending ikut trip ke Baduy bareng Pigijo, yuk! Cuma 200 ribuan aja lho~

Pernahkah Kawanjo dengar soal Suku Baduy? Buat yang belum pernah denger, sini merapat. Minjo bakal ceritakan tentang suku ini. Nggak cuma itu, Minjo juga bakal spill trip ke Baduy!

Baduy merupakan Suku Sunda yang belum terpengaruh modernisasi. Bisa dibilang, suku ini hampir sepenuhnya terasingkan dari dunia luar. Untuk menjaga kesakralan wilayahnya, masyarakat Baduy memperkenalkan istilah “Saba Budaya Baduy”, yang bermakna “Silaturahmi Kebudayaan Baduy” sejak 2007.

Suku Baduy terbagi menjadi dua, Suku Baduy Dalam dan Buku Baduy Luar. Adapun perbedaannya adalah Suku Baduy Dalam masih memegang teguh adat dan aturan dengan baik. Sementara, Suku Baduy Luar sudah terpengaruh oleh budaya luar dan modernisasi. Seperti menggunakan sabun dan alat elektronik.

Perbedaan lain juga bisa terlihat dari pakaian mereka. Suku Baduy Dalam sehari-hari menggunakan baju berwarna putih yang melambangkan kesucian. Sedangkan, pakaian Suku Baduy Luar adalah serba hitam dan kini mereka juga mulai menggunakan baju yang dibeli di pasar. Suku Baduy Dalam diketahui tinggal di tiga kampung, yaitu Kampung Cikeusik, Cikertawana, dan Cibeo, yang dipimpin oleh ketua adat disebut Pu’un.

Baca juga: 5 Tempat Rekomendasi Liburan Seru ke Banten, Kuy Cobain!

trip ke baduy, suku baduy, baduy dalam, baduy luar, banten, kampung cikeusik, kampung cikertawana, kampung cibeo, pu'un, open trip, pigijo, kawanjo,
Suasana di Baduy yang adatnya masih sangat kental

Well, di Pigijo tersedia paket open trip di bulan Agustus ini ke Baduy selama 2 hari 1 malam, lho! Harganya? Dijamin nggak akan menguras dompet kamu, deh! Cuma dengan harga Rp270.000,-/pax aja, kamu sudah bisa trip ke Baduy Luar dan Baduy Dalam.

Dengan paket trip ke Baduy ini, kamu berkesempatan menemui dan melihat keseharian Suku Baduy di tengah alam yang asri, alami, dan tentunya sakral. Suku Baduy bermukim di wilayah di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Permukimannya terpusat di daerah aliran Sungai Ciujung yang termasuk wilayah Cagar Budaya Pegunungan Kendeng.

Biar nggak makin penasaran, Minjo spill itinerary nih!

Day 1 – Trip ke Baduy

Meeting point untuk trip kali ini adalah Stasiun Rangkas Bitung, kita akan bertemu pada pukul 09.00 WIB. Perjalanan akan kita mulai pada pukul 11.00 WIB ke Desa Ciboleger. Pukul 12.00 WIB kita akan makan siang dan istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Nah, pada pukul 13.00 WIB kita akan mulai trekking melintasi Baduy Luar dan Baduy Dalam. Di sini, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Baduy dan melihat suku asli yang sedang menenun. Beranjak malam, kamu bisa bersih-bersih di homestay kemudian lanjut berkeliling desa menunggu makan malam. Serunya, kamu akan ada sesi malam keakraban, mendengarkan kisah kehidupan penduduk Baduy Dalam langsung dari sumbernya. Hingga tiba pukul 21.00 WIB kita akan beristirahat di homestay untuk bersiap menyambut keesokan hari dan melanjutkan eksplor Baduy.

Baca juga: 4 Kampung Adat di Sekitar Jakarta, Ada yang di Jaksel!

trip ke baduy, suku baduy, baduy dalam, baduy luar, banten, kampung cikeusik, kampung cikertawana, kampung cibeo, pu'un, open trip, pigijo, kawanjo,
Oleh-oleh yang bisa dibeli dari Baduy

Day 2 – Trip ke Baduy

Hingga hari ke-2 tiba, waktu menunjukkan pukul 05.00 WIB dan suasana desa di pagi hari sungguhlah nikmat. Udara yang sejuk akan membuat liburanmu makin berkesan. Apalagi, kamu akan melihat bermacam aktivitas dan berinteraksi dengan penduduk Baduy Dalam. Pukul 06.00 WIB kamu juga berkesempatan memiliki oleh-oleh khas yang ada di Baduy Dalam. Ini jarang ada lho di luaran. Setelah berpamitan, hingga pukul 08.00 WIB kita kembali menelusur alam untuk kembali ke Desa Ciboleger/Desa Cikuom via jembatan akar yang keren banget.

Perlu diketahui, ada banyak sekali aturan yang mesti kita patuhi saat berada di kawasan Baduy Dalam, seperti jangan membuat kebisingan, dilarang memotret atau bentuk dokumentasi apapun, dan masih banyak lagi. Itu menjadi suatu keharusan jika kita ingin pergi ke kawasan Baduy ya, Kawanjo. Waktu menunjukkan pukul 13.00 WIB, maka trip ke Baduy pun selesai.

Baca juga: Ngetrip Sambil Cobain Kuliner Khas Banten, Cobain Nih 5 Rekomendasinya

trip ke baduy, suku baduy, baduy dalam, baduy luar, banten, kampung cikeusik, kampung cikertawana, kampung cibeo, pu'un, open trip, pigijo, kawanjo,
Hasil tenun penduduk Baduy

By the way, dengan membeli paket trip ke Baduy ini kamu juga akan mendapatkan:

  1. Transportasi dari Stasiun Rangkasbitung ke Ciboleger (PP)
  2. Homestay 1 malam
  3. Makan 2x
  4. Izin masuk Baduy
  5. Guide lokal
  6. Tour leader

Bagaimana Kawanjo? Menarik dan penasaran, ya? Yuk, buktikan langsung kesakralan kawasan Baduy bersama Pigijo! Caranya gampang banget, kamu bisa order dengan klik di bawah ini:

cover email

Well, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo!

Penulis: Juwita Qhalby H.

0 comments on “Gak Sampai 300 Ribu Udah Bisa Trip ke Baduy? Berangkat, Kuy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.