Konser Musik Jazz 2023
PigiNews PigiUpdate

Semakin Terpikat Setelah Menikmati Empat Konser Musik Jazz 2023 di Bulan Juni dan Juli

Ada empat konser musik jazz 2023 yang dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli ini.

Alunan nada-nada syahdu membahana di angkasa Nusantara selama beberapa waktu ini. Ada empat konser musik jazz 2023 yang dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli ini. Pertunjukan yang kesemuanya dihelat secara meriah tersebut menjadi hal yang mampu mencetak pengalaman berharga. Bukan hanya bagi penonton namun juga penampilnya, yaitu musisi jazz yang totalitas menghibur. 

Mengenal Musik Jazz

Mengenal Musik Jazz
Mengenal Musik Jazz

Merasa enjoy ketika mendengar Tompi menyanyi? Atau turut berdendang saat Tulus membawakan lagunya? Bisa jadi Kawanjo menggemari genre jazz. Dua artis terkenal tersebut merupakan contoh penyanyi jazz yang sering meramaikan dunia musik tanah air. Selain mereka ada juga nama-nama legendaris seperti Dwiki Dharmawan, Fariz RM, Indra Lesmana, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Lagi Viral, Suasana Amazon di Wisata Silowo Merakurak Tuban

Sejarah Musik Jazz

Musik jazz lahir di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Musik ini muncul dari percampuran budaya dan pengaruh musik Eropa, musik Afrika, dan musik tradisional Amerika. Pertemuan harmoni yang unik antara elemen-elemen ini menciptakan aliran musik yang segar dan penuh ekspresi.

Musik jazz telah menjadi bagian penting dalam perkembangan musik tanah air. Pertama kali, musik ini diperkenalkan pada era kolonial oleh musisi Belanda dan Amerika.  Jazz segera menemukan tempat di hati masyarakat Indonesia. Pada tahun 1930-an, musik jazz mulai populer di kalangan para musisi dan pecinta musik tanah air. Di era 1960-an, jazz mulai merambah ke industri musik populer Indonesia. Melalui karya-karya tokoh musik jazz ternama seperti Fariz RM dan Ireng Maulana. Konser musik jazz pun semakin hari semakin bermunculan dan berhasil memikat hati banyak orang.

Ciri-ciri Musik Jazz

Ciri-ciri Musik Jazz
Ciri-ciri Musik Jazz

Salah satu ciri musik jazz adalah improvisasi yang bebas. Para musisi memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi melodi, harmoni, dan ritme secara spontan dalam setiap penampilan mereka. Mereka tak takut berimprovisasi dan mengekspresikan perasaan dengan cara yang unik dan tak terduga sekalipun.

Improvisasi yang dilakukan secara spontan itu mengharuskan para musisi untuk berkomunikasi dengan anggun. Baik dengan musisi lain dalam satu panggung maupun dengan penonton.  Hal ini menciptakan pengalaman musik yang unik dan mengesankan. Bukan hanya untuk para penampil namun juga pendengar.

Dalam hal memilih nada, musik jazz memilih akord-akord nan kompleks. Sehingga terciptalah warna harmoni yang khas. Para musisi jazz sering memasukkan elemen blues dalam  seperti penggunaan akord blues. Juga skala dan frase blues yang memberikan nuansa emosional.

Adapun alat musik jazz yang sering digunakan dalam konser musik jazz sangatlah beragam. Dalam setiap penampilan, musisi bisa jadi menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon

Baca Juga : Glamping Menoreh Punya Laut di Puncak Gunung, Bisa Ngapain Aja?

Konser Musik Jazz 2023
Konser Musik Jazz 2023
Konser Musik Jazz 2023

Di Indonesia, acara konser muzik jazz kerap diadakan untuk merayakan keindahan alunannya. Acara-acara tersebut diadakan juga dalam rangka mendukung perkembangan industri musik jazz Nusantara. Yang menarik, beberapa diantaranya dikemas anti mainstream. Karena juga bertujuan untuk mengekspos budaya dan kearifan lokal.

Tercatat, dalam kurun waktu bulan Juni hingga Juli, beberapa kali dilaksanakan konser musik jazz 2023. Terdapat empat yang kesemuanya adalah acara yang ditunggu oleh banyak penggemar baik di tanah air maupun luar negeri. Yakni:

  1. Java Jazz

Salah satu konser musik jazz 2023 besar yang baru-baru ini digelar adalah Java Jazz Festival. Festival ini telah menjadi ikon acara musik jazz terbesar di Asia dan menjadi ajang bagi para musisi jazz ternama dari dalam dan luar negeri untuk tampil di hadapan ribuan penonton yang antusias. Berlangsung sejak tahun 2005, kali ini Java jazz dilaksanakan di 2 sampai 4 Juni 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

  1. Prambanan Jazz
Prambanan Jazz 2023
Prambanan Jazz 2023

Suasana semakin syahdu ketika akord khas musik Jazz ditampilkan di depan candi Prambanan. Ditambah dengan permainan lighting yang mendukung, pengalaman menikmati konser musik jazz 2023 jadi hal yang berharga. Selain sebagai ajang menampilkan karya musisi Jazz dan musisi lintas genre dari dalam hingga luar negeri, acara ini juga bertujuan lain. Yakni untuk mengabarkan lebih luas tentang kemegahan Candi Prambanan sebagai aset wisata Nusantara. Karena acara ini dilaksanakan di pelataran candi Hindu terbesar di Indonesia. Pada tanggal 7 sampai 9 dan 14 sampai 16 Juli 2023.

  1. Bromo Jazz Festival 
Bromo Jazz Festival  2023
Bromo Jazz Festival  2023

Jika Prambanan Jazz Festival menampilkan kemegahan candi, pada konser musik Jazz 2023 yang ini mengusung keelokan Gunung Bromo. Ya, menjadi salah satu program Jazz gunung, Bromo Jazz Festival 2023 dilaksanakan pada 21-22 Juli 2023. Dengan tempat yang tetap sejak pelaksanaan pertama 14 tahun silam, di Amfiteater Terbuka Bromo, Jiwa Jawa Resort Bromo, Probolinggo, Jawa Timur pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Jazz Gunung Bromo menjadi event musik Jazz Etnik berskala Internasional yang memadukan harmonisasi  musik, gunung, dan manusia. Sehingga terangkum dalam tema acara, “Indahnya Jazz, Merdunya Gunung”.

  1. Ubud Village Jazz Festival

Dari Bromo, mari beralih ke pulau Dewata. Pada 28-29 Juli juga tengah dilaksanakan konser musik Jazz 2023. Di pelaksanaan yang kesepuluh kalinya, Ubud Village Jazz Festival dilaksanakan di ruang terbuka hotel Sthala Ubud. Sebagaimana sebelum-sebelumnya, acara yang sempat terhenti karena pandemi di seluruh dunia ini kembali dengan sihir kreativitasnya. Dimana acara bisa menyedot banyak pengunjung. Baik itu mereka para penggemar musik jazz ataupun tidak. Sebab panitia tak hanya menampilkan musisi dalam dan luar negeri. Acara ini juga membuka ruang untuk bisnis kuliner lokal serta perusahaan kecil dari sektor kreatif. 

 dan terus menarik minat para pecinta jazz dari seluruh dunia. Di setiap penyelenggaraannya, festival ini menghadirkan berbagai genre jazz, mulai dari jazz klasik, jazz modern, hingga fusion jazz. Selain konser musik, festival ini juga menampilkan pameran alat musik, workshop musik, dan berbagai aktivitas yang melibatkan komunitas musik jazz.

Baca Juga : Ngetrip Seru ke Gunung Bromo Cuma 300 Ribu

dari dunia musik di Indonesia. Pesona harmoni yang mempesona dari musik jazz telah mengilhami banyak musisi dan pecinta musik tanah air. Konser jazz besar seperti Java Jazz Festival membuktikan bahwa jazz tetap relevan dan menarik perhatian banyak orang. Dengan semakin berkembangnya industri musik jazz di Indonesia, jazz terus menjadi salah satu genre musik yang tak tergantikan dan memberikan kontribusi besar dalam perkembangan musik tanah air.   

0 comments on “Semakin Terpikat Setelah Menikmati Empat Konser Musik Jazz 2023 di Bulan Juni dan Juli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.