Es Krim Zangrandi
Local Experiences

Es Krim Zangrandi yang Ikonik Sedunia versi Taste Atlas 

Kini giliran es krim zangrandi yang mendapat pengakuan dari Taste Atlas

Kini giliran es krim khas Indonesia yang mendapat pengakuan dari Taste Atlas. Ya, baru-baru ini website ensiklopedia kuliner dunia tersebut memasukkan kedai Zangrandi dan kedai Ragusa dalam daftar 100 es krim paling ikonik versi Taste Atlas. Jika Ragusa Jakarta memiliki varian es krim spaghetti, es krim Zangrandi varian tutti frutti yang berhasil mencuri perhatian.

Sejarah Es Krim Zangrandi

Sejarah Es Krim Zangrandi
Sejarah Es Krim Zangrandi

Kecuali yang sedang sakit gigi, hampir semua orang menyukai es krim. Rasa lembut dalam setiap sendokan yang melekat di lidah memberi sensasi menyenangkan. Apalagi bila minuman dingin ini dibuat dengan resep istimewa penuh kasih dan sayang.

Sebagaimana es krim zangrandi yang menjaga kualitas bahan dan pengolahannya. Dengan resep warisan secara turun temurun, setiap gigitan dari es krim Zangrandi memberikan sensasi lembut dan kaya rasa.

Es Krim Zangrandi berawal dari ide cemerlang seorang imigran Italia bernama Roberto Zangrandi dan pasangannya. Pada tahun 1930, mengingat cuaca Surabaya yang panas nian, mereka mencoba membuat es krim. 

Hingga akhirnya pasangan tersebut memberanikan diri membuka sebuah warung es krim dengan nama ‘R Zangrandi. Mereka menyediakan tiga pilihan menu yaitu Tutti Frutti, Macedonia, dan es krim Soda. Dengan bakat kuliner dan rasa kreativitasnya, es krim yang unik dan lezat ini segera menarik perhatian. Dahulu banyak kaum sosialita Belanda yang menjadi pelanggan tetapnya. Hingga akhirnya banyak kalangan yang menggemari dan turut menikmati es krim Zangrandi.

Sayangnya, pada tahun 1960 pasangan Zangrandi harus kembali ke Italia. Kepalang tanggung dengan bisnisnya yang sudah memiliki banyak pelanggan, akhirnya seorang Adi Tanumulia mengambil alih.  Kedai Zangrandi pun kemudian menyediakan lebih banyak pilihan rasa. Meskipun begitu, pemilik baru tetap mempertahankan resep dan tradisi pembuatan milik nyonya Zangrandi.

Baca Juga : Ulik Fakta Es Campur Betawi yang Legendaris

Ciri Khas Es Krim Zangrandi

Ciri Khas Es Krim Zangrandi
Ciri Khas Es Krim Zangrandi

Sejak awal diracik, es krim zangrandi memang menggunakan bahan-bahan segar. Seperti susu, gula, dan buah harus dipastikan bagus kualitas dan kesegarannya. Tanpa bahan pengawet, zangrandi menjamin kualitas gizi menunya. 

Pembuatannya pun hingga kini diupayakan dengan cara meminimalisir penggunaan mesin. Maka, terciptalah es krim dengan cita rasa yang autentik dan tak tertandingi. Kualitas rasa dan resep rahasia inilah yang membawa kenikmatan ikonik bagi setiap penikmatnya. 

Varian Menu Es Krim Zangrandi 2023

Varian Menu Es Krim Zangrandi 2023
Varian Menu Es Krim Zangrandi 2023

Adi Tanumulia sebagai penerus usaha es krim zangrandi ternyata juga memiliki insting dan selera yang keren. Terbukti beliau bisa mengembangkan kuliner khas Surabaya ini. Berbagai varian rasa dalam menu spesial semakin banyak. Menjadi pilihan bagi para penikmat es krim ikonik ini.

Baca Juga : Trip 3 Hari Cuma Sejuta, Eksplor Belitung Bareng Pigijo Dijamin Untung

Berikut adalah beberapa varian menu dari es krim zangrandi:

  1. Tutti Frutti
Tutti Frutti es krim zangrandi
Tutti Frutti es krim zangrandi

Inilah menu yang masuk dalam 100 es krim ikonik sedunia versi Taste Atlas. Menu klasik Zangrandi yang telah ada sejak awal berdiri. Sebuah es krim yang tampil dalam bentuk segitiga.  Dengan kombinasi  potongan buah, es krim ini mampu membawa sensasi kegembiraan untuk penikmatnya. Adapun rasa es krim yang bisa dipilih adalah moka, vanila, rasberi, dan stroberi 

  1. Noodle Ice Cream

Bentuknya bergelombang seperti pasta spaghetti, es krim vanila ini sungguh menggoda. Apalagi dipadukan dengan taburan kacang serta saus coklat yang manis dan gurih. 

  1. Freezing Barbeque

Jika barbeque biasanya dengan bara api panas, di zangrandi punya yang sebaliknya. Ya, ada barbeque dengan sensasi dingin yang menggelitik. Di dalamnya terdapat perpaduan es krim coklat, vanila, dan rasberi dengan buah kiwi, persik, dan ceri. Kemudian dioles saus coklat nan nikmat. Hmm… Terciptalah barbeque anti mainstream. Dingin-dingin segar!

  1. Bali Dream

Meski sedang berada di kota Pahlawan Surabaya, menu es krim zangrandi satu ini bakal mengajak ke pulau Dewata. Menikmati seporsi potongan buah persik, nanas, dan lengkeng lalu dibubuhi es krim vanila dan kopyor. Serasa sedang berada di pantai pulau Bali!  

  1. Rainbow

Selain bentuk scoop dalam mangkok atau gelas, zangrandi juga memiliki varian es krim iris. Menu rainbow ini merupakan lapisan es krim coklat, kue vanila, es krim stroberi, dan slagroom. Memandang penampilannya saja memberikan keindahan pada setiap lapisan.

Selain menu es krim, ada juga beragam minuman lain. Seperti aneka soda dan air mineral. Sebagai pelengkap, ada juga menu makanan ringan yang tak kalah menarik minat. Yakni risoles, kroket, siomay, pastel, lumpia, dan french fries.

Penting untuk diperhatikan bagi muslim yang ingin menikmati es krim zangrandi. Beberapa menunya menggunakan rhum yang tidak bisa dikonsumsi. Karena itu, pastikan dengan jelas, mana hidangan yang halal dan bisa dinikmati.

Baca Juga : 26 Macam Es khas Nusantara yang Enak Untuk Buka Puasa

Lokasi Es Krim Zangrandi
Lokasi Es Krim Zangrandi
Lokasi Es Krim Zangrandi

Graha Ice Cream Zangrandi adalah nama untuk membeli minuman ikonik versi Taste Atlas ini. Beralamatkan di Jalan Yos Sudarso Nomor 15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Lokasinya strategis karena  berada di dekat Alun-Alun Surabaya, Kompleks Balai Pemuda. 

Seketika nuansa kolonial Belanda akan menyambut ramah. Tertata dengan apik dan penuh perhatian, setiap elemen interior graha es krim zangrandi terdiri dari dua area. Yaitu ruang indoor dan teras yang lebih luas.

You can’t buy happiness. But you can buy ice cream and that is pretty much the same thing (anonymous). Es krim zangrandi membuktikan hal tersebut. Seolah mengajak berwisata dalam keelokan rasa yang ikonik, kebahagiaan akan menelusup dalam sanubari.

0 comments on “Es Krim Zangrandi yang Ikonik Sedunia versi Taste Atlas 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.