Kuliner khas Banten
Local Experiences

Ngetrip Sambil Cobain Kuliner Khas Banten, Cobain Nih 5 Rekomendasinya

Liburan atau ngetrip tanpa cobain kuliner khas destinasi wisata yang dituju, rasanya pasti ada yang kurang

Banten kawanjo punya banyak destinasi wisata menarik buat ngetrip. Banten sendiri adalah provinsi yang dulunya itu merupakan bagian dari Jawa Barat loh! Letaknya gak jauh dari Ibukota Jakarta, tetapi bisa dipastikan Banten punya pengunjung yang tinggi setiap tahunnya. Tidak heran antusias masyarakat buat ngetrip ke Banten sangat besar dan banyak, khususnya di kalangan wisatawan lokal. Cocok buat weekend trip dan staycation. 

Di Banten itu ada Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sawarna, Pantai Carita dan juga Taman Nasional Ujung Kulon. Eit… tapi selain destinasi wisata menarik yang cocok buat ngetrip, di Banten juga banyak kok kulinernya, dan ini khas di sini loh ya! Kuy kepoin dan dicoba, cocok banget ngetrip ke Banten sambil cobain kulinernya khasnya. 

Baca Juga : Catat, 7 Rekomendasi Kuliner Halal di Ubud!

1. Sate Bandeng

Kuliner khas Banten
Sate Bandeng cocok nih dicari buat kamu yang mau ngetrip ke Banten

Untuk kuliner khas Banten pertama itu ada namanya sate bandeng. Kawanjo pasti pernah cobain ini nih. Sate bandeng jelas berbeda dari sate pada umumnya yang menggunakan daging ayam dan sapi. Sate bandeng berbahan dasar ikan bandeng. Tenang, ikan bandengnya sudah aman kok jadi kamu gak bakal menemukan tulang.  Perpaduan daging bandeng yang digiling halus dan juga bumbu-bumbu dapur lainnya membuat sate khas Banten ini paling dicari. 

2. Sayur Besan

Kuliner khas Banten
Sayur besan ini sangat gurih, jadi cocok dicoba saat ngetrip ke Banten

Ini idola sih! Patut dicobain kawanjo kalau ngetrip ke Banten. Ada satu spot enak makan sayur besan tepatnya di perbatasan antara Banten dan Bogor. Tapi, kalau mau cari lokasi lain juga boleh kok. Sayur besan ini terkenal berasal dari Betawi dan Banten. Pokoknya warna sayurnya kuning dan ada tebu telur atau terubuk yang pada umumnya saat ini memang sulit dicari kawanjo. Makanya sedap sekali deh, dijamin nagih.

3. Rabeg

Kuliner khas Banten
Mirip dengan tongseng tetapi beda kok, wajib dicobain nih kawanjo pas ngetrip ke destinasi wisata Banten

Ada yang sudah pernah mendengar atau mencoba makanan bernama Rabeg ini belum? Ini adalah kuliner olahan daging kambing berkuah, mirip dengan semur atau tengkleng. Hanya saja Rabeg adanya di kota Cilegon dan Serang. Menurut sejarah, Rabeg adalah makanan yang dihidangkan untuk mengobati kerinduan Sultan Banten ( Sultan Maulana Hasanuddin)  akan tanah Arab. 

4. Angeun Lada

Kuliner khas Banten
Buat pecinta jeroan dan pedas, cocok nih cobain kuliner khas Banten ini

Makanan khas Banten yang berakar dari masyarakat Sunda. Angeun artinya sayur dan lada berarti pedas. Buat yang suka dan hobi makan jeroan, cocok banget nih! Ngetrip ke Banten sambil berburu kuliner angeun lada. Soalnya bahan bakunya adalah babat sapi dan campuran sayur. Tidak lupa juga bahan baku utama daun khas bernama daun walang. 

5. Gerem Asem

Kuliner khas Banten
Daging bebek atau ayam di gerem asem sangatlah nikmat

Kalau di suku Betawi ada juga nama makanan yang disebut sayur garang asem. Tapi ini berbeda kawanjo. Gerem asem ini berbahan baku daging bebek atau ayam. Ada satu lokasi kuliner gerem asem yang disukai banyak orang termasuk Sandiaga Uno yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Maklum saja, rasa pedas dan asam yang mampu menggoyang lidah, menjadikan kuliner gerem asem khas Banten ini juga jadi rekomendasi saat ngetrip. 

Gimana, sudah lapar belum? Cek paket wisatanya di sini, siapa tahu bisa ketemu destinasi menarik di Banten sekalian berburu kuliner ini kawanjo. Dijamin maknyus deh.

Baca Juga : Memburu 5 Kuliner Tradisional, Pecinta Pedas Wajib Tahu

0 comments on “Ngetrip Sambil Cobain Kuliner Khas Banten, Cobain Nih 5 Rekomendasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.