pulau rote cover image
PigiUpdate

4 Hari di Pulau Rote Cuma 4 Juta? Sikat Paketnya!

Pulau Rote adalah kepingan surga yang tertinggal di Indonesia. Eksplor Rote tentunya adalah pilihan yang tepat. Yuk, ngetrip 4 hari di Pulau Rote bareng Minjo! Info selengkapnya ada di sini.

Pulau Rote adalah kepulauan yang paling selatan di Indonesia. Rote termasuk ke dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kawasan ini terdiri dari puluhan pulau, yang mana enam pulau di antaranya adalah pulau yang berpenghuni dan terkenal sebagai salah satu “surganya” pantai dan laut di Indonesia.

Pulau Rote memiliki luas sekitar 1.200 km persegi dan terdiri dari 12 kecamatan dengan ibu kota kabupaten Rote Ndao. Pulau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, terutama pantai-pantainya yang memesona. Salah satu pantai terkenal di Pulau Rote adalah Nembrala Beach, pantai ini menjadi tempat favorit para peselancar karena ombaknya yang cukup tinggi dan cocok untuk surfing. Selain itu, ada juga Pantai Bo’a yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih.

Baca juga: Open Trip Raja Ampat Cuma 6 Jutaan, Cek Sebelum Kehabisan!

Tak hanya pantai, Pulau Rote juga memiliki beberapa objek wisata alam yang dapat dikunjungi, antara lain Goa Kristal, Air Terjun Oeseli, dan Gunung Puncak Do’o. Goa Kristal adalah gua yang memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah, sementara Air Terjun Oeseli menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Gunung Puncak Do’o adalah gunung tertinggi di Pulau Rote, yang menawarkan pemandangan indah dari puncaknya.

Untuk menuju Pulau Rote, Kawanjo dapat menggunakan transportasi udara dengan pesawat terbang dari Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, ke Bandara Rote atau menggunakan transportasi laut seperti kapal feri dari Pelabuhan Tenau Kupang ke Pelabuhan Ba’a Rote.

Dikarenakan keindahan alamnya yang luar biasa, Minjo mau ajak Kawanjo untuk langsung membuktikannya. Minjo sudah siapkan paket wisata yang cocok banget, nih. Dengan harga Rp4.100.000,- Kawanjo sudah bisa eksplor Pulau Rote yang cantik selama 4 hari 3 malam! Wah, ngetrip 4 hari di Pulau Rote, mantap banget, kan?

Tanpa basa basi terlalu jauh, langsung aja deh Minjo spill destinasi mana saja yang akan kita kunjungi selama ngetrip 4 hari di Pulau Rote, simak baik-baik, ya!

Day 1 – Trip 4 Hari di Pulau Rote

Setelah kita bertemu di meeting point yang telah ditentukan, destinasi pertama yang akan kita tuju adalah Telaga Nirwana. Jernihnya air membuat kamu dengan mudah melihat dasar telaga. Kumpulan ikan yang berenang bebas akan menyapamu juga. Airnya yang tenang sangat cocok untuk melakukan aktivitas seperti berenang, kano, dan paddle. 

4 hari di pulau rote, telaga nirwana, pantai oeseli, pantai oelangga, pantai loedik, bukit dano fulak, pantai nembrala, seed resort, pantai tolanamon, air terjun oefamba, pantai oesosole, mangrove oenggae,
Indahnya Telaga Nirwana membuat banyak orang menyebutnya kepingan surga di Pulau Rote.

Tak puas hanya bermain di sana, Minjo akan ajak kamu untuk menuju Pantai Oeseli. Yaitu sebuah pantai pasir putih yang dihiasi dengan banyak batu cadas. Saking banyaknya, batu cadas ini bertumpuk dan menjadi satu, seolah menjadi gerbang pintu masuk raksasa ke Rote. Oeseli memiliki pantai yang masih bersih dan belum tercemar.

pantai nembrala,
Pantai Nembrala, Pulau Rote.
 
Selanjutnya, kita bakal eksplor pantai lagi. Salah satu pantai yang wajib masuk dalam daftar liburanmu adalah Pantai Nembrala. Pantai ini memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan. Pasir putih yang halus, air laut yang jernih, dan ombak yang tenang menjadikan pantai ini cocok untuk berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam. Tak hanya itu, Pantai Nembrala juga memiliki hamparan terumbu karang yang masih alami dan menjadi rumah bagi berbagai spesies ikan dan biota laut.

Day 2 – Trip 4 Hari di Pulau Rote

Pantai Tolanamon adalah destinasi pertama yang akan kita kunjungi di hari kedua ini. Keindahan Pantai Tolanamon di Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini belum banyak dikenali wisatawan lokal apalagi wisatawan asing. Cocok banget nih buat kamu yang nggak suka hal-hal anti mainstream!

panati oeseli, pulau rote,
Pantai Tolanamon, Pulau Rote.

Ada yang bisa tebak destinasi selanjutnya? Hmm, Minjo spill aja, deh! Air Terjun Oefamba yang terletak di Desa Kolobolon, Kec. Lobalain, Kab. Rote Ndao. Air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak kunjungi oleh wisatawan lokal sebagai pilihan tempat refreshing yang sangat cocok untuk mengisi liburan. Destinasi Wisata Alam yang akses masuknya tidak jauh dari Kota Ba’a (Ibukota Kab.Rote Ndao) ini memiliki 3 tingkat susunan air terjun yang indah Sepanjang 100 meter yang menambah pesona indahnya.

4 hari di pulau rote, telaga nirwana, pantai oeseli, pantai oelangga, pantai loedik, bukit dano fulak, pantai nembrala, seed resort, pantai tolanamon, air terjun oefamba, pantai oesosole, mangrove oenggae,
Potret Air Terjun Oefamba, NTT.

Wisata Rote yang selanjutnya kita kunjungi adalah Mata Air Oemau. Objek wisata ini dinilai sangat unik karena mata air yang mengalir tidak pernah kering, meskipun pada musim kemarau sekalipun. Mata air di sini sangat jernih dan segar. Waktu melihat airnya, dijamin kamu bakal nggak sabar untuk nyebur!

pulau rote, mata air oemau,
Mata Air Oemau, Rote.

Selepas dari pantai, Minjo mau ajak kamu merasakan angin sepoi-sepoi dari atas Bukit Dano Fulak. Hamparan hijau yang membentang luas seakan-akan memanggil Kawanjo untuk berlari-lari di sana. Lanskap yang sangat cantik! 

4 hari di pulau rote, telaga nirwana, pantai oeseli, pantai oelangga, pantai loedik, bukit dano fulak, pantai nembrala, seed resort, pantai tolanamon, air terjun oefamba, pantai oesosole, mangrove oenggae,
Cantiknya lanskap Bukit Dano Fulak di sore hari.

Indahnya Bukit Dano Fulak tidak akan cukup membuat kita puas, karena masih banyak sekali destinasi di Rote yang harus dikunjungi.

Day 3 – Trip 4 Hari di Pulau Rote

Di hari ketiga ini, kita bakal puas-puasin main di pantai. Hari ini kita bakal eksplor 3 pantai cantik yang ada di Rote. Yang pertama adalah Pantai Oelangga, yang kedua Pantai Oenggae, dan yang ketiga Pantai Batu Termanu.

pantai oelangga, rote,
Pesona Pantai Oelangga, Rote.

Salah satu keunikan Pantai Oelangga adalah keberadaan hamparan karang panjang bersama dengan deburan ombak besar di sekelilingnya. Kehadiran karang selanjutnya berguna sebagai penghalang ombak, sekaligus tawarkan pesona alam eksotis yang jarang ada di area lain. Oelangga terbentuk dari teluk yang mengarah ke daratan. Kawasannya memang tidak begitu luas, tapi keindahannya terlalu sukar terukur atau terdeskripsikan dengan kata-kata.

Media Blog 14
Pantai Oenggae, Rote.

Lanjut ke destinasi kedua hari ini, kita melipir ke Pantai Oenggae. Pantai ini terletak di Kecamatan Pantai Baru, sekitar 24 km dari Kota Ba’a atau sekitar 35 menit menggunakan kendaraan pribadi. Daya tarik pantai ini terletak pada sejumlah pohon mangrove yang hidup berkelompok serta beberapa pohon yang sudah mengering tanpa daun. Vegetasi pepohonan ini menjadi latar yang epic saat matahari terbenam yang keindahannya mirip dengan mangrove dipantai Walakiri, Sumba Timur yang popular dengan spot sunset yang memukau.

batu termanu, rote,
Sunset di Batu Termanu, Rote.

Yuk, menuju destinasi terakhir! Setelah ini, kita akan bergeser ke Batu Termanu. Batu Termanu merupakan salah satu obyek wisata yang cukup dikenal oleh kalangan wisatawan karena memiliki nilai history yang sangat menarik untuk di ketahui. Selain itu, obyek wisata ini juga memiliki view pantai yang indah dikala sunset. Untuk menikmati pemandangan menarik di Batu Termanu, Kawanjo di sarankan untuk naik ke puncak bukit kecil di arel batu tersebut.

Day 4 – Trip 4 Hari di Pulau Rote

Di hari terakhir ini, Minjo akan ajak kamu ke Kampung Tenun untuk berbelanja berbagai macam buah tangan yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan yang akan mengingatkan kamu dengan betapa indahnya alam dan suasana Pulau Rote.

Nah, itu dia itinerary trip selama 4 hari 3 malam di Pulau Rote. Seru banget, kan? Oiya, harga yang telah Minjo sebutkan sebelumnya meliput beberapa hal ini:

  1. Pick up airport
  2. Homestay
  3. Guide local
  4. Fast speed boat express bahari
  5. Entrance fee
  6. Meals
  7. Mineral water
  8. Documentation

Yuk, langsung aja sikat paketnya di sini:

cover email

Well, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo!

0 comments on “4 Hari di Pulau Rote Cuma 4 Juta? Sikat Paketnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.