4 Spot Wisata Pulau Pahawang, Maldives Versi Indonesia!
Local Experiences

4 Spot Wisata Pulau Pahawang, Maldives Versi Indonesia!

Lagi-lagi tentang pesona bawah laut Indonesia tersayang. Kali ini cerita bersumber dari samudera Lampung, tentang destinasi wisata Pulau Pahawang

Lagi-lagi tentang pesona bawah laut Indonesia. Kali ini cerita bersumber dari Samudera Lampung, tentang destinasi wisata Pulau Pahawang. Di mana banyak orang jadi senang setelah menyelam dan berenang. Eh ternyata, keindahan tak hanya datang dari dalam lautannya, tapi juga daratan yang luas terpampang. Bahkan beberapa orang menyebut Pulau Pahawang sebagai Maldives-nya Indonesia!

Deskripsi Pulau Pahawang

Wisata Pulau Pahawang,
Deskripsi Pulau Pahawang

Pahawang merupakan nama desa yang terletak di kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Dengan luas kurang lebih, 1.084 Hektar, Desa Pahawang terbagi dalam enam dusun, yakni Pahawang, Suakbuah, Penggetahan, Jeralangan, Kalangan, dan Cukuhnyai.

Pulau Pahawang memiliki potensi geografis menarik baik di daratan maupun lautan. Wilayah daratnya merupakan hutan dan di daerah pantai terdapat hutan mangrove.  Ada juga kawasan pesisir yang terdiri dari laut, pantai, rawa, daratan dan daerah perbukitan. Terdapat juga pulau-pulau kecil di kawasan Teluk Lampung. Sedangkan, penampakan bawah laut sekitar Pulau Pahawang berhasil membuat banyak orang tertarik untuk datang.

Pulau Pahawang terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah Pahawang Besar, sebuah pulau berpenghuni. Sedangkan satunya adalah Pulau Pahawang kecil yang tidak berpenghuni. Sehingga wisatawan bisa puas mengeksplorasi alamnya.

Baca juga: Rekomendasi 3 Wisata Banda Neira, Menikmati Serpihan Surga dari Timur

Wisata Pulau Pahawang

Wisata Pulau Pahawang,
Wisata Pulau Pahawang

Salah satu potensi dari Pulau Pahawang adalah dunia pariwisata. Kini daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata di Lampung favorit banyak orang. Baik turis nasional maupun mancanegara. Bila memutuskan untuk nge-trip di sini, Kawanjo akan disuguhi penampakan alam yang mempesona dan masih asli, jarang terjamah. Terutama di Pulau Pahawang kecil yang memang tidak berpenghuni.

Selain hutan nan hijau, Kawanjo bisa membuktikan betapa menariknya pantai di pulau ini. Putih bersih berkilau, direngkuh oleh lautan dengan air yang jernih. Jangan salah. Pesonanya tidak berhenti di atas daratan saja. Dijamin Kawanjo akan terpikat dengan pemandangan bawah laut yang tak kalah indah.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata Pulau Pahawang yang biasa dikunjungi wisatawan:

  1. Kelagian Kecil
    Wisata Pulau Pahawang,
    Wisata Pulau Pahawang Kelagian Kecil

    Pulau Kelagian ada dua, yang besar dan kecil. Penamaan tersebut berdasarkan ukuran yang sebenarnya. Pulau tak berpenghuni ini disebut juga dengan Kelagian Lunik. Lunik berarti kecil. Selain itu, masyarakat juga menyebutnya sebagai Pulau Marinir. Sebab Pulau Kelagian Kecil biasa digunakan untuk latihan militer oleh Tentara Angkatan Laut. Sehingga

    Meski begitu, saat hari biasa wisatawan masih bisa mengunjungi dan mengeksplorasi Pulau Kelagian Lunik. Panorama dan keasrian pantainya sangatlah menarik. Jauh dari polusi, membuat udara menjadi segar. Sedang, ombaknya yang tenang bisa jadi tempat bermain air yang aman.

    Sebagai tambahan, pesisirnya dikelilingi dengan pasir putih dan air lautnya sangatlah jernih. Sampai-sampai bisa melihat dasar laut secara langsung. Namun bila ingin lebih dekat menikmati keindahan terumbu karang, Kawanjo bisa melakukan snorkeling. Kawanjo juga bisa menyewa kano kemudian mengayuhnya berkeliling perairan.

  2. Cukuh Bedil
    Wisata Pulau Pahawang,
    Taman Nemo Cukuh Bedil.

    Pulau Pahawang memiliki beberapa spot snorkeling. Salah satunya adalah Cukuh Bedil. Dengan  kedalaman 2-4 meter, Kawanjo bisa menikmati keindahan taman bawah laut. Nampak beragam terumbu karang dengan ikan-ikan cantik yang hilir mudik.

    Terdapat spot foto underwater yang wajib coba. Yakni dengan plang sebagai foreground bertuliskan “Taman Laut Pahawang” dan taman transplantasi terumbu karang.

  3. Taman Nemo
    Wisata Pulau Pahawang,
    Taman Nemo Pahawang.

    Di titik ini, juga terdapat plang di bawah air dengan tulisan terbaca “Taman Nemo”. Kawanjo pun bisa berfoto di dekat situ. Sekaligus menikmati keindahan biota laut yang banyak ditemukan di sini. Layaknya melihat tokoh Nemo dan ayahnya dalam film ‘Finding Nemo’,

    Di sinilah tempatnya, Kawanjo bisa melihat ikan-ikan nemo berenang lincah keluar masuk anemon laut yang menjadi rumahnya. Tiada rasa takut, bahkan justru hendak mengajak bermain sesiapa yang sedang berenang di dekat mereka.  Ternyata, Taman Nemo merupakan tempat budidaya ikan nemo (ikan badut). Setiap sekitar enam bulan sekali, petani nemo mencari bibit-bibit ikan badut di perairan pulau-pulau kecil untuk dibudidayakan.

  4. Gosong BekriMengeksplorasi candi di darat itu sudah biasa. Yang luar biasa bila Kawanjo mengambil gambar atau berkeliling di candi bawah laut. Ya, itulah yang dimiliki Gosong Bekri atau Gusung Bekri. Apalagi ditambah dengan kehidupan biota laut seperti ikan badut atau Nemo yang gemar sekali berenang gesit di sini.Apabila laut sedang surut, sangatlah mudah bila Kawanjo ingin berkunjung ke Gosong Bekri. Berbeda lagi jika sedang pasang, dimana Kawanjo memerlukan tenaga ekstra untuk sampai di candi. Namun tenang saja, ada ahli khusus yang siap membantu.

    Baca juga: Eksotisme Desa Wae Rebo Raih Peringkat Dua Desa Terindah di Dunia

    Keindahan wisata Pulau Pahawang memang tak tertolak. Terdapat banyak spot menarik yang bisa dikunjungi dan ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan. Sebagai catatan, untuk bisa menikmati semua pesonanya, Kawanjo bisa menggunakan jasa travel atau tour operator. Tak perlu susah payah, Pigijo siap mengantar dan menemani perjalanan nge-trip di Maldives-nya Indonesia!

0 comments on “4 Spot Wisata Pulau Pahawang, Maldives Versi Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.