tol trans jawa,
Local Experiences

5 Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa, Sudah ke Sana?

Kabar gembira bagi pengguna jalan tol untuk mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini. Terdapat diskon mulai 20 persen yang ditujukan kepada pengguna tol. Nah, hal ini jadi kesempatan untuk sekalian nge-trip ke tempat wisata sepanjang tol Trans Jawa. Bikin nuansa mudik dan balik jadi lebih bervariasi.

Siapa yang kemarin mudik lewat tol Trans Jawa? Kawanjo tahu nggak sih, kalau di sepanjang jalur tol Trans Jawa, ada beberapa destinasi wisata yang recommended lho!

Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa

Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa
Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa

Jaringan jalan tol Trans Jawa menghubungkan kota-kota di pulau Jawa, Indonesia. Dengan rute sepanjang ±1.167 km, tol  Trans Jawa membentang dari Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur. Nah, sepanjang itulah, ada banyak sekali tempat wisata sepanjang jalurnya. Di antaranya:

  1. Pantai Anyer
    Pantai Anyer Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa
    Pantai Anyer

    Pantai Anyer adalah destinasi wisata yang harus untuk dikunjungi. Tepatnya beralamatkan jalan Raya Anyer, Sindanglaya, Kabupaten Cilegon, Serang, Provinsi Banten. Berhentilah sejenak dan nikmati keindahan alamnya. Pandanglah pantai yang memiliki pasir putih terhampar luas dan air laut yang memukau.

    Jika ingin berlama-lama, selain menikmati pemandangan, Kawanjo juga bisa selfie di spot-spot foto yang menarik, mengendarai ATV, serta menikmati keindahan matahari terbenam. Jangan lupa membuktikan kelezatan kuliner lokal Banten seperti nasi sumsum dan olahan ikan bandeng yang menggugah selera.

  2. Pemandian Guci
    Pemandian Guci Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa
    Pemandian Guci

    Pemandian Guci cocok banget untuk tempat relaksasi, menghilangkan penat selama perjalanan. Letaknya tidak jauh dari gerbang tol Slawi, berada di lereng gunung Slamet pada ketinggian antara 1.050 m – 1.250 m dpl. Tepatnya di Desa Rembul Kecamatan Bojong dan Desa Guci Kecamatan. Bumijawa.

    Mitosnya, air di pemandian ini adalah milik Walisongo yang diberikan pada masyarakat sekitar. Adapun air ditampung dimasukkan guci atau genthong. Hingga kini, pemandian ini terkenal pula dengan khasiat bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Terdapat beberapa pancuran yang merupakan fasilitas umum di area wisata Guci seperti Pancuran 5, 7, dan 13, serta kolam alami.

    Baca juga: 7 Rekomendasi Sleeper Bus untuk Mudik, Nyaman dan Menyenangkan!

  3. D Tjolomadoe
    D Tjolomadoe Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa
    D Tjolomadoe

    Jika Kawanjo penggemar tema aesthetic, silakan ke tempat ini. Sebuah tempat yang dulunya merupakan pabrik gula kemudian dijadikan objek wisata museum, pusat konvensi, dan kawasan komersial. Mesin-mesin raksasa dengan bintik-bintik karat tetap ada, guna menyampaikan wawasan sejarah pada Kawanjo dan pengunjung lainnya.

    Pabrik gula yang memiliki luas 1,3 ha  di atas lahan 6,4 hektar  ini terletak di Jalan Adisucipto Nomor 1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berjarak sekitar  5,4 km ke arah tenggara dari Bandara Internasional Adisoemarmo dan sangat dekat dengan pintu keluar Tol Colomadu.

  4. Saloka Theme Park
    Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa Saloka Theme Park
    Saloka Theme Park

    Pantas bila Saloka Theme Park menjadi destinasi wisata di Semarang yang viral. Banyak orang yang berkunjung ke sini dengan alasan salah satunya adalah kemudahan akses. Jika melalui tol Solo Semarang, Kawanjo cukup keluar melalui gerbang tol Bawen. Adapun alamat lengkapnya adalah di Jalan Fatmawati Nomor 154, Gumuksari, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

    Alasan terkuat selanjutnya adalah Saloka Theme Park merupakan tempat wisata yang cocok bagi seluruh anggota keluarga. Dengan berbagai wahana permainan dan hiburan yang tersedia dalam 4 kawasan tema yang berbeda, Kawanjo dapat menikmati berbagai aktivitas menyenangkan mulai dari bianglala hingga ekowisata bersama-sama. Jangan lupa abadikan kebersamaan setahun sekali ini, untuk dikenang di masa mendatang.

  5. Duran Duren
    Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa Duran Duren
    Duran Duren

    Penggemar durian wajib mampir ke tempat wisata di Jombang Jawa Timur ini. Bagaimana tidak, terdapat lebih dari 400 pohon durian dengan ragam jenis, termasuk bido, musang king, bawor, montong, duri hitam, dan petruk. Agrowisata Duran Duren ini terletak di Dusun Notorejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Sekitar setengah jam perjalanan dari pusat Kota Jombang.

    Selain menjadi tempat agrowisata, Duran Duren juga menghadirkan panorama indah pegunungan yang memukau bagi pengunjung. Berbagai fasilitas tersedia di sini, termasuk restoran yang menyajikan hidangan olahan durian dan hidangan nusantara lainnya. Selain itu, terdapat kebun durian, mini zoo, Taman Hobbit, area bermain, penginapan, water boom dan kolam renang dewasa, serta sejumlah spot foto menarik.

Baca juga: Kereta Cepat Trans Borneo Hubungkan 3 Negara. Bakal Tembus IKN!

Jadi, ada yang sudah kamu kunjungi atau belum, nih?

0 comments on “5 Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa, Sudah ke Sana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.