Destinasi Wisata di Ibukota Baru
Local Experiences

5 Destinasi Wisata di Ibu Kota Baru yang Disebut ‘Nusantara’

Di tahun 2022 Pemerintah sudah putuskan. Ya, Indonesia sudah punya Ibukota baru bernama Nusantara. Tepatnya berada di Kalimantan Timur

Siap! Indonesia akan punya Ibukota baru yang berada di Kalimantan Timur. Dan semua sudah menyepakati dengan sebutan baru yaitu Nusantara. Presiden Jokowi sudah mengumumkan keputusan ini pada beberapa waktu lalu. Lokasi Ibukota baru bernama Nusantara ini berada di dua kabupaten yaitu Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Keren kan?

Baca Juga : Menyapa Pesut Mahakam di Desa Wisata Pela, Kalimantan Timur

Ibukota baru juga akan dekat dengan Balikpapan nih nantinya. Balikpapan merupakan kota industri di Kalimantan Timur kawanjo. Tidak hanya itu saja, namanya juga Ibukota sudah pasti aksesnya mudah nih. Ada jalan tol dari Ibukota Kalimantan Timur Samarinda. Eh bicara soal Ibukota negara baru ini, sebenarnya ada destinasi wisata apa aja sih yang bisa kita kunjungi kalau berada di Nusantara?

1. Desa Wisata Dayak Pampang, Samarinda

Destinasi Wisata di Ibukota Baru
Desa wisata dayak juga bisa jadi destinasi wisata bagus untuk belajar lagi budaya Kalimantan Timur

Indonesia itu kaya kawanjo. Mulai dari alam sampai kebudayaan. Di Ibukota negara baru bernama Nusantara ada destinasi wisata menarik buat belajar budaya. Terutama bagi kawanjo yang tertarik budaya khas suku Dayak. Desa wisata Dayak Pampang bisa jadi destinasi wisata pilihanmu. Di sini kawanjo akan disuguhkan berbagai tarian daerah yang indah dan penuh dengan makna. Mulai dari tari ajay pilling, hudog, kanjet anyam tali, nyalama sakai, dan kancet lasan. Tarian ini ditampilkan di rumah adat suku Dayak, Lamin Pamung Tawai.

2. Pulau Kemala, Samarinda

Destinasi Wisata di Ibukota Baru
ada sky tower dengan ketinggian 100 meter di destinasi wisata Ibukota baru Nusantara ini kawanjo

Buat orang yang baru-baru ini jadi kontroversi karena menjelekan Kalimantan Timur yang dinaungkan jadi Ibukota Negara baru bernama Nusantara sebagai jin buang anak, sebaiknya cek dulu deh paket wisata menariknya di sini. Biar tahu, kalau di sana itu indah banget! Salah satunya lagi adalah pulau kemala. Di sini kamu disajikan pemandangan indah da budaya kerennya.

Objek wisatanya juga banyak, mulai dari sky tower 100 meter dan kereta gantung. Ada juga cottage untuk mereka yang ingin bermalam, bahkan terdapat sebuah akuarium raksasa berisi ikan pesut dan lumba-lumba air tawar.

3. Pantai Lamaru, Balikpapan

Destinasi Wisata di Ibukota Baru
Pantai biasanya panas kan? Di sini pantainya sangatlah asri sekali

Di sini itu pemandangannya luar biasa dan ciamik karena banyak sekali pohon-pohon cemara di sekelilingnya. Baru kali ini ada pantai yang sangat asri, belum lagi banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga dan sahabat. Piknik, berenang, naik perahu dan juga duduk santai melihat birunya lautan

4. Wisata Alam di Bukit Bangkirai

Destinasi Wisata di Ibukota Baru
Bukit Bangkirai juga seru nih buat di eksplore. Pohonnya tinggi-tinggi banget, apalagi canopy bridgenya keren

Sabi nih kawanjo kalau ngetrip ke  sini mah! Ibukota negara baru Nusantara mah gak ada matinya soal destinasi wisata. Selanjutnya adalah Bukit Bangkirai yang ada di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Bukit Bangkirai ini bisa dicapai dari Balikpapan menggunakan kendaraan selama 1,5 jam. Kenapa disebut bukit bangkirai?

Hal ini dikarenakan banyak sekali pohon Bangkirai yang memiliki tinggi 50 meter lebih di sini. Tidak hanya itu, usia pohon di sini diperkirakan mencapai 150 tahun. Selain kehadiran Pohon Bangkirai, adanya Canopy Bridge atau jembatan gantung yang menjadi wahana favorit pengunjung ketika mengunjungi Bukit Bangkirai.

5. Kampung di atas air

Destinasi Wisata di Ibukota Baru
Rumah-rumah berada di atas laut, ya di sini saja kawanjo.

Kampung Atas Air Margasari Balikpapan ini pernah berhasil meraih penghargaan Inovasi Management Perkotaan (IMP) Award 2013. Destinasi wisata ini disebut sebagai Kampung di atas Air karena memang perkampungannya di sini itu dibangun diatas air laut kawanjo. Bahkan rumah-rumahnya juga berjejer di atas bangunan jembatan yang terbuat dari kayu ulin.

Kamu di sini bisa liat area konservasi mangrove, dan obor kilang yang nyaris gak pernah padam. Kamu juga bisa kulineran kok di sini.  Keren kan destinasi wisata yang ada di Ibukota baru Indonesia bernama Nusantara ini. Makanya, daripada ketinggalan ada destinasi wisata aja, mendingan cek paket wisata dan open trip menariknya di sini kawanjo. 

Baca Juga : Yuk Ngetrip ke Surga Pesut di Kaltim: Desa Wisata Pela

0 comments on “5 Destinasi Wisata di Ibu Kota Baru yang Disebut ‘Nusantara’

Leave a Reply

Your email address will not be published.