Kuliner Solo
Local Experiences

Enam Rekomendasi Kuliner di Solo, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

Bagi pecinta kuliner wajib banget nyoba berbagai kuliner di Solo.

Kawanjo lagi mencari surga kuliner di Jawa Tengah? sudah tentu Solo jawabannya. Kota dengan semboyan spirit of java ini menyimpan kekayaan kuliner yang dijamin memuaskan perut Kawanjo.

Tentunya ada banyak alasan kenapa Kawanjo harus banget nyicipin kuliner di Solo. Sebab, tidak seperti kuliner-kuliner khas wilayah Jawa lain, kuliner Solo punya rasa beragam, tidak cuma legit. Mau pedas sampai gurih ada semua di Solo.

BACA JUGA: 4 Tempat Wisata yang Pantang Terlewat saat Imlek di Singkawang

Nah, biar Kawanjo enggak makin penasaran, yuk simak rekomendasi enam kuliner Solo yang wajib dicoba Kawanjo dan pastinya bikin lidah bergoyang:

  1. Selat Solo Mbak Lies
Enam Rekomendasi Kuliner di Solo, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Selat Solo

Selat merupakan kuliner berupa potongan daging giling bersama makanan pelengkap lainnya seperti berbagai sayuran ditambah karbohidrat seperti kentang. Untuk mencicipi kenikmatan Selat Kawanjo harus banget ke Solo. Sebab, Selat sangat jarang ditemui di wilayah lain di luar Solo.

Salah satu restoran Selat Solo paling populer di Solo adalah Selat Solo Mbak Lies. Warung makan ini berlokasi di Jalan Veteran Cerengan Solo. Kenikmatan Selat Solo yang bercita rasa pedas asin akan terasa semakin nikmat di warung Mbak Lies.

  1. Sate Kere Yu Rebi
Enam Rekomendasi Kuliner di Solo, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Sate kere Yu Rebi

Bukan cuma Madura atau Padang punya kuliner sate yang lezat. Solo juga punya. Nama sate khas Solo adalah Sate Kere. Berbeda dengan sate Madura dan Padang Sate Kere Solo didominasi jeroan sapi dicampur sedikit daging.

BACA JUGA:  Hobi Memancing? Wajib Kunjungi 5 Lokasi di Bogor Ini!

Salah satu warung Sate Kere ternama di Solo adalah Sate Kere Yu Rebi yang berlokasi di Jalan Kebangkitan Nasional. Sate ini bukan hanya lezat, harganya pun terjangkau bagi semua kalangan. Saking lezatnya sate, warung Sate Kere Yu Rebi jadi langganan Presiden Joko Widodo.

  1. Tahu Kupat Pak Brewok
Enam Rekomendasi Kuliner di Solo, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Tahu Kupat

Kuliner selanjutnya yang harus dicicipi Kawanjo di Solo adalah Tahu kupat. Kuliner ini berupa ketupat, tahu goreng, mie kuning, kol, dan tauge. Isian tersebut dilengkapi air bawang dan kuah kecap serta irisan daun seledri dan bawang goreng.

Di Solo penjual Tahu Kupat begitu banyak. Tapi, yang rasa tidak main-main salah satunya Kupat Tahu Pak Brewok. Berlokasi di Jalan RM Said, Kupat Tahu Pak Brewok selalu menjadi buruan penikmat kuliner dari dalam maupun luar Solo.

  1. Warung Pecel Bu Kis
Enam Rekomendasi Kuliner di Solo, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Pecel Bu Kis

Belum wisata kuliner di Solo kalau belum menyantap pecel. Hidangan sayuran disiram bumbu kacang ini jadi salah satu yang paling populer di seantero Solo dan Jawa Tengah.

Salah satu warung Pecel yang jadi rekomendasi kami buat Kawanjo adalah warung Pecel Bu Kis. Terletak di belakang Pengadilan Negeri Solo, kenikmatan warung Pecel Bu Kis sudah terkenal di seluruh Solo, maka jangan heran saat Kawanjo berkunjung ke sana harus rela antre untuk merasakan kenikmatan kuliner ini.

  1. Nasi Liwet Wongso Lemu
Enam Rekomendasi Kuliner di Solo, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Nasi Liwat

Bagi Kawanjo yang masih asing dengan Nasi Liwet, kuliner ini berupa nasi putih ditambah sayur labu, telur rebus dan irisan ayam. Nasi Liwet merupakan salah satu kuliner paling diburu di Solo.

Salah satu warung Nasi Liwet paling terkenal di Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Warung ini masuk ke dalam daftar kuliner legendaris di Solo, sebab, warung itu sudah berdiri semenjak 1950. Bagi Kawanjo yang mau menikmati Nasi Liwet Wongso Lemu tinggal cus ke Jl Teuku Umar, Keprabon Solo.

  1. Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer
Enam Rekomendasi Kuliner di Solo, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Tengkleng Bu Edi

Penikmat kuliner bercita rasa gurih, harus banget nyicip Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer. Tengkleng adalah makanan berupa nasi putih yang disiram kuah kuning dengan lauk jeroan sapi beserta tulang sapi.

Warung Bu Edi merupakan salah satu tempat makan paling populer di kota Solo. Saking ramainya, warung yang buka jam 14.00, hampir setiap hari ludes dalam waktu beberapa jam. Jadi yang mau nyobain Tengkleng Bu Edi wajib banget datang sebelum buka. Kan lebih baik ngantri dari pada sudah jauh-jauh datang malah habis hehehe.

Itu tadi enam kuliner yang wajib Kawanjo cicip saat ngetrip ke Solo. Habis lihat daftar kuliner yuk Kawanjo intip paket wisata menarik dari kami di sini.

Baca Juga : Kuliner Ekstrem Ini Ada di Indonesia Loh! Berani Coba?

0 comments on “Enam Rekomendasi Kuliner di Solo, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

Leave a Reply

Your email address will not be published.