kurma, timur tengah, bulan ramadan, bulan puasa, nabi, buah suci, buka puasa, berbuka dengan yang manis, kurma arab, makanan khas timur tengah, timur tengah
Local Experiences

5 Destinasi Wisata Kurma Favorit di Indonesia

Memasuki Bulan Ramadan, popularitas buah satu ini kembali menyeruak. Asalnya dari Timur Tengah, namun sepertinya banyak yang belum mengetahui jika buah otentik bulan puasa ini banyak ditemukan di Indonesia.

Kurma memang berasal dari Timur Tengah, memiliki rasa yang khas dan memiliki karakteristik yang berbeda, tergantung kondisi di mana kurma itu ditanam. Di Indonesia setidaknya ada lima destinasi yang bisa kamu datangi untuk icip-icip kurma. Bagi kalian penyuka kurma, kami persembahkan lima destinasi wisata kurma di indonesia.

1. Kebun Kurma Pasuruan

kurma, timur tengah, bulan ramadan, bulan puasa, nabi, buah suci, buka puasa, berbuka dengan yang manis, kurma arab, makanan khas timur tengah, timur tengah, wisata kurma, kebun kurma, kurma pasuruan, kebun kurma pasuruan, Kurma Ajwah, kurma Emirat, kurma Khilaf, kurma Sayer, kurma Barhee, kurma Lulu, kurma Sultana, kurma Madjoel,
Foto seperti ini mengakibatkan bawaan oleh-oleh yang melebihi batas.


Wisata Kurma kita awali dengan kebun kurma yang berada di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Di atas lahan seluas 3.7 hektar terdapat kurang lebih 150 pohon kurma dewasa yang tumbuh subur dan ada sekitar 400 pohon yang masih terbilang muda. Kurma yang ditanam terdiri dari berbagai varietas, seperti Kurma Ajwah, Emirat, Khilaf, dan Sayer. Pengembangannya juga sampai ke kultur jaringan, dan menghasilkan varietas Barhee, Lulu, Sultana, dan Madjoel.

Dijamin, wisata kurma kalian tidak akan membosankan di sini. Selain punya banyak varietas yang bermacam-macam, kita juga bisa menikmati keindahan Kebun Kurma Pasuruan.

2. Kawasan Kebun Kurma Indonesia Kampar (KKIK) Riau

kurma, timur tengah, bulan ramadan, bulan puasa, nabi, buah suci, buka puasa, berbuka dengan yang manis, kurma arab, makanan khas timur tengah, timur tengah, wisata kurma, kebun kurma, kurma pasuruan, kebun kurma pasuruan, Kurma Ajwah, kurma Emirat, kurma Khilaf, kurma Sayer, kurma Barhee, kurma Lulu, kurma Sultana, kurma Madjoel, Kebun Kurma Indonesia Kampar, KKIK, kurma riau, kurma kampar, kebun kurma kampar, kurma indonesia, wisata kurma indonesia,
Sekalian belajar jenis-jenis kurma juga seru Kawanjo.


Wisata kurma selanjutnya ada di Desa Ranah Sungkai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Tidak main-main, dalam kawasan seluas 500 hektar yang dikelola oleh PT. Kawasan Kurma Indonesia (KKI) ini terdapat kebun kurma yang cukup besar. Terhitung 194 hektarnya ditanami kurma dan dikelola PT KKI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Beberapa tanaman di sini sudah berbuah lebat dan cukup menghasilkan. Lokasi kawasan ini juga berdekatan dengan danau PLTA Koto Panjang yang bisa kita kunjungi. View-nya cukup menarik Kawanjo. Lumayan buat update foto profil.

Baca juga :
Catat, 7 Rekomendasi Kuliner Halal di Ubud!
Bulan Puasa Masih Bisa Diet? Ini 6 Tip Sehatnya

3. Kurma Masjid Al-Barkah Bekasi

kurma, timur tengah, bulan ramadan, bulan puasa, nabi, buah suci, buka puasa, berbuka dengan yang manis, kurma arab, makanan khas timur tengah, timur tengah, wisata kurma, kebun kurma, kurma pasuruan, kebun kurma pasuruan, Kurma Ajwah, kurma Emirat, kurma Khilaf, kurma Sayer, kurma Barhee, kurma Lulu, kurma Sultana, kurma Madjoel, Kebun Kurma Indonesia Kampar, KKIK, kurma riau, kurma kampar, kebun kurma kampar, kurma indonesia, wisata kurma indonesia, Kurma bekasi, masjid al barkah, al barkah
Panen kurma di Masjid Al-Barkah, Bekasi.


Wisata kurma yang satu ini lokasinya cukup unik karena berada dalam kawasan masjid di Jalan Veteran Nomor 46, Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan. Tak banyak, sekitar 20 pohon kurma yang tumbuh dengan subur. Dari semua pohon itu, tak jarang ada pohon yang sudah berkali-kali berbuah lebat. Tak sedikit pula warga yang ingin berkunjung untuk melihat langsung pohon kurma di sini. Namanya tempat ibadah, masuknya juga cuma-cuma kawanjo. Buat kalian yang domisili di Jakarta dan sekitarnya, boleh berkunjung nih.

4. Bangka Botanical Garden (BBG)

kurma, timur tengah, bulan ramadan, bulan puasa, nabi, buah suci, buka puasa, berbuka dengan yang manis, kurma arab, makanan khas timur tengah, timur tengah, wisata kurma, kebun kurma, kurma pasuruan, kebun kurma pasuruan, Kurma Ajwah, kurma Emirat, kurma Khilaf, kurma Sayer, kurma Barhee, kurma Lulu, kurma Sultana, kurma Madjoel, Kebun Kurma Indonesia Kampar, KKIK, kurma riau, kurma kampar, kebun kurma kampar, kurma indonesia, wisata kurma indonesia, Kurma bekasi, masjid al barkah, al barkah, bangka botanical garden, BBG, BBG belitung, kurma belitung, laskar pelangi,
Auto siapin kamera ini sih.


Nah ini juga menarik Kawanjo. Selain memang ingin merasakan liburan di pantainya film Laskar Pelangi, kalian juga bisa menjumpai Bangka Botanical Garden (BBG) yang menjadi salah satu destinasi wisata wajib saat bertandang ke Kepulauan Bangka Belitung. Agrowisata BBG ini terletak di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang. Di lahan bekas tambang timah di BBG, terdapat kebun kurma yang tumbuh subur. Tak kurang dari 600 pohon kurma ditanam di tempat ini dan cukup produktif.

5. Kebun Kurma Barbate Aceh

kurma, timur tengah, bulan ramadan, bulan puasa, nabi, buah suci, buka puasa, berbuka dengan yang manis, kurma arab, makanan khas timur tengah, timur tengah, wisata kurma, kebun kurma, kurma pasuruan, kebun kurma pasuruan, Kurma Ajwah, kurma Emirat, kurma Khilaf, kurma Sayer, kurma Barhee, kurma Lulu, kurma Sultana, kurma Madjoel, Kebun Kurma Indonesia Kampar, KKIK, kurma riau, kurma kampar, kebun kurma kampar, kurma indonesia, wisata kurma indonesia, Kurma bekasi, masjid al barkah, al barkah, bangka botanical garden, BBG, BBG belitung, kurma belitung, laskar pelangi, kebun kurma barbate, kurma barbate, kurma aceh, ATV, wahana
Seru nih kawanjo. Putar keliling kebun kurma pakai ATV.


Beralih ke kebun kurma lainnya yaitu Kebun Kurma Barbate Aceh yang berada di Lembah Barbate, Blang Bintang, Aceh Besar. Konon, sebelum jadi kebun kurma, lahan di Berbate ini merupakan tanah tandus yang akhirnya dimanfaatkan oleh sekelompok petani. Kabarnya tanah gersang tersebut dibersihkan menggunakan alat berat, lalu ditanami bibit kurma yang didatangkan langsung dari Inggris hingga dikembangkan menjadi agrowisata.

Ada banyak jenis kurma yang ditanam di Kebun Kurma Barbate, tetapi kebanyakan adalah jenis Kurma Barhee. Karena luas kebun kurma yang cukup besar, disarankan untuk berkeliling dengan membawa kendaraan pribadi, boleh mobil atau motor. Enaknya lagi kondisi jalanan di sini sudah dibenahi sehingga kita bisa lalui dengan mudah. Kebun Kurma Barbate ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti mushala dan tempat beristirahat.

Itu dia wisata kurma yang teman-teman bisa datangi di Indonesia. Beberapa tempat cukup mudah dijangkau dan tentunya bisa merasakan sensasi rasa dari buah kurma di tiap daerah. Jadi ke mana tujuan pertamamu? Well, wisata kurma bisa jadi pilihan tepat ketika Kawanjo semua menginginkan wisata yang berbeda di bulan Ramadan.

Jika masih bingung menentukan destinasi wisata yang tepat, kalian boleh cek di sini untuk cari referensi destinasi wisata yang keren-keren. Selamat mencari Kawanjo!

Baca Juga : Kemenparekraf Jadikan Bali Destinasi Medical Tourism Kelas Dunia

0 comments on “5 Destinasi Wisata Kurma Favorit di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.