PigiUpdate

5 Hal Seru di Keris Kamardikan Award 2024!

Keris Kamardikan Award 2024, keris, keris kamardikan award, bursa keris, jual beli keris

Dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia dan hari lahirnya semangat baru Keris Kamardikan yang diproklamasikan pada bulan Agustus 2008, Komunitas Cinta Budaya (KCB) menggelar event bertajuk Keris Kamardikan Award 2024 di Taman Benyamin Sueb, Jatinegara, Jakarta Timur pada 21-25 Agustus 2024.

Event ini kurang lebih berisi penilaian Keris Kamardikan yang nantinya dibungkus dalam bentuk award, Pameran Keris, Lelang, Bursa Keris serta Bazar UMKM. Selain itu, Keris Kamardikan Award’24 akan menampilkan banyak penampilan menarik seperti Srawung Budaya II, dengan Orasi Budaya (aspiratif untuk Pelestarian Budaya), kesenian Betawi Gambang Kromong, Pencak Silat Keris, Wayang Jendra serta kesenian lain yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: 17 Tahun Jadi Warisan Budaya UNESCO, Pameran Keris Indonesia for Charity and Humanity Dihelat

Berikut sederet keseruan yang bakal terhelat di Keris Kamardikan Award 2024

  1. Sidhikara Pusaka
Pameran Keris Indonesia for Charity and Humanity, keris, keris kamardikan award 2024, sidhikara pusaka
Sidhikara Pusaka, penyucian pusaka yang akan diselenggarakan dalam acara Keris Kamardikan Award 2024

Sidhikara Pusaka itu sendiri merupakan kegiatan membersihkan pusaka agar tetap terawat dengan baik. Biasanya kegiatan ini digelar setiap bulan suro atau bulan muharam. Selain Sidhikara Pusaka, pada malam rembulan purnama tersebut akan diadakan Siraman Pengasihan, sebuah ritual untuk menyucikan diri dari hal-hal buruk. Acara ini terselenggara sebagai pelayanan kemasyarakatan bagi yang membutuhkan.

  1. Keris Kamardikan Award
Pameran Keris Indonesia for Charity and Humanity, keris, keris kamardikan award
Penobatan keris terbaik akan diumumkan di acara Keris Kamardikan Award 2024

Keris Kamardikan Award’24 adalah penilaian Keris Kamardikan terbaik. Sebagai implementasi dari konsep pelestarian dalam agenda menyambut keris sebagai karya budaya adiluhung yang sudah familiar dengan masyarakat. So, kamu penggemar keris, jangan sampai ketinggalan menyimak keris mana yang menyandang gelar terbaik.

  1. Orasi Budaya dan Wayang Jendra
Keris Kamardikan Award 2024, Keris Kamardikan Award, orasi budaya
Orasi budaya akan turut meramaikan Keris Kamardikan Award 2024

Di malam puncak Keris Kamardikan Award 2024, akan banyak menampilkan seni pertunjukkan budaya seperti Orasi dan Wayang Jendra. Sesi orasi budaya akan dibawakan beberapa orator kawakan seperti Ida Sekar Kinasih, Zastrouw Al-Ngatawi dan Dimas Tunjung. Sementara Wayang Jendra adalah seni pertunjukkan wayang berupa pitunduh pembacaan isyarat semesta untuk keberadaban manusia menuju kebangkitan budaya Nusantara. Pertunjukkan wayang ini dibawakan oleh Dalang Pandu Surya Hamiseno.

  1. Pameran Keris
Keris Kamardikan Award 2024, keris, keris kamardikan award, bursa keris, jual beli keris, pameran keris
Pameran keris juga akan terhelat di Keris Kamardikan Award 2024

Perhelatan ini juga diramaikan para pecinta keris se-Nusantara. Di sini para kolektor keris akan menampilkan keris-keris kebanggaannya. Kamu yang datang dijamin akan berdecak kagum dengan cerita dan keindahan filosofi yang terukir pada keris-keris yang dipamerkan.

  1. Bursa Pusaka Keris
Keris Kamardikan Award 2024, keris, keris kamardikan award, bursa keris, jual beli keris
Bursa keris juga menjadi salah satu daya tarik acara Keris Kamardikan Award 2024.

Pameran Keris Indonesia juga akan diramaikan dengan Kerismart, atau bursa pusaka keris baik kuno maupun keris-keris baru. Buat para kolektor keris, tentunya event ini sangat menarik. Salah satu keris yang ditampilkan merupakan karya seniman perupa Toni Junus Kanjeng ngGung.

Semua momen ini diadakan dengan tujuan mendorong kegiatan pelestarian keris secara nasional, memperkenalkan perkerisan kepada masyarakat serta membangun kembali gairah para kolektor, penggemar keris dan para empu muda untuk bangkit berkarya. Siap lestarikan budaya Nusantara? Kami tunggu kedatangan Kawanjo semua di event Keris Kamardikan Award 2024.

0 comments on “5 Hal Seru di Keris Kamardikan Award 2024!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.