5 Hidden Gems di Sangihe, Mulai dari Air Terjun hingga Gunung Bawah Laut
Local Experiences

5 Hidden Gems di Sangihe, Mulai dari Air Terjun hingga Gunung Bawah Laut

Mau cari wisata alam apapun ada di Pulau Sangihe.

Kabupaten Sangihe yang berjarak 249 kilometer dari Sulawesi Utara menyimpan segudang hidden gems untuk dieksplor. Meski namanya tak sepopuler lokasi wisata lain di Sulut seperti Bunaken atau Likupang, Kawanjo wajib tahu Sangihe disebut-sebut sebagai masa depan pariwisata di bumi Nyiur Melambai.

Prediksi itu bukan datang tanpa alasan. Meski tempatnya agak terpencil dan tidak terlalu luas, Sangihe menyimpan hidden gems berupa wisata alam yang spektakuler. Hebatnya lagi Kawanjo, berbagai macam wisata alam ada di Sangihe. Mulai dari pantai, air terjun, puncak, sampai yang jarang ada di tempat lain seperti gunung api bawah laut ada di Sangihe.

BACA JUGA: Mau Ngetrip ke Bromo? Ini 5 Tempat yang Hanya Bisa Dikunjungi Setelah Booking Online

Bila Kawanjo ingin mengeksplor hidden gems dan binggung tempat mana yang patung dikunjungi di Sangihe kami punya panduannya. Mulai dari dataran tinggi sampai bawah laut Sangihe akan kami berikan ulasannya agar Kawanjo makin ngiler untuk segera angkat backpack ke Sangihe.

Tapi, sebelum baca rekomendasi dari kami jangan lupa tetap patuh protokol kesehatan. Karena dengan dispilin protokol kesehatan maka pandemi COVID-19 yang berlarut-larut niscaya bakal segera minggat, Oke deh, tanpa berlama-lama ini 5 hidden gems di Sangihe yang kami rekomendasikan masuk itenerary Kawanjo:

1. Air Terjun Sura Kakewang

Air Terjun Sura Kakewang di Sangihe

Masih belum banyak informasi yang tersedia soal Air Terjun Sura Kakewang di Sangihe. Karena itu pula, curug kami tempatkan di posisi satu dalam daftar hidden gems di Sangihe. Air terjun ini letaknya di kaki Gunung Awu di Sangihe. Fyi Kawanjo, Gunung Awu masuk kategori aktif.

Akses utama untuk menuju Air Sura Kakewang memakai motor atau berjalan kaki sejauh dua kilometer dari jalan raya utama di Tahuna menuju Kecamatan Kandahe di utara. Lantaran jalan masih berbatu, mobil tidak bisa dibawa menuju ke hidden gems ini. Salah satu pemandangan utama air terjun setinggi 30 meter itu adalah lokasinya yang berada di tengah tebing bebatuan. Air di Sura Kakewang begitu jernih. Bahkan masyarakat setempat percaya mandi di Sura Kakewang bisa menyembuhkan penyakit.

2. Puncak Pusunge

Puncak Pusunge harus jadi pilihan wisata di Sangihe

Masih berada di kawasan dataran tinggi di Tahuna, Sangihe, Puncak Pusunge jangan sampai dilewatkan Kawanjo. Alasan utamanya, di samping pemandangan spektakuler dan bisa melihat suasana kota Tahuna dari atas, Puncak Pusunge adalah satu dari sedikit wilayah Sangihe berudara sejuk. Karena Sangihe adalah pulau, hawa panas dan lembab terasa hampir di seluruh sudut Sangihe.

BACA JUGA: Jebakan ‘Gimmick’ Instagramable Pada Destinasi Wisata di Indonesia

Menuju ke Puncak Pusunge yang masuk daftar hidden gems kami di Sangihe, tidak begitu sulit. Kawanjo cukup berkendara dengan mobil selama kurang lebih 20 menit dari pusat kota Tahuna. Sampai di Puncak Pusunge, Kawanjo bisa pula melihat dengan jelas Gunung Awu dan Pulau Tinakereng yang berada di sekitar.

3. Pantai Embuhanga

Pantai Embuhanga salah satu yang terbaik di Sangihe.

Setelah destinasi hidden gems di dataran tinggi, tidak afdol bila ngetrip di Tahunan tak mengunjungi pantai. Sudah kodratnya, setiap pulau di Nusantara punya pantai indah, termasuk pula di Sangihe. Pulau ini punya Pantai Embuhanga. Pasir putih lembut, deburan ombak tenang pasti membuat Kawanjo betah melepas penat sembari atau bermain air di Pantai Embuhanga.

Pantai Embuhanga tepatnya berlokasi di Tabukan Utara, Sangihe. Perkara mudah untuk sampai ke hidden gems satu ini. Jaraknya dari Tahuna cuma 30 menit perjalanan darat. Menuju Pantai Embuhanga Kawanjo bisa menggunakan seluruh moda transportasi yang adai Sangihe. Sebab, infrastruktur menuju Pantai Embuhanga sudah dibangun dengan baik oleh pemerintah lokal setempat.

4. Pulau Mendaku

Pulau Mendaku membuat Sangihe semakin indah

Kawanjo yang ngetrip di Sangihe harus mengunjungi Pulau Mendaku. Jaraknya sekitar tiga jam dari Tahuna. Kendati cukup jauh, untuk menuju ke Pulau Mendaku cukup mudah. Kawanjo bisa sewa kendaraan pribadi sampai naik angkutan umum desa tujuan Kampung Lapango hingga menyewa ojek. Sampai di pelabuhan kecil, Kawanjo tinggal melanjutkan perjalanan laut menggunakan speed boat menuju hidden gems ini.

Sampai di Pulau Mendaku Kawanjo bakal disuguhi pemandangan khas wisata pantai. Hamparan pasir putih di Pulai Mendaku pas untuk dijadikan alas Kawanjo santai-santai. Pantai dangkal, air jernih dan ombak kecil pasti akan membuat Kawanjo tergoda bermain air salah satu hidden gems di Sangihe ini.

  1. Gunung Api Mahangetang di Bawah Laut
Gunung Api Mahangetang wisata unik di Sangihe.

Bagi yang doyan menyelam Gunung Api Mahangetang yang berada di bawah laut Sangihe adalah hidden gems yang wajib dikunjungi. Yang ingin menyelam di sini mesti punya kemampuan diving mumpuni. Pasalnya, baru di kedalaman 10 sampai 20 meter di bawah laut Kawanjo baru bisa melihat ekosistem bawah laut dikelilingi Gunung Api. Mulai dari terumbu karang sampai biota laut lainnya jadi pemandangan luar biasa di sini.

Saking luar biasa indahnya ekosistem bawah laut di Gunung Api Mahangetang, beberapa wisatawan mancanegera menyebut, lokasi ini adalah salah satu paling indah di dunia. Untuk menuju Gunung Api Mahangetang, Kawanjo berangkat dari Tahuna menuju Desa Mahangetang di Pulau Mahangetang. Dari pulau menuju lokasi diving Underwater Volcana memakan waktu satu jam perjalanan memakai speed boat.

Gimana Kawanjo? sudah punya rekomendasi untuk ngetrip di hidden gems di Sangihen kan. Kalau sudah punya panduan dan daftar, waktunya Kawanjo untuk cek daftar paket wisata kami lainnnya di sini.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Surga Wisata di Sangihe yang Viral Karena Tambang Emas

0 comments on “5 Hidden Gems di Sangihe, Mulai dari Air Terjun hingga Gunung Bawah Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published.