Sandiaga Uno Canangkan Bima Jadi Destinasi Wisata Unggulan Baru
PigiNews

Sandiaga Uno Canangkan Bima Jadi Destinasi Wisata Unggulan Baru

Sandiaga Uno berharap Bima jadi magnet wisata Indonesia dalam waktu dekat.

Satu lagi wilayah di nusantara yang dicanangkan menjadi tujuan wisata bagi turis lokal maupun mancanegera di masa depan. Kali ini, Bima, Nusa Tenggara Barat tengah dipersiapkan menjadi primadona baru industri pariwisata nasional.

Target tersebut diusung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Dia menyebut bahwa Bima kini akan siap bersaing dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia. Hal tersebut ditegaskan Sandiaga saat kunjungan ke Desa Wisata Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.

BACA JUGA: Kawanjo, Waspadai 15 Gejala COVID-19 Ini ya

Di Desa tersebut Sandiaga melihat langsung salah satu situs bersejarah yang masih lestari di Bima hingga kini yakni Uma Lengge. Uma Lengge merupakan bangunan tradisional suku Mbojo yang mendiami wilayah yang kini masuk dalam Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.

Sandiaga Uno mengunjungi Bima

Bangunan di Bima tersebut mengundang decak kagum Sandiaga. Sebab, Uma Lengge berbentuk kerucut di bagian atap yang jarang ditemui pada bangunan khas lainnya di Indonesia. Pada zaman dulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat Wawo dan sebagian digunakan juga sebagai lumbung padi.

“Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi karena ini adalah situs warisan budaya dari para leluhur suku Mbojo yang memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata. Kami akan terus memberikan pendampingan di Desa Wisata Maria agar objek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia,” ucap Sandiaga di Bima beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Wow, Sandiaga Uno Juga Lagi Persiapkan Work From Jogja Loh!

Sandiaga Uno mengatakan, agar Bima bisa menjadi destinasi wisata primadona di masa depan maka meliputi seluruh aspek harus dipersiapkan. Salah satunya, penyusunan rencana pembangunan desa wisata dilanjutkan dengan pembangunan sumber daya manusia, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga desa wisata.

Sandiaga Uno kagium terhadap Uma Lengge di Bima.

Tak cuma itu, agar Bima bisa jadi tujuan wisatan nasional di masa depan, tindakan lain yang mesti dilakukan adalah pendampingan institusi desa wisata, serta pembangunan fisik atau infrastruktur dengan melibatkan kementerian dan lembaga-lembaga terkait.

BACA JUGA: Buktikan Mitos Cinta di 5 Destinasi Wisata Berikut Ini

“Bagi kami kebangkitan pariwisata ini dimulai dari desa wisata yang nantinya kita harapkan menjadi tonggak kebangkitan ekonomi. Kita ingin desa wisata hadir membuka peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja serta lapangan usaha seluas-luasnya untuk meningkatkan ekonomi rakyat yang sangat membutuhkan pertolongan. Dalam program pembangunan nasional banyak hal yang belum tersentuh dan bagi kami inilah program yang berkeadilan dan tepat sasaran,” kata dia.

Lebih lanjut, Sandiaga mengungkapkan dampak langsung dari kunjungan ke desa wisata, termasuk di Bima, yang dilakukan Kemenparekraf telah memacu kenaikan ekonomi desa yang sangat siginfikan terutama memasuki masa pemulihan pasca-pandemi virus corona.

Bima di masa mendatang akan jadi primadona wisata di Indonesia.

“Kami mendapat laporan, Desa Wisata Pujon Kidul
kabupaten Malang setelah disentuh dengan kunjungan oleh Kemenparekraf dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 kunjungannya meningkat. Nah, ini adalah dukungan konkret yang telah kami lakukan,” Sandiaga masih dalam kunjungannya di Bima.

Sandiaga pun berharap desa-desa wisata termasuk desa wisata di Bima, yang sudah mendapat kunjungan oleh Kemenparekraf mampu tumbuh dengan baik.

“Saya juga berharap Desa Wisata Maria dengan Uma Lengge ini naik kunjungannya, sehingga akan membuka lapangan usaha bagi warga desa di sini,” tegasnya.

Semoga keinginan Menteri Sandiaga Uno terkait Bima segera terwujud. Kini, waktunya Kawanjo untuk cek paket wisata seru dari kami di sini.

0 comments on “Sandiaga Uno Canangkan Bima Jadi Destinasi Wisata Unggulan Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.