Kuliner Khas Ramadhan Pontianak
Lifestyle Local Experiences

5 Kuliner Ramadhan Khas Pontianak, Ide Jualan Takjil Bisa Banjir Cuan

Buat yang mau cari cuan di Bulan Ramadhan, coba nih beberapa ide menu kuliner Ramadhan khas Pontianak!

Tak bisa dipungkiri, selama Ramadhan tingkat konsumsi masyarakat Indonesia justru meningkat. Hal ini membuka peluang bagi Kawanjo untuk bisa memulai bisnis kuliner. Memanfaatkan momen, lebih tepatnya. Lihat saja tahun-tahun sebelumnya, selama ramadhan selalu banyak usaha-usaha yang baru muncul. Bidang kuliner salah satunya. Kawanjo bisa memilih berjualan makanan tradisional Indonesia yang beragam. Cobalah ide jualan kuliner Ramadhan khas Pontianak yang tak kalah menarik dengan daerah lain.

Ide Jualan Takjil Ramadhan 2023

Ide Jualan Takjil Ramadhan 2023
Ide Jualan Takjil Ramadhan 2023

Berjualan makanan di bulan Ramadhan memang menguntungkan. Apalagi untuk berbuka puasa. Sebab waktu ini paling ditunggu oleh semua yang telah menahan haus serta lapar seharian. Maka, penjual takjil makanan dan minuman segar pasti ramai. Kawanjo bisa mencoba untuk memulai bisnis di Ramadhan 2023 ini.

Namun ternyata banyak juga yang berpikiran sama. Para penjual takjil dan makanan berbuka pasti banyak ditemui. Sehingga munculah saingan yang beragam. Sebab itu, Kawanjo harus mencari cara jitu menggaet pembeli. Salah satu caranya adalah dengan berjualan makanan yang terjamin rasanya, menarik, dan unik. Makanan tradisional Indonesia yang beragam, muncul bak cendawan di musim penghujan ketika Ramadhan datang. Banyak yang menjualnya sebagai hidangan takjil atau berbuka puasa. 

Baca juga : Dunia Kuliner Menggeliat Lagi, Inilah Makanan Khas Surabaya dengan Sambal Kacang

Ciri-ciri Kuliner Khas Pontianak

Kawanjo bisa memilih kuliner khas Pontianak. Karena ternyata di daerah ini banyak kue yang muncul hanya saat bulan puasa. Rasa dan bentuknya menarik, karena kota Khatulistiwa ini memiliki latar belakang budaya yang beragam, sehingga terjadi proses akulturasi. Bahkan sampai ke produk kulinernya yang memiliki perpaduan selera Melayu, Tionghoa, Jawa dan etnis lainnya.

Maka, berjajar dengan makanan serta minuman khas daerah lain, kuliner Pontianak khas Ramadhan mampu bersaing. Siap menggaet pembeli lebih banyak dan menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

Kuliner Ramadhan Khas Pontianak

Pontianak memiliki penduduk dari beragam etnis. Dan karena suku Tionghoa sebagai mayoritasnya, sehingga kuliner khas negeri China pun banyak terdapat di sini. Namun jangan khawatir, disebabkan telah menyesuaikan dengan bagian lain dari masyarakat, kuliner Pontianak juga banyak yang halal. Termasuk beberapa kuliner Ramadhan khas Pontianak.

Nah, kuliner Pontianak halal yang sering dijumpai saat bulan Ramadhan berikut ini bisa jadi ide jualan saat bulan suci tiba. Di antaranya:

  1. Sotong Pangkong
Kuliner Khas Ramadhan Pontianak Sotong Pangkong
Kuliner Ramadhan khas Pontianak, Sotong Pangkong

Kuliner Ramadhan khas Pontianak ini unik loh. Terbuat dari daging cumi atau sotong yang dikeringkan. Dalam pembuatannya, cumi dipanggang kemudian dipukul-pukul (pangkong) sampai tipis. 

Bila ingin menyantap Sotong Pangkong, cukup siram dengan kuah sambal kacang khas Pontianak. Dijamin buka puasa Kawanjo akan lebih meriah dengan rasa nikmat daging cumi kering dan sambal yang lezat.

  1. Pasung 
Kuliner Khas Ramadhan Pontianak kue Pasung
Kuliner Ramadhan khas Pontianak, kue Pasung

Kue Pasung juga muncul saat bulan Ramadhan. Kue tradisional khas Pontianak ini terbuat dari tepung beras yang diuleni dengan santan. Kemudian adonan tadi dikukus dalam balutan daun pisang berbentuk kerucut. Ada dua macam rasa kue yang juga terkenal dengan sebutan sambas ini. Bila menghendaki rasa manis, adonan bisa dicampur dengan gula merah.  Namun bila ingin rasa gurih, cukup tambah garam, tidak perlu menambahkan gula garam.

Istimewanya, kue pasung hanya akan dibuat dan dijual pada malam ke-27 di bulan Ramadhan. Walau hal ini sesuai kepercayaan masyarakat Pontianak, sekarang kue pasung banyak dijumpai di warung – warung setempat.

Baca juga : Kuliner Sehat Legendaris Yogyakarta, Tak Hanya Lezat Namun juga Bermanfaat 

  1. Jorong-jorong
Kuliner Khas Ramadhan Pontianak Jorong-jorong
Kuliner Ramadhan khas Pontianak, Jorong-jorong

Hampir sama dengan kue pasung, jorong-jorong juga terbuat dari tepung beras dan santan kemudian dikukus. Bedanya, jorong-jorong dibungkus daun pandan yang dibentuk persegi.

Rasanya gurih dan tidak eneg. Teksturnya lembut dengan aneka topping kekinian yang bisa dikreasikan. Seperti chocochip, sprinkle, meises, kismis, dan lainnya. Saat bulan Ramadhan, kue ini bakal banyak beredar di Pontianak. Sangat memungkinkan guna menjualnya juga, sebab jorong-jorong sudah jadi kuliner Ramadhan khas Pontianak yang banyak diburu orang.

  1. Bingke
Kuliner Khas Ramadhan Pontianak Bingke
Kuliner Ramadhan khas Pontianak Bingke

Meski banyak dijumpai juga saat hari biasa, kue bingke khas Pontianak ini semakin banyak bermunculan di bulan Ramadhan. Bahkan sekarang terdapat bermacam inovasi dan kreasi kue tradisional ini. Supaya bisa terasa lebih kekinian, mudah diterima pasar.

Seperti bingke pandan, bingke susu, bingke durian, bingke ubi, dan lainnya. Bingke pun bisa dijadikan aman untuk dikirim ke luar kota. Jadi sangat menarik untuk dijual secara online dan menggunakan ekspedisi dalam pengirimannya.

  1. Lemang
Kuliner Khas Ramadhan Pontianak Lemang
Kuliner Khas Ramadhan Pontianak Lemang

Jajanan lemang ini juga muncul hanya saat Ramadhan. Maka, banyak orang yang menanti kehadirannya. Apalagi lemang memiliki cita rasa khas dari aroma pembakaran dalam bumbung bambu. 

Jadi, lemang dibuat dengan cara mencampur beras ketan plus santan. Setelah itu beras dibungkus daun pisang dan dimasukkan ke dalam bilah bambu lalu dibakar. Orang Pontianak biasanya makan lemang dengan diguyur kuah tapai, atau gulai, ataupun selai manis.

Baca Juga : Tangkai Cabai Bisa jadi Yoghurt? Yuk, Mengolah Limbah Masakan Kuliner Khas Indonesia

Dengan keyakinan yang tinggi dan tak mudah putus asa, kuliner Ramadhan khas Pontianak bisa jadi produk jualan pada ramadhan mendatang. Karena memiliki keunikan rasa dan bentuk, makanan-makanan di atas siap bersaing dengan produk kuliner dari daerah lain. Dengan promosi dan inovasi kreatif, ramadhan bisa membawa berkah dan keuntungan banyak buat Kawanjo. Wah, cuannya bisa untuk berwisata kala lebaran datang nih!

0 comments on “5 Kuliner Ramadhan Khas Pontianak, Ide Jualan Takjil Bisa Banjir Cuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.