Manfaat VCO untuk Kesehatan
Health

5 Manfaat VCO untuk Kesehatan Selain Mengurangi Nafsu Ngemil

Tahu tidak, dengan mengkonsumsi Virgin Coconut Oil atau VCO bisa membantu banget, loh! Salah satunya VCO bisa mengurangi keinginan untuk ngemil. Lalu, apakah hanya itu manfaat VCO untuk kesehatan? Simak, yuk! 

Sedang diet atau dalam rencana memperbaiki pola hidup lebih sehat? Tahu tidak, dengan mengkonsumsi Virgin Coconut Oil atau VCO bisa membantu banget, loh! Salah satunya VCO bisa mengurangi keinginan untuk ngemil. Lalu, apakah hanya itu manfaat VCO untuk kesehatan? Simak, yuk!

Paham dong, kalau ngemil adalah tantangan yang harus ditaklukkan oleh para pelaku diet. Nah, dengan mengkonsumsi VCO diharapkan bisa membantu Kawanjo untuk mengalahkan keinginan makan di luar jam makan. Sehingga bisa mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Sama dengan minyak sawit yang umumnya ada di sebagian besar dapur di Indonesia, VCO juga bisa untuk menggoreng. Namun, minyak kelapa sawit jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, karena kandungan asam lemak jenuhnya yang tinggi. Sedangkan kandungan VCO tidak terdapat asam lemak jenuh, melainkan asam lemak rantai sedang (MCT), terutama asam laurat. Yang memberi manfaat untuk tubuh.

Baca Juga: Ketahui 4 Makanan untuk Orang Tipes agar Cepat Sembuh, Kembali Beraktivitas

Kandungan Virgin Coconut Oil yang Menyehatkan

Kandungan Virgin Coconut Oil yang Menyehatkan
Kandungan Virgin Coconut Oil yang Menyehatkan

VCO terbuat dari daging kelapa segar atau Cocos nucifera. Daging kelapa tersebut kemudian diproses dengan cara cold-pressed atau metode lainnya yang tidak melibatkan pemanasan tinggi dan penambahan bahan kimia. Hal ini bisa menjaga kandungan nutrisi dan sifat alami minyak.

Kandungan Nutrisi VCO

Menghindari penggunaan pemanasan tinggi dalam pembuatan, membuat kandungan nutrisi VCO lebih awet. Sehingga bisa memberikan manfaat untuk yang mengkonsumsinya. Adapun nutrisi yang terkandung di dalam VCO adalah:

  1. Asam Lemak Rantai Sedang (MCT)Kandungan utama dalam VCO adalah Asam Lemak Rantai Sedang atau medium-chain triglycerides (MCT). Berupa Asam Laurat dengan besarnya sekitar 50%. Yakni Asam lemak utama dalam VCO, dikenal karena sifat antimikroba dan antiinflamasinya. Selanjutnya ada Asam Kaprilat yang mempunyai sifat antijamur dan dapat meningkatkan kesehatan usus. Terakhir ada Asam Kaprat dengan sifat antimikroba.
  2. Vitamin EBerfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.
  3. PolifenolBerperan dalam memberikan aroma dan rasa khas pada VCO, serta memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat.
  4. FitosterolMembantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memiliki efek antiinflamasi.
  5. MineralBerupa Zat Besi yang erperan dalam pembentukan hemoglobin dan mendukung kesehatan darah.

Menurut USDA Food Data Central, di dalam 100 gram VCO pada umumnya mengandung beberapa nutrisi. Yakni Kalori sekitar 860 kalori, Lemak Total sekitar 100 gram, Lemak Jenuh 86,5 gram. Terdapat juga Lemak Tak Jenuh Tunggal 5,8 gram, dan Lemak Tak Jenuh Ganda 1,8 gram.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bawang dan Seledri Apakah Hanya Penyedap Makanan? 

Manfaat VCO untuk Kesehatan

Manfaat VCO untuk Kesehatan
Manfaat VCO untuk Kesehatan

Sebagaimana disebut sebelumnya, VCO bisa jadi bahan yang ampuh untuk menghempaskan keinginan ngemil. Memberikan sensasi kenyang dan menekan nafsu makan. Bahkan kandungan lemak jenuh dalam VCO, yaitu MCT, juga dapat membakar lemak dan kalori lebih banyak. Sehingga manfaat VCO untuk diet sangatlah besar. Kawanjo bisa menjaga atau menurunkan berat badan bila mengkonsumsi VCO.

Itu baru manfaat VCO untuk diet. Masih ada banyak manfaat VCO bagi kesehatan. Diantaranya:

  1. Meningkatkan EnergiMCT yang berperan dalam membakar lemak, juga bisa berfungsi untuk meningkatkan energi. Sebab Asam Lemak Rantai Sedang ini lebih mudah terurai, diserap, dan diubah menjadi energi dibandingkan jika menjadi lemak.
  2. Menjaga Kekebalan TubuhAsam laurat yang terdapat dalam VCO memiliki sifat antimikroba, yang berarti mampu melawan dan membunuh bakteri, virus, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi atau terserang berbagai penyakit.
  3. Melembabkan kulitSelanjutnya adalah manfaat VCO untuk wajah. Mengoleskan VCO pada kulit wajah dapat membantu mempertahankan kelembaban dengan mengunci air di permukaan kulit. Penggunaan VCO secara rutin juga bisa membuat kulit lebih kenyal karena meningkatkan elastisitas kulit.
  4. Mencegah DiabetesVCO dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Sehingga dapat mencegah lonjakan insulin dan penumpukan lemak. Dengan begitu, mengkonsumsi VCO bisa meminimalisir risiko terkena diabetes.
  5. Menyehatkan RambutSifat antijamur dalam VCO dapat menghambat pertumbuhan berlebih jamur Malassezia, yang dapat menyebabkan ketombe. Selain itu, kandungan asam lemak dalam VCO dapat merawat rambut yang rusak dan kering. VCO meresap dengan baik ke batang rambut, sehingga membuat rambut lebih kuat.

Rekomendasi Cara Mengkonsumsi VCO. 

Rekomendasi Cara Mengkonsumsi VCO
Rekomendasi Cara Mengkonsumsi VCO

Mengkonsumsi Virgin Coconut Oil (VCO) dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Berikut beberapa cara yang umum digunakan:

  1. Langsung DikonsumsiMulailah dengan 1 sendok teh per hari dan secara bertahap tingkatkan hingga 1-2 sendok makan per hari. Kawanjo bisa mengkonsumsi VCO langsung di pagi hari sebelum sarapan atau sebelum tidur di malam hari. Jika tidak menyukai rasa atau tekstur VCO, Kawanjo bisa mengkonsumsi VCO dalam bentuk kapsul yang tersedia di pasaran.
  2. Dicampur dengan Makanan atau MinumanTambahkan 1 sendok makan VCO ke dalam smoothie atau 1 sendok teh ke dalam secangkir kopi atau teh panas. Tambahkan juga VCO ke dalam oatmeal, yogurt, atau sup setelah selesai dimasak. Kawanjo pun bisa menggunakan VCO sebagai pengganti minyak zaitun dalam saus salad.
  3. Digunakan untuk MemasakGunakan VCO sebagai pengganti mentega atau minyak sayur saat memanggang kue atau roti. VCO juga dapat digunakan untuk menumis sayuran atau bahan makanan lainnya. Yang perlu diingat, sebaiknya gunakan pada suhu sedang agar tidak merusak nutrisi.

Tips Penting Mengkonsumsi VCO

Tips Penting Mengkonsumsi VCO
Tips Penting Mengkonsumsi VCO

Pastikan ubtuk menggunakan VCO yang murni dan organik sehingga bisa mendapatkan manfaat maksimal. Mulailah dengan dosis kecil dan tingkatkan secara bertahap untuk menghindari efek samping seperti gangguan pencernaan.

Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat, konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan VCO ke dalam menu konsumsi sehat sehari-hari.

Dengan mengkonsumsi secara rutin dan terukur, Kawanjo bisa mendapatkan manfaat VCO untuk kesehatan. Mulai dari kecantikan  kulit hingga meningkatkan imunitas dan mencegah diabetes.

0 comments on “5 Manfaat VCO untuk Kesehatan Selain Mengurangi Nafsu Ngemil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.