Batu berlayar, belitung
Local Experiences

5 Pantai di Belitung, Indahnya tak Terhitung!

Jangan tanggung-tanggung, sempatkan ke 5 pantai ini saat ke Belitung.

Kepulauan Bangka Belitung di dekat pulau Sumatera memiliki potensi alam yang luar biasa. Khususnya Belitung, karena sebagian besar daerahnya adalah kepulauan, membuat kota ini memiliki wisata pantai yang beragam. Memasukkan beberapa nama pantai di Belitung, ke dalam daftar destinasi wisata Kawanjo adalah pilihan tepat untuk liburan mendatang.

Lalu, pantai di Belitung manakah yang bisa Kawanjo kunjungi? Simak ya!

1. Pantai Tanjung Tinggi Laskar Pelangi

5 Pantai di Belitung, Indahnya tak Terhitung!
Pantai Tanjung Tinggi Laskar Pelangi Belitung

Tayangnya sih di tahun 2008, namun film Laskar Pelangi masih meninggalkan kesan hingga sekarang. Salah satu buktinya adalah dengan semakin ramainya pengunjung di wisata Pantai Belitung satu ini. Karena film yang mengangkat cerita dari novel karangan Andrea Hirata ini mengambil lokasi syuting di pantai Tanjung Tinggi. Layak jika kemudian nama pantai diberi tambahan ‘Laskar Pelangi’.

Pantai ini memang mempesona, karena di sana terdapat bebatuan granit yang sebesar rumah. Pasirnya putih, air lautnya biru, dan ombaknya tenang. Semuanya membuat pengunjung jadi betah berlama-lama di pantai ini. Untuk sampai di sini, cukup menempuh waktu 45-60 menit dari bandara HAS Hanandjoeddin.

2. Pantai Tanjung Kelayang

5 Pantai di Belitung, Indahnya tak Terhitung!
Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Sama dengan Pantai Tanjung Tinggi, wisata pantai di Belitung ini juga memiliki banyak batu granit besar. Salah satunya berbentuk seperti burung. Nah, kata Kelayang ini diambil dari nama salah satu burung yang ada di sana.

Dengan keindahan pantai ini, pemerintah menetapkan pantai Tanjung Kelayang menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) bidang pariwisata.

3. Pantai Tanjung Pendam

5 Pantai di Belitung, Indahnya tak Terhitung!
Pantai Tanjung Pendam

Pengunjung pantai Tanjung Pendam bisa menikmati panorama yang hangat. Pasir putih, laut biru, dan ombak yang tenang. Semua dapat dirasakan sembari duduk santai di pantai yang sering menjadi tempat pelaksanaan acara kesenian khas Belitung ini.

Di pendopo yang ada di pantai Tanjung Pendam, Kawanjo pun bisa ikut duduk menanti senja datang. Sebab golden view di pantai ini adalah saat matahari terbenam.

4. Pantai Chicas

5 Pantai di Belitung, Indahnya tak Terhitung!
Pantai Chicas

Wisata pantai di Belitung ini terletak di pulau Leebong. Di sini terdapat gazebo berwarna warni untuk pengunjung yang datang. Pasir putihnya ternyata tak hanya memanjakan mata yang memandang. Sebab, salah satu keunikan pantai Chicas adalah saat menjelang sore, air lautnya akan surut. Sehingga Kawanjo dan pengunjung lain bisa berjalan kaki atau bersepeda di pantai. Nah, ketika malam mulai datang, air pun kembali pasang.

Label pantai ini diambil dari nama pohon sikas yang banyak dijumpai di lokasi. Selain tumbuhan, ada pula hewan yang bebas berseliweran di pantai. Seperti burung, kijang, dan kancil.

5. Pantai Batu Banyak

5 Pantai di Belitung, Indahnya tak Terhitung!
Pantai Batu Banyak

Satu lagi pantai dengan bebatuan granit yang mempesona. Pantai Batu Banyak namanya. Pesona wisata di Belitung ini menjadi lengkap dengan airnya yang tenang, jernih, dan berwarna biru kehijauan.

Mengunjungi tempat ini, seolah sedang menimba ketenangan. Tak hanya itu. Saat datang di sini, ternyata Kawanjo juga bisa memilih aktivitas yang lebih seru. Pertama adalah hunting foto. Kemudian kedua adalah bermain air dengan jet ski atau banana boat.

Pantai ini juga merupakan shelter untuk pengunjung Belitung yang ingin menuju ke pulau Lengkuas.

Berbicara tentang wisata pantai di Belitung memang tidak ada habisnya. Kelima pantai di atas semoga bisa mewakili keindahan pantai-pantai lainnya. Kamu juga bisa menemukan wisata-wisata menarik yang ada di Indonesia di sini. Selamat mencoba ya.

0 comments on “5 Pantai di Belitung, Indahnya tak Terhitung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.