punthuk situmbu,
Local Experiences

Sayang untuk Dilewatkan, Ternyata Banyak Wisata di Sekitar Borobudur Magelang

Borobudur yang terkenal sedunia ternyata berada di sekitar tempat wisata lainnya. Ada banyak tempat wisata di sekitar Borobudur yang sayang untuk dilewatkan

Jika mendengar kata Magelang disebut, pasti Kawanjo akan segera teringat dengan obyek wisata Borobudur. Bagaimana tidak, candi Buddha ini telah menjadi destinasi wisata Indonesia yang mendunia. Banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Bahkan dalam upaya proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun waktu 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, Borobudur masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Baca juga: Ini nih, cara asyik nge-trip di Borobudur!

Ternyata, candi yang memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia ini pesonanya semakin bertambah dengan adanya beberapa wisata Borobudur di sekitarnya. Jadi, sekalian mengeksplorasi Candi Borobudur, Kawanjo bisa juga ngetrip di tempat wisata di dekat Borobudur berikut ini: 

1. Punthuk Situmbu

Sayang untuk Dilewatkan, Ternyata Banyak Wisata di Sekitar Borobudur Magelang
Wisata di dekat Borobudur Punthuk Situmbu

Tempat wisata di dekat Borobudur yang pertama adalah Punthuk Situmbu. Di sini adalah tempat asyik untuk menyaksikan sunrise dari puncak bukit. Momen tersebut terkenal dengan nama Nirwana Sunrise. Karena menyuguhkan pemandangan matahari terbit di balik Candi Borobudur. Sehingga nampak puncak candi yang menyembul di antara langit gelap yang memerah.

Sebelum sampai, Kawanjo harus berjalan kaki. Sekaligus olah raga pastinya. Nah, meskipun lelah, rasa itu akan hilang ketika sampai di tujuan dan melihat pemandangan di sana. Punthuk Situmbu memang memiliki panorama indah. Pas untuk berpose dalam bingkai kamera. 

Tertarik ke sana? Datang saja ke Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 4, Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Jika hendak menikmati sunrise, berarti Kawanjo harus datang saat hari masih gelap.

2. Bukit Rhema Gereja Ayam

Sayang untuk Dilewatkan, Ternyata Banyak Wisata di Sekitar Borobudur Magelang
Tempat wisata di sekitar Borobudur Gereja Ayam

Dengan jarak 2,5 kilometer dari Candi Borobudur, Kawanjo bisa mengunjungi tempat unik ini. Tepatnya di wilayah Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Di sana terdapat Gereja Ayam, di mana Kawanjo bisa naik ke crown bangunan gereja. Jika beruntung, Kawanjo bisa menyaksikan pemandangan golden sunrise yang indah. 

Namun saat terang menjelang siang, sekeliling bukit pun memberikan panorama yang mengagumkan. Bahkan Candi Borobudur pun terlihat dari sini. Siapkan kamera dan beraksilah!

Baca juga: Menikmati Sunset, di Yogyakarta saja!

3. Svarga Bumi

Sayang untuk Dilewatkan, Ternyata Banyak Wisata di Sekitar Borobudur Magelang
Svargabumi, wisata di sekitar Borobudur

Berikutnya tempat wisata di sekitar Borobudur adalah tempat cocok untuk refreshing sekaligus berburu foto Instagramable yang alami. Bernama Svarga Bumi karena mengandung arti surganya bumi. Pas dengan view yang tersuguh di sini. 

Pemandangan persawahan menjadi unggulan di tempat ini. Termasuk dengan beberapa ornamen untuk spot foto yang ada.  Seperti ayunan, kursi gantung, ranjang jaring-jaring, kolam estetik, dan area bean bag. Di Svargabumi pun Kawanjo bisa mencoba floating breakfast dan mengabadikan untuk foto konten media sosial.

Dari sini Kawanjo juga bisa melihat Candi Borobudur serta Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan perbukitan Menoreh. Tertarik untuk berkunjung? 

Datang saja sesudah atau sebelum berwisata di Candi Borobudur. Tepatnya di Jl. Borobudur – Ngadiharjo, Sawah, Borobudur, Kec. Borobudur,

4. Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Bumiharjo

Balkondea Bumiharjo, tempat wisata di kawasan Borobudur
Balkondea Bumiharjo, tempat wisata di kawasan Borobudur

Tempat wisata di kawasan Borobudur berikutnya bernama Balkondes Bumiharjo. Di Magelang memang terdapat banyak Balkondes yang dikelola oleh pemerintah dan penduduk setempat. Tujuannya adalah peningkatan perekonomian desa dengan menonjolkan segi pariwisata dan turunannya.

Salah satu Balkondes yang paling dekat adalah Bumiharjo. Terletak sejauh 2 km dari Candi Borobudur, desa ini menyuguhkan pengalaman menarik saat berwisata. Di sini pengunjung dewasa seolah diajak kembali ke masa lalu. Dengan mencoba beberapa mainan tradisional di masa kecil mereka. Bagi anak-anak kekinian, permainan tradisional seperti gobak sodor, engklek, sunda manda, congklak, dan lainnya dapat menjadi tambahan ide untuk mengisi luang. Sehingga penggunaan gadget bukan jadi prioritas bagi mereka. 

Selain permainan tradisional, Kawanjo juga bisa menikmati pemandangan yang masih alami di Desa Bumiharjo. Terdapat banyak tumbuhan seperti pohon pepaya, rambutan, jambu, dan kelapa. Juga umbi-umbian serta beberapa macam sayuran. Di mana keberadaan tumbuhan ini selain termasuk ornamen alam, juga menjadi sumber pangan penduduk sekitar.  

Selesai bermain dan mengedarkan pandangan, saatnya menyaksikan pembuatan tempe, tahu, dan jenang ketan di area Balkondes Bumiharjo. Prosesnya masih sederhana sehingga sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa pula untuk mengunjungi sentra pepaya, di mana Kawanjo bisa membeli oleh-oleh buah kaya vitamin A ini.  

Baca juga: Keliling daerah sekitar Borobudur naik VW, keren nihh!

5. Taman Kelinci

Sayang untuk Dilewatkan, Ternyata Banyak Wisata di Sekitar Borobudur Magelang
Taman kelinci, tempat wisata di Borobudur dan sekitarnya

Terakhir, tempat wisata di Borobudur dan sekitarnya ini adalah Taman Kelinci. Masih dalam kawasan desa Bahasa yang terletak di Dusun Parakan, Ngargogondo, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang. 

Sesuai namanya, di tempat ini Kawanjo dan pengunjung lainnya akan menyaksikan banyaknya kelinci yang hidup bebas. Bahkan Kawanjo bisa berinteraksi langsung dengan hewan bertelinga panjang ini. Bisa dengan cara mengajak berfoto, menggendong, juga memberi makan kacang panjang. 

Jangan khawatir dengan kebersihannya. Sebab tempat hidup puluhan kelinci jenis Jawa dan Jawa Australia ini selalu terjaga. Sehingga tidak menimbulkan bau dan ketidaknyamanan.

Tunggu apalagi, anak-anak pasti senang bermain dengan kelinci-kelinci lucu di sana.

Itu tadi beberapa tempat wisata di Borobudur dan sekitarnya. Jadi, jika Kawanjo datang ke Magelang hanya untuk berwisata di candi Borobudur, itu kurang. Alangkah lebih asyik jika menambah beberapa destinasi wisata di Borobudur dan sekitarnya. Pengalaman ngetrip bertambah, foto konten pun makin beragam.  

Kamu juga bisa cek di sini untuk referensi wisata seru lainnya. Selamat berpetualang ya!