Kuliner Stasiun Gondangdia
Local Experiences

5 Rekomendasi Kuliner Stasiun Gondangdia, Bikin Kenyang dan Hati Gembira

Meski bukan yang terbesar, tempat ini berhasil menyita perhatian banyak orang. Kuliner Stasiun Gondangdia jadi tujuan. Makanan yang dijual di pinggir jalan sungguh bikin lapar. Beragam jenisnya, tinggal pilih sesuai keinginan. Perut kenyang hati riang gembira. 

Meski bukan yang terbesar, tempat ini berhasil menyita perhatian banyak orang. Kuliner Stasiun Gondangdia jadi tujuan. Makanan yang dijual di pinggir jalan sungguh bikin lapar. Beragam jenisnya, tinggal pilih sesuai keinginan. Perut kenyang hati riang gembira.

Street food Gondangdia sudah terkenal sejak dahulu. Bagi pecinta makanan, menjelajahi setiap sudutnya pasti memuaskan. Banyak sekali ragam santapan yang ditawarkan. Mulai dari yang murah hingga butuh merogoh kocek lebih dalam. Namun tentang kualitas, sama-sama jadi kegemaran. Apalagi ditambah dengan pengalaman yang didapatkan. Menyenangkan sekaligus mengenyangkan.

Stasiun Gondangdia

Dahulu, stasiun ini dibangun oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) pada tahun 1873. Selama masa kolonial Belanda, terminal ini jadi salah satu stasiun penting. Karena menjadi akses utama untuk warga Eropa yang bermukim di Menteng. Setelah Indonesia merdeka, stasiun ini tetap beroperasi di bawah naungan Perusahaan Jawatan Kereta Api Negara (PNKA) yang kemudian menjadi PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Stasiun kereta api kelas II yang terletak di Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta ini kini hanya melayani rute KRL Commuter Line. Dari ketinggian +17 meter, Stasiun Gondangdia tidak hanya dikenal sebagai bagian dari perjalanan kereta api di Jakarta, tetapi juga menjadi surga bagi pecinta kuliner terutama makanan

pinggir jalan. Dengan beragam makanan yang ditawarkan di sekitar stasiun, Kawanjo bisa mendapatkan pengalaman kuliner yang memuaskan. Baik itu sebelum atau sesudah melakukan perjalanan. Pun sekedar datang ke stasiun untuk jajan.

Baca juga: Siomay Jadi Dumpling Terbaik di Dunia 2024 Versi Taste Atlas

Kuliner Stasiun Gondangdia

Stasiun Gondangdia dengan warnanya yang kuning mencolok, selalu menarik perhatian. Ditambah dengan kepulan asap makanan dari gerobak-gerobak yang sedang mengolah makanan. Saat waktu pulang kantor atau sekolah apalagi, daerah ini akan ramai oleh mereka yang berkeinginan untuk mengisi organ pencernaan.

Nah, di bawah ini adalah kuliner stasiun Gondangdia yang bisa Kawanjo nikmati:

  1. Mie Nyemek Gondangdia
    Kuliner Stasiun Gondangdia Mie Nyemek
    Kuliner Stasiun Gondangdia Mie Nyemek

    Penggemar mie bakal senang banget bisa menikmati makan di sini. Tepat di samping stasiun ada tempat yang selalu ramai pengunjung. Yakni kedai Mie Nyemek Gondangdia.  Mie nyemek di sini adalah sajian dari mie instan yang ditambah bumbu tertentu juga sayuran,  telur, dan bawang goreng.

    Kombinasi rasa pedas, manis, kuah kental, dan tekstur mie yang kenyal menjadikan makanan ini memiliki cita rasa yang istimewa dan cocok untuk dinikmati. Sajian mie nyemek lebih nikmat dengan tambahan topping  seperti bakso, telur, sosis, kornet, atau keju.

  2. Pancong SK Gondangdia
    Kuliner Stasiun Gondangdia Pancong SK
    Kuliner Stasiun Gondangdia Pancong SK

    Wisata kuliner Gondangdia terakhir adalah kue pancong lumer. Dijual di kedai yang sama dengan mie nyemek, kudapan manis ini sangat laris diburu pembeli. Apalagi warungnya buka 24 jam, sehingga nampak tak pernah sepi.

    Pancong SK Gondangdia menawarkan dua jenis pancong, yaitu pancong matang dan pancong lumer. Pancong tersedia dengan berbagai topping seperti susu, meses, stroberi, green tea, Oreo, tiramisu, dan keju. Yang paling laris adalah dengan topping Keju Nutella/Ovomaltine. Adapun rasa pancongnya sendiri bisa dipilih dari varian rasa original, red velvet, cokelat, atau green tea.

  3. Dimsum
    Kuliner Stasiun Gondangdia Dimsum
    Kuliner Stasiun Gondangdia Dimsum

    Panci besar dengan asap yang mengepul berjejer di meja saji. Tampak beragam dimsum menggoda selera. Siap dipilih dan dipinang alias dibeli. Hidangan tradisional khas  Tiongkok ini bisa didapatkan di sekitar stasiun Gondangdia. Salah satunya gerobak Dimsum Rapnesia, di pintu selatan dan dekat pintu A.

    Semua dimsum yang disajikan hangat terbuat dari daging ayam.  Terdapat 6 variasi rasa yang tersedia, termasuk dimsum ayam, wortel, jamur, smoked beef, udang, dan lumpia ayam. Ada juga pilihan topping seperti meteor, yakitori, mozzarella, dan mentai. Selain itu, terdapat dimsum nori yang dilapisi dengan rumput laut dan dimsum jumbo yang ukurannya sekitar 5 kali lebih besar dari dimsum biasa.

  4. Gudeg Bu Tinah
    Kuliner Stasiun Gondangdia Gudeg Bu Tinah
    Kuliner Stasiun Gondangdia Gudeg Bu Tinah

    Makanan khas Yogyakarta selalu mendapatkan porsi di hati penggemar kuliner Nusantara. Termasuk gudeg yang nikmat. Tak perlu jauh-jauh ke tempat asalnya, di dekat Stasiun Gondangdia juga menyediakan kesempatan untuk menyantapnya. Adalah warung Gudeg Bu Tinah yang selalu ramai pengunjung. Bahkan para pejabat pernah mampir dan makan di sini. Dalam seporsi gudeg, Kawanjo bisa menikmati sajian yang lengkap berupa nangka, telur  krecek, pindang, ayam, dan tempe bacem.

  5. Bakso Singa 85
    Kuliner Stasiun Gondangdia Bakso Singa 85
    Kuliner Stasiun Gondangdia Bakso Singa 85

    Tak kalah otentik, bakso khas Malang juga memiliki banyak penggemar. Terbukti dengan kedai kuliner di dekat stasiun Gondangdia ini yang tak pernah sepi pembeli. Mengawali usaha dengan berjualan keliling, sejak tahun 2000 Bakso Singa 85 Gondangdia menyajikan bakso yang lezat dengan kuah gurih dan isian lengkap. Ada bakso halus, bakso urat, pangsit goreng, siomay, tahu. Jangan lupa menambahkan lontong supaya makin kenyang.

Baca juga: 7 Varian Pempek Palembang Juara Tiga Makanan Ringan Terbaik di Dunia

Kuliner stasiun Gondangdia menjadi tujuan banyak orang. Baik para penumpang Commuter Line di sela waktu mereka menunggu kereta atau jemputan, maupun masyarakat umum. Karena di sini tersedia berbagai masakan dan kudapan yang lezat dan memikat.

0 comments on “5 Rekomendasi Kuliner Stasiun Gondangdia, Bikin Kenyang dan Hati Gembira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.