cara jadi konten kreator tiktok pemula
Technology

8 Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula, Inilah Saatnya! 

Ingin tahu cara jadi konten kreator TikTok pemula? Penasaran ini wajar, loh! Sebab platform tersebut sedang berjaya dan bikin banyak orang terkenal dan kaya! Jika Kawanjo bertujuan mendapatkan cuan, ingin menebar kebaikan, atau memupuk ketenaran, inilah saatnya! 

Ingin tahu cara jadi konten kreator TikTok pemula? Penasaran ini wajar, loh! Sebab platform tersebut sedang berjaya dan bikin banyak orang terkenal dan kaya! Jika Kawanjo bertujuan mendapatkan cuan, ingin menebar kebaikan, atau memupuk ketenaran, inilah saatnya!

Ya, TikTok masih berjaya dibandingkan media sosial lainnya. Sehingga tak salah jika semakin banyak penggunanya. Semakin hari kian banyak video kreatif yang dihasilkan para konten kreator TikTok. Seiring dengan itu, semakin banyak pula fitur-fitur baru yang dikembangkan TikTok dalam menginspirasi kreativitas dan memberi sukacita pada penggunanya.

Manfaat TikTok

Aplikasi video singkat yang berasal dari negeri China ini memberikan peluang bagi penggunanya. Yakni untuk mengekspresikan diri, menampilkan keahlian mereka, dan meningkatkan rasa percaya diri. Manfaat TikTok bagi pelajar dalam dunia pendidikan juga beragam. Mulai dari mudahnya mendapatkan konten yang memberi pengalaman, inspirasi rohani, motivasi, dan pembelajaran praktis untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, kegunaan TikTok untuk bisnis pun sangatlah penting. Lahirnya TikTok business contohnya, bisa menjadikan para pelaku usaha lebih dekat dengan calon konsumen.

Baca Juga: Jalan-Jalan Dapat Cuan, Ini Cara Jual Foto Wisatamu di Internet!

Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula

Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula
Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula

Dari data We are Social, pada bulan Januari 2024 jumlah pengguna TikTok di Indonesia sebanyak 126,83 juta orang. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 19,1% dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya dengan jumlah 106,52 juta orang.

Data lain dari We are Social juga, mengungkapkan bahwasanya pada bulan yang sama, iklan TikTok di Indonesia dapat mencapai sekitar 126,83 juta pemirsa. Hal inimenjadikan Indonesia sebagai negara dengan jangkauan iklan TikTok terluas kedua di dunia.

Dari angka spektakuler tersebut, membuat banyak orang berlomba-lomba menggunakan TikTok. Baik itu untuk dokumentasi pribadi, berjualan, maupun membuat konten yang bermanfaat. Lalu, bagaimana cara menjadi content creator tiktok pemula? Simak langkahnya berikut:

  1. Tentukan Target Audiens
    Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula Riset Kompetitor
    Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula Riset Kompetitor

    Kini pengguna TikTok tak dibatasi usia berapa. Bahkan anak kecil pun banyak yang dengan mudah mengakses platform ini. Begitu pula remaja dan dewasa, semua rentang usia memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Tak hanya masalah usia, audiens TikTok juga terbagi dalam kategori latar belakang, pekerjaan, kegemaran, dan lainnya.

    Kategori-kategori tadi mementukan konten yang bisa Kawanjo buat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Baik dalam menambah pengetahuan, menemukan solusi atas permasalahannya, atau sekadar menemukan hiburan. Selain itu syarat jadi konten kreator TikTok juga harus mampu menemukan apa yang kira-kira tidak disukai target audiens-nya. Maka, segeralah menentukan siapa sajakah dan bagaimanakah yang akan diharapkan mau menonton dan menaikkan rating konten karya Kawanjo.

  2. Tentukan niche
    Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula Tentukan niche
    Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula Tentukan niche

    Sebagai pemula, butuh menentukan niche konten TikTok. Niche adalah topik atau minat yang diikuti oleh sekelompok pengguna. Memilih niche tertentu dapat membantu Kawanjo menargetkan audiens yang lebih spesifik dan terlibat dengan konten yang dibuat. Contoh niche TikTok yang bisa dipilih adalah kuliner, fashion, kecantikan, parenting, daily life, dan lainnya. Dengan konsisten membuat konten sesuai niche juga membuat pengguna TikTok mudah ingat akan akun Kawanjo.

  3. Riset Kompetitor
    Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula Tentukan Target Audiens
    Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula Tentukan Target Audiens

    Percayalah, yang memilih niche Kawanjo juga ada lainnya. Bisa jadi mereka telah lebih dulu memulai dan sudah memiliki banyak konten. Untuk itu, Kawanjo juga perlu melakukan riset kompetitor. Terutama yang memiliki niche sama. Cari kelebihan mereka yang bisa dipelajari dan temukan kekurangannya supaya bisa diperbaiki. Gunakan teknik ATM atau Amati Tiru dan Modifikasi.

  4. Buat KontenJangan terlalu berfikir tentang video yang bagus dengan peralatan canggih. Banyak konten kreator yang sukses dengan alat seadanya. Yang terpenting dibandingkan peralatan adalah isi video, apakah konten tersebut bermanfaat dan menghibur orang banyak? Termasuk orisinalitas ide content creator tiktok.
  5. Ikuti TrenTren di TikTok sering kali berubah, tetapi beberapa tren umum yang sering muncul termasuk tantangan tari, lip-sync, meme, tutorial, dan konten kreatif lainnya. Misalnya, beberapa tren populer mungkin termasuk musik, tantangan tari baru, meme yang sedang viral, atau gaya penyuntingan video tertentu. Tetapi, tren juga bisa sangat beragam dan tergantung pada minat pengguna TikTok saat ini. Yang pasti, mengikuti tren yang sedang populer bisa membantu meningkatkan visibilitas konten di platform tersebut. Tren juga memudahkan mendapat ide sebagai content creator tiktok indonesia
  6. Kuasai Teknik Story TellinDalam konten TikTok, teknik storytelling menjadi penting karena platform ini memungkinkan pengguna untuk berbagi cerita secara singkat dan kreatif. Dengan memanfaatkan teknik storytelling, pengguna dapat menarik perhatian pemirsa dengan hook yang kuat, membangun karakter yang menarik, dan menghadirkan konflik serta klimaks yang memikat dalam batasan waktu yang terbatas. Melalui cerita, pengguna dapat memengaruhi emosi dan perilaku pemirsa, serta membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka.

    Dengan demikian, teknik storytelling membantu menciptakan konten TikTok yang menarik, sehingga menarik keterlibatan pemirsa, dan berdampak untuk mereka. Adapun contoh konten yang memiliki storytelling kuat adalah yang diawali dengan pertanyaan, video behind the scene, juga a day in my life.

  7. Konsisten UploadMemulai membuat konten mungkin terasa mudah pada awalnya. Namun yang menantang adalah mempertahankan konsistensi dalam mengunggah video secara rutin sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Penting untuk memiliki jadwal yang jelas tentang kapan Kawanjo akan mengunggah video agar konten  tetap terlihat di beranda TikTok. Dengan demikian, lebih banyak orang akan dapat melihat konten Kawanjo.

    Jika upload sekali kemudian berbulan-bulan tidak pernah lagi, algoritma TikTok akan kembali awal. Pengguna yang lain pun lebih memilih konten kreator yang disiplin dalam mengunggah konten.

  8. Jadi diri sendiriCarilah keunikan diri sendiri supaya Kawanjo bisa menghasilkan konten yang unik pula serta orisinil. Sehingga Kawanjo bisa memberikan perbedaan dengan konten serupa lainnya. Jangan sampai terjadi konten Kawanjo dianggap plagiasi atau pengguna tidak menemukan keunikan di dalamnya.

Baca Juga: Video Traveling Jadi Cakep dengan 8 Teknik Camera Movement Ini!

Cara jadi konten kreator tiktok pemula ternyata tidaklah sulit. Maka inilah saatnya Kawanjo berkarya dan beraksi di platform yang sedang berjaya ini. Dulang berbagai manfaat yang diberikan sekaligus sebar kebaikan pada pengguna lainnya!

 

0 comments on “8 Cara Jadi Konten Kreator Tiktok Pemula, Inilah Saatnya! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.