Wisata Pulau Pramuka, kepulauan seribu
PigiUpdate

5 Spot Wisata Pulau Pramuka, yang Kamu Pasti Suka!

Buat yang rindu lautan, wisata Pulau Pramuka bisa jadi pilihan. Dekat, murah, dan tentunya indah!

Wisata Pulau Pramuka, mungkin terdengar familiar. Pulau yang merupakan salah satu bagian dari gugusan Kepulauan Seribu ini memiliki berbagai macam daya tarik dan objek wisata yang pastinya menarik buat kamu liburan di Pulau Pramuka!

Pulau Pramuka memiliki luas kurang lebih 9 hektar dan menjadi salah satu pulau terluas di Kepulauan Seribu. Karena letaknya yang berada di Kepulauan Seribu jadinya Kawanjo yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya tidak akan terlalu jauh untuk berkunjung ke sana.

Wisata Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Snorkeling, Penangkaran Penyu, Hutan Mangrove
Panorama pemandangan di Kepulauan Seribu

Daya tarik dan objek wisata Pulau Pramuka sangat beragam dari keindahan pantai pasir putihnya, hutan mangrove, hingga keanekaragaman biota lautnya yang tentunya gak kalah indah dengan daerah perairan lainnya di Indonesia. Kawanjo masih penasaran detailnya ada apa aja sih di wisata Pulau Pramuka? Yuk, baca sampai bawah karena kita akan rinciin objek wisata Pulau Pramuka apa dan kegiatan apa saja yang menarik untuk kamu coba di sana. 

Baca juga: 4 Spot Wajib Kunjung Saat Wisata ke Ujung Genteng!

  1. Keindahan Pantai Pasir Putih

Jalan-jalan ke pantai pastinya hal yang banyak dilakukan oleh para wisatawan adalah santai-santai di pinggir pantai sambil piknik bersama orang terdekat dan bermain-main dengan pasir pantai yang halus. Nah, di Pulau Pramuka ini pasti aja kamu bisa ngerasain itu semua juga! Halusnya pasir pantai yang putih bersih membuat kamu betah dan rela berlama-lama di Pantai ini. Birunya laut dan angin sepoi-sepoi di pantai yang sejuk cocok banget buat kamu healing dan mencari ketenangan sejenak di Pulau Pramuka.

Wisata Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Pantai Pasir Putih, Hutan Mangrove, Penangkaran Penyu
Pantai pasir putih objek wisata Pulau Pramuka
  1. Penangkaran Penyu 

Salah satu objek wisata Pulau Pramuka yang paling terkenal adalah penangkaran penyu. Di penagkaran penyu Pulau Pramuka, kamu bisa melihat bagaimana anak penyu atau tukik dirawat sampai mereka siap untuk dilepaskan kembali ke laut lepas. Gak hanya melihat perawatan anak penyu, Kawanjo juga bisa melihat proses menetasnya telur penyu loh! Kegiatan lainnya yang bisa banget kamu ikutin adalah melepas tukik-tukik yang sudah siap untuk dilepaskan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Seru-seru banget gak sih kegiatannya? Apalagi Kawanjo jarang lihat penyu di kehidupan sehari-hari kan?

Wisata Pulau Pramuka, Penangkaran Penyu, Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Pantai Pasir Putih, Tukik
Penyu di Penangkaran Penyu Pulau Pramuka
  1. Hutan Mangrove di Taman Nasional Kepualauan Seribu

Kawanjo tau kan pohon mangrove yang punya banyak manfaatnya itu untuk lingkungan sekitar? Beberapa manfaatnya adalah untuk menahan abrasi pantai, menghasilkan udara yang bersih, habitat hewan air sekitar, membuat kualitas air jadi lebih baik, dan masih banyak lagi. Nah, di Pulau Pramuka kamu bisa mampir ke Taman Nasional Kepulauan Seribu untuk melihat hijau dan teduhnya hutan mangrove yang lebat. Selain itu, di sana terdapat sebuah jembatan dengan panjang 500 meter yang berdiri di atas air laut! Jadi kamu bisa melihat-lihat pohon mangrove sambil jalan-jalan di atas jembatan. Kamu juga bisa memanfaatkan jembatan itu buat foto-foto bersama dengan latar belakang hijaunya pohon mangrove. 

Wisata Pulau Pramuka, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Hutan Mangrove, Pantai Pasir Putih, Penangkaran Penyu
Hutan Mangrove di Taman Nasional Pulau Pramuka
  1. Snorkeling dan Scuba Diving dan Olahraga Air Lainnya

Selain keindahan pantai pasir putihnya, kamu juga wajib banget explore ke dalam lautnya juga! Kekayaan perairan objek wisata Pulau Pramuka sangatlah beragam, dari bermacam-macam ikan yang unik dengan bermacam ukuran, sampai warna-warni terumbu karang yang menghiasi birunya laut. Kamu bisa ikut kegiatan snorkeling dan scuba diving yang juga banyak diikutin oleh para wisatawan lainnya.

Baca juga: Paket Murah Labuan Bajo, 3 Hari Penjelajahan Nggak Sampai Rp 3 juta!

Jangan khawatir kalo kamu gak punya peralatan snorkeling atau mager bawanya, karena di sana kamu juga bisa loh nyewa alat-alat menyelamnya. Gak hanya snorkeling dan scuba diving yang bisa kamu coba di sana, kamu juga bisa nyobain beberapa olahraga air lainnya seperti banana boat dan kano loh! Cocok buat kamu yg mungkin belum berani buat menyelam.

Wisata Pulau Pramuka, Snorkeling, Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Pantai Pasir Putih, Hutan Mangrove
Snorkeling di perairan Pulau Pramuka
  1. Dekat dengan Destinasi Wisata Lainnya

Pulau Pramuka memang indah, tapi gak hanya Pulau Pramuka saja yang menyimpan banyak kekayaan dan destinasi yang seru untuk liburan karena terdapat beberapa tempat yang gak kalah cakep dan seru. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi, yaitu Pantai Cikaya di Pulau Karya, Pulau Air, Gusung Petrik, dan wisata kuliner di Pulau Panggang dan Nusa Resto.

Wisata Pulau Pramuka, Pantai Cikaya, Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Pantai Pasir Putih, Hutan Mangrove, Penangkaran Penyu
Pantai CIkaya di Pulau Karya

Sekarang Kawanjo udah tertarik belum buat main-main di Pulau Pramuka dan healing sejenak dari tugas-tugasmu yang numpuk itu? Kamu bisa banget pesan paket objek wisata Pulau Pramuka melalui Pigijo! Don’t worry karena kita juga bakal rinciin kegiatan apa aja yang akan kamu lakuin kalo pesan paketnya di Pigijo. Kebetulan ada dua paket nih yang menuju Pulau Pramuka. Di artikel ini, kita bakal jelasin satu paket yang berangkatnya via Marina Ancol. Biayanya Rp900 ribu / pax.

Day 1 

Di hari keberangkatan, kamu akan berkumpul di Dermaga Marina Ancol unuk naik kapal menuju Dermaga Pulau Pramuka. Sesampainya kamu di sana, Kawanjo akan diberikan waktu untuk beristirahat dan makan siang terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan. Kemudian, aktivitas akan berlanjut dengan kegiatan snorkeling dan jelajah Pulau Air, Gusung Petrik, Pulau Karya, Pantai Cikaya, Pulau Panggang, dan wisata kuliner di Nusa Resto. 

Baca juga: Wisata Morotai 2022, Satu Lagi Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

Day 2

Keesokan paginya setelah beristirahat dari kegiatan hari pertama, Kawanjo akan diajak untuk hunting sunrise dari pinggir pantai. Pemandangan mentari terbit yang cantik cocok banget buat kamu abadikan dan berfoto dengan background langit dan air laut yang perlahan terang. Setelahnya, kamu akan diberikan waktu untuk explore Pulau Pramuka lebih dalam dan dilanjut dengan acara bebas. Selama acara bebas, kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan yang ditawarkan di objek wisata Pulau Pramuka, seperti banana boat. Kano, atau mengunjungi Taman Nasional. Finally, kamu telah berada di penghujung program wisata dan kita akan bersiap-siap untuk pulang ke Jakarta. 

Wisata Pulau Pramuka, Banana Boat, Water Sport, Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka
Banana boat di Kepulauan Seribu

Sekian deh itinerary perjalanan ke Pulau Pramuka bersama Pigijo! Akan tetapi, tak hanya itinerary perjalanan karena kami akan rincikan juga apa aja yang akan kamu dapatkan dari paket ini.

Harga paket wisata Pulau Pramuka sudah termasuk:

  1. Transportasi PP
  2. Penginapan AC
  3. Makan 4x
  4. Alat snorkeling
  5. Kapal snorkeling
  6. WIsata Pulau Air, Gusung Petrik, Pulau Karya, Pantai Cikaya, Pulau Panggang wisata kuliner dan Nusa Resto.
  7. Dokumentasi under water
  8. Tour guide
  9. BBQ
  10. Welcome drink

Baca juga: Wisata Pulau Liwungan, Hidden Gem yang Bikin Penasaran

Harga paket wisata Pulau Pramuka tidak termasuk:

  1. Tiket masuk Taman Nasional, banana boat, dan kano
  2. Biaya terduga
  3. Kebutuhan pribadi
order pigijo

Well, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo lho

Penulis: Nadia Salsabila Azzahwa

0 comments on “5 Spot Wisata Pulau Pramuka, yang Kamu Pasti Suka!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.