5 Tips Menahan Rasa Haus Saat Puasa Ramadan
Health Lifestyle

5 Tips Menahan Rasa Haus Saat Puasa Ramadan

Rasa haus adalah tantangan utama Puasa Ramadan, jangan khawatir kita punya tips jitu untuk itu.

Menahan rasa haus saat puasa di bulan puasa Ramadan dianggap sebagai salah satu tantangan terbesar. Kawanjo pun sama. Pasti ada yang pernah berucap, ‘lebih gampang nahan lapar dibanding nahan haus.’ Problem itu nampaknya jadi persoalan utama yang harus diselesaikan dari satu Ramadan ke Ramadan lainnya.

Pastinya Kawanjo tidak mau puasanya bolong-bolong karena haus. Kini, Kawanjo jangan cemas. Pigijo punya kiat mencegah rasa haus saat menjalani puasa Ramadan. Apalagi puasa Ramadan 2021 ini tinggal sedikit lagi, sayang dong kalau ada bolongnya.

BACA JUGA: 6 Etika Wisata ke Candi atau Situs Purbakala yang Harus Dipahami

Nah, biar tidak mudah haus saat puasa Ramadan, ini kita kasih tips dan rekomendasi yang pastinya berguna buat Kawanjo yang menjalankan ibadah puasa, yuk dilirik:

1. Pola Mimun Air Putih saat Buka dan Sahur

Minum Air Putih cukup bisa mencegah rasa haus saat puasa
Minum Air Putih cukup bisa mencegah rasa haus saat puasa

Di sini kuncinya. Kawanjo wajib minum air cukup agar tak haus saat puasa, bukan cuma saat sahur tapi saat berbuka puasa juga sama. Untuk sahur, Kawanjo sangat disarankan minum dua gelas air putih. Air putih ya, jangan yang minuman berwarna. Nah, untuk berbuka Kawanjo harus minum dua gelas lagi. Begitu pula saat malam dari waktu buka ke sahur empat gelas itu wajib.

Dua tambah empat tambah dua gelas air putih atau singkatnya delapan gelas cukup untuk memenuhi syarat agar Kawanjo terhindar dari dehidrasi saat menjalankan puasa Ramadan. Dengan air putih cukup maka badan lemas, rasa kantuk hingga haus akibat dehidrasi bisa terhindar.

  1. Hindari Kopi, Teh, Soda saat sahur
Kopi saat sahur bisa menyebabkan haus saat puasa
Kopi saat sahur bisa menyebabkan haus saat puasa

Kopi, teh, hingga soda merupakan minuman yang mengandung kafein. Terlalu banyak mengonsumsi jenis minuman tersebut saat sahur bisa mengakibatkan Kawanjo haus saat menjalani puasa Ramadan. Oleh karena, ketiga jenis minuman itu sangat direkomendasikan untuk dihindari saat santap sahur.

BACA JUGA: Cobain Kuliner Khas Ramadan Papua Barat

Bukan tanpa alasan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan kafein mempunyai efek diuretik yang membuat produksi air seni atau urine meningkat. Ketika air seni meningkat maka Kawanjo bakal lebih sering buang air kecil yang membuat cairan di tubuh berkurang. Kekurangan cairan tubuh berujung pada dehidrasi yang menimbulkan rasa haus.

  1. Makan Sayur dan Buah dengan Kadar Air Tinggi
Sayar akan menambah cairan agak terhindar dari rasa haus.
Aneka ragam sayur bagus untuk menambah kadar air di tubuh

Inti agar tidak haus saat puasa Ramadan adalah air cukup. Selain meminum air putih, konsumsi buah dan sayur dengan kadar air tinggi sangat direkomendasikan. Buah serta sayur dikombinasikan dengan cukup air putih bakal membuah Kawanjo terhindar dari rasa haus.

Ada beberapa buah dan sayur yang patut dikonsumsi saat sahur. Mereka di antaranya semangka, jeruk, mentimun, tomat sampai belimbing. Buah dan sayur itu punya kadar air tinggi dan bisa membantu mencegah dehidrasi saat puasa Ramadan. Di samping bisa cegah dehidrasi, buah dan sayur ampuh mencegah sembeit saat puasa.

  1. Jangan Makan Asin dan Pedas saat sahur
Makanan pedas buat cepat haus saat puasa.
Makanan pedas buat cepat haus

Sahur sebenarnya jadi salah satu kunci utama agar Kawanjo terhindar dari rasa haus saat puasa Ramadan. Salah satu yang mesti Kawanjo lakukan saat sahur adalah hindari makan pedas dan asin. Umumnya makanan pedas mengandung sodium yang bisa membuat haus saat menjalankan ibadah puasa.

Setali tiga uang, makanan asin mesti pula dihindari. Garam terlalu tinggi di santapan sahur bisa menarik cairan yang ada dalam tubuh. Bila itu terjadi maka Kawanjo akan lebih mudah haus. Makanan-makanan sehat rendah kandungan sodium sangat direkomendasikan agar terhindar dari rasa haus saat menjalankan ibadah puasa.

  1. Jangan Terlalu Aktif Melakukan Kegiatan Fisik
Aktivitas fisik berupa olahraga dapat membuat rasa haus/
Hindari olahraga berat

Di bulan puasa, Kawanjo disarankan menjaga aktivitas fisik. Salah satu paling mudah dilakukan hindari olahraga berlebihan apalagi dengan durasi lama. Hindari pula aktivitas fisik di luar ruangan saat panas dan langsung terkena sinar matahari.

Aktivitas fisik dan sinar matahari adalah paduan sempurna untuk membuat Kawanjo berkeringat. Kalau sudah berkeringat maka cairan akan banyak hilang. Ujung-ujungnya rasa haus muncul dan puasa Kawanjo bakal terganggu. Maka, saat bulan puasa lebih disarankan olahraga ringan di tempat sejuk agar rasa haus bisa diminimalisir dan Kawanjo tetap menjalankan puasa tanpa halangan.

Itu tadi tip dari kami biar Kawanjo tidak haus saat puasa. Nah, kini saatnya Kawanjo lirik paket wisata menarik di sini. Buruan diintip dijamin enggak bakal Menyesal.

BACA JUGA: Cobain, 5 Minuman Korea yang Cocok Jadi Takjil

0 comments on “5 Tips Menahan Rasa Haus Saat Puasa Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.