Makanan Khas Bulungan Kaltara
Local Experiences

6 Makanan Khas Bulungan, Ada Sate Ikan Pari & Abon Kepiting!

Panggilan buat para pecinta kuliner! Cobain makanan khas Bulungan saat kamu berkunjung ke Kalimantan Utara!

Penggemar kuliner boleh coba  berkunjung ke Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara). Karena visi daerahnya adalah ‘Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera’. Nah, pastilah makanan khas Bulungan Kaltara unggul dalam kualitas. Patut dicoba selama bertandang ke sana. Atau membeli untuk dijadikan buah tangan juga pilihan tepat.

Sejarah Bulungan Kalimantan Utara

Menilik sejarah yang telah lalu, kabupaten Bulungan mengalami beberapa kali perpindahan status pemerintahan. Di awal, daerah ini merupakan kesultanan Bulungan atau Bulongan. Wilayahnya meliputi pesisir kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Tana Tidung, Kota Tarakan dan Tawau. Kemudian setelah dikeluarkannya peraturan Gubernur Kalimantan Timur tahun 1950, status kesultanan Bulungan berubah menjadi Swapraja. Yaitu daerah yang memiliki pemerintahan sendiri.

Baca Juga : Pelajahi Pedalaman Kalimantan Utara dengan Coba 5 Hal Ekstrem Berikut Ini

Pada tahun 1955, status Bulungan adalah Daerah Istimewa. Hingga pada tahun 1959, akhirnya Bulungan berubah menjadi Daerah Tingkat II. Kemudian sesuai dengan UU No.20 Tahun 2012 tentang Pemekaran Provinsi Kalimantan Timur menjadi Provinsi Kalimantan Utara, kabupaten Bulungan menjadi bagian Kalimantan Utara atau Kaltara.

Luas Wilayah Kabupaten Bulungan

Beribukota di Tanjung Selor, kabupaten Bulungan memiliki luasan 13.181,92 km². Di daerah ini, sektor penghasil pangan berkembang dengan baik. Seperti sektor pertanian, peternakan, perikanan, dan peternakan.

Baca Juga : Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!

Di wilayah kota bermotto Tenguyun, potensi wisata Bulungan juga menggunakan potensi alamnya yang indah. Seperti air terjun Idaman, gunung Putih, sungai Kayan, dan sumber air panas Sajau. Mengunjunginya satu persatu akan membuat Kawanjo memiliki pengalaman mengesankan dalam berwisata.

Makanan khas Bulungan Kaltara

Makanan Khas Bulungan
Makanan Khas Bulungan Kaltara

Tak hanya jelajah tempat wisata, mendatangi sebuah kota juga bisa diisi dengan acara kulineran. Pasti banyak makanan spesial bisa dicicipi, yang bisa jadi unik dan tidak ada selain di daerah asalnya.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Makanan Khas Tarakan Hasil Laut

Termasuk Bulungan. Dengan visi pembangunan yang memprioritaskan pangan, tentulah ada beragam makanan khas yang lezat. Olahan kuliner tersebut pasti dengan mudah di dapat saat berkunjung ke Bulungan. Yaitu:

Lawa

Makanan Khas Bulungan Kaltara Lawa
Makanan Khas Bulungan Kaltara Lawa

Salah satu peninggalan kesultanan Bulungan yang masih dipertahankan masyarakat sampai saat ini adalah hidangan bernama Lawa. Makanan khas ini terbuat dari rumput laut dan timun. Kelapa parut kemudian dicampurkan ke dalam dua jenis sayuran tadi.

Baca Juga : Enam Tempat Wisata Kuliner Banjarbaru Terhits 2022 Siap Mengakrabkan Keluarga 

Sebagai penambah cita rasa, penduduk akan menambahkan kerang atau udang ke dalam lawa. Rasa segar dari dua bahan utama menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga jangan heran bila Lawa banyak dihidangkan sebagai makanan pembuka. Penggugah selera supaya siap menyantap  berbagai makanan spesial selanjutnya.

Nasi Subut

kuliner Makanan Khas Bulungan Kaltara Nasi Subut
kuliner Makanan Khas Bulungan Kaltara Nasi Subut

Beragam olahan nasi tersebar di seluruh Nusantara. Tak heran karena memang sebagian besar penduduk Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok.

Begitu juga di Bulungan. Ada satu olahan nasi yang unik dan bisa jadi tidak ada duanya di daerah yang jauh dari kota ini. Namanya adalah nasi Subut.

Warnanya yang biru keunguan ternyata bersumber dari pewarna alami. Yaitu ubi jalar yang dicampur saat proses memasak. Selain dicampur ubi pewarna, nasi ini juga biasanya ditaburi jagung. Rasanya gurih dan cocok untuk disantap bersama ragam makanan khas Bulungan lainnya.

Ikan asin Richa

kuliner Khas Bulungan KaltaraI kan asin Richa
kuliner Khas Bulungan KaltaraI kan asin Richa

Salah satu usaha pengolahan hasil perikanan yang ada di Kabupaten Bulungan adalah pengeringan atau pengasinan ikan laut. Kemudian produk ini dijual langsung atau diolah jadi makanan terlebih dulu.

Salah satu olahan ikan asin yang khas dari Bulungan adalah ikan asin Richa. Masakan ini bahkan telah diekspor ke luar negeri. Sehingga kelezatannya tak dapat ditinggalkan. Kawanjo mencicipi ikan asin richa mumpung sedang berada di Bulungan.

Ikan asin ini diolah menggunakan saus gurih dengan rasa pedas yang menggugah selera. Biasanya disantap sebagai lauk makan nasi subut. Sebagai pelengkap, Kawanjo bisa menambahkan daun singkong rebus. Awas jangan sampai lupa daratan, sehingga kenyang duluan. Sebab masih banyak produk kuliner yang harus dicoba di Bulungan.

Sate ikan pari

Makanan Khas Bulungan Kaltara Sate ikan pari
Makanan Khas Bulungan Kaltara Sate ikan pari

Nah, satu ini juga unik dan tak bisa ditinggalkan. Bila biasanya sate terbuat dari daging ayam, sapi, atau kambing, di Bulungan beda lagi. Ada sate ikan pari yang rasanya tak kalah lezat.

Bagaimana tidak lezat. Daging ikan pari yang telah dipotong dadu dan ditusuk – tusuk, akan dibakar sambil sesekali dioles madu dan kecap. Tak lupa setelah matang, sate ikan pari ditambah saus tomat yang lezat.

Ikan pari banyak hidup di perairan Kalimantan termasuk Bulungan, Kaltara. Sebelum dibakar, daging ikan pari harus dibersihkan dari kulit luarnya. Inilah yang memerlukan keahlian khusus.

Kue Haw

jajanan Khas Bulungan KaltaraKue Haw
jajanan Khas Bulungan KaltaraKue Haw

Yang ini layak untuk dibawa pulang. Karena termasuk kue ringan yang istimewa. Merupakan makanan khas suku Dayak, di Kaltara kue ini dulunya hanya ada saat acara penting saja.

Namun sekarang kue ini sudah mudah didapat. Bahkan di toko – toko online sekalipun. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung terigu, dan gula halus serta air. Agar menarik, ditambahkan pewarna makanan.

Salah satu sentra produksi dan penjualan kue haw ada di Tanjung Selor Bulungan. Perlu diketahui, ternyata cara membuatnya tak sulit. Pertama tepung beras, gula halus, pewarna, dan air dicampur. Kemudian direbus sampai adona mengambang. Bila sudah dingin, bakal kue tadi ditambahi dengan tepung terigu lalu dipipihkan dengan alat atau botol.

Selanjutnya adalah memotong lembaran adonan menjadi ukuran kecil – kecil. Terakhir adalah menggoreng sampai kering. Kue haw siap dinikmati sambil bersantai. Bila ingin lebih praktis tinggal beli saja, ya!

Abon Daging Kepiting

oleh oleh Makanan Khas Bulungan Kaltara Abon Daging Kepiting
oleh oleh Makanan Khas Bulungan Kaltara Abon Daging Kepiting

Sebagaimana kota lain di pesisir pulau Kalimantan, Bulungan juga terkenal dengan kuliner seafoodnya. Kepiting menjadi bahan terkenal yang mudah didapatkan di kota ini.

Salah satu jenis kepiting yang banyak diolah dan digemari para wisatawan adalah jenis kepiting soka. Biasanya kepiting yang memiliki tempurung lunak ini dimasak dengan cara digoreng atau dicampur saus. Namun berkat tangan kreatif masyarakat Bulungan, ada satu inovasi olahan daging kepiting soka. Yaitu abon daging kepiting. Dengan daging yang lebih kering, makanan ini sangat layak untuk dijadikan oleh – oleh. Atau teman saat perjalanan pulang, meskipun menempuh waktu lama di kendaraan.

Bulungan Kaltara dengan visinya yang mengutamakan pangan, memiliki banyak makanan khas yang istimewa. Tak hanya rasa namun juga gizinya. Tak hanya harga namun juga nilai budaya di dalamnya. Mencoba satu persatu, membuat Kawanjo bisa mengetahui rasa otentik dari bagian kebesaran nama kota Bulungan Kaltara.

17 comments on “6 Makanan Khas Bulungan, Ada Sate Ikan Pari & Abon Kepiting!

  1. Yunita Rizky M Sinaga

    Nggak heran lagi kalo masakan Indonesia unik-unik. Ikan asin rica dengan cita rasa yang berbeda dan bumbu rempah-rempah yang menjadi ciri khas lidah orang Indonesia sudah menjadi juara kuliner dimana-mana…

  2. Cindy enjelina purba

    Indonesia memiliki beragam makanan Yang sangat unik, setiap pergi ke satu daerah pasti makan akan menjadi salah satu yang akan fi cari seperti makanan khas Kalimantan Utara yaitu ikan asin rica, kue haw dan banyak lagi

  3. Putri Febriani Simamora

    Ternyata masakan diindonesia memiliki banyak keunikan cita rasa yg berbeda beda, dan makanan Indonesia tidak kalah enak dari makanan yang diluar dari Indonesia. Memilik Cara pengolahan setiap masakan yang berbeda beda juga. Makanan Indonesia is the best lh.. ?

  4. Yesica Vetrin Angelisa Purba

    Indonesia memang sangat kaya akan Kuliner dan tidak heran Lagi disetiap daerah pasti memiliki ciri khas khusus dalam pengolahan makanan nya sehingga membuat Indonesia terkenal dengan berbagai makanan yang unik dan lezat.

  5. Nova Sinaga

    Bulungan tak hanya populer dengan pemandangan alam yang indah ,tapi juga beragam hidangan khas bercita rasa lezat dan menggugah selera.Ada banyak sekali pilihan kuliner khas Bulungan yang menarik yang harus kita coba,tidak hanya menawarkan cita rasa yang lezat tetapi juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh kita.

  6. memang ya tak heran lagi dengan makanan kuliner indonesia, seperti di kalimatan utara ini ada makanan khas bulungan kaltara seperti lawa,nasi subut,ikan asin richa,sate ikan ari,kue haw,abon danging kepiting.seperti kuliner nasi subut ini saya baru tau bahwa olahan nasi bisa dengan pencampuran ubi jlar saat memamsak nasi dan membuat warna nasi subut ini sangat indah apalagi di campur dengan jagung wihhh enak sekali pastinya
    keren keren keren

  7. Desi Natalia Manihuruk

    Ternyata makanan khas dibulungan sangat unik. Salah satu makanannya yaitu sate ikan pari. Yang masih jarang saya dengar ikan diolah menjadi sate. Biasanya sate terbuat dari daging ayam, kambing dan sapi tetapi di Bulungan ternyata ikan pari bisa diolah menjadi sate.

  8. Rosalina Pane

    Ternyata masakan di Indonesia termasuk unik-unik. Salah satunya makanan khas Bulungan di Kalimantan Utara yaitu kuliner khas ikan asin Richa. Ikan asin Richa ini diolah dengan bumbu yang berbeda. Di Kaltara ikan asin ini di olah menggunakan saus. Selain itu, masih banyak makanan khas Bulungan yang unik-unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

  9. Sri Sulastri Lumban Tobing

    Makanan khas yang istimewa, tidak hanya ditemukan di dalam cita rasa namun juga gizi, dan nilai budaya yang terkandung didalamnya, dapat ditemukan di Indonesia karena Indonesia memiliki beraneka ragam masakan unik dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas masing-masing.

  10. Marta Manurung

    Dari artikel tersebut banyak makanan khas yang unik-unik dan dapat mengungah selera makan. yang saya dapat pahami dan yang membuat saya terpesona yaitu ikan asin richa yaitu Ikan asin ini diolah menggunakan saus gurih dengan rasa pedas yang menggugah selera saya dan makanan tersebut dapat kita olah sendiri dan juga bisa menghasil uang dari makanan yang akan kita olah.

  11. Inka Nora Audea

    Begitu banyak makanan khas Bulungan Kaltara unggul dalam kualitas. Salah satunya adalah Lawa, Makanan khas ini terbuat dari rumput laut dan timun. Kelapa parut kemudian dicampurkan ke dalam dua jenis sayuran tadi.Rasa segar dari dua bahan utama menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga jangan heran bila Lawa banyak dihidangkan sebagai makanan pembuka. Bulungan Kaltara dengan visinya yang mengutamakan pangan, memiliki banyak makanan khas yang istimewa. Tak hanya rasa namun juga gizinya.

  12. Bulungan adalah Daerah Istimewa. wisata Bulungan juga menggunakan potensi alamnya yang indah
    banyak makanan spesial bisa dicicipi, yang bisa jadi unik dan tidak ada selain di daerah asalnya. Termasuk Bulungan
    Olahan kuliner tersebut mudah didapatkan saat berkunjung ke Bulungan yaitu : Lawa, nasi subut,ikan asin Richa,sate ikan pari,kue haw
    Bulungan Kaltara dengan visinya yang mengutamakan pangan, memiliki banyak makanan khas yang istimewa.

  13. Selain dari penghasil pangan yang berkembang seperti pada sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Kota Bulungan yang berada di Kalimantan utara tidak kalah jauh dengan kuliner yang ada terutama dengan Abon daging kepiting, yang merupakan salah satu kuliner yang yang banyak digemari oleh wisatawan yang dibuat dengan cara digoreng atau dicampur saus sehingga menarik untuk dicoba.selain dari pada abon daging kepiting masih banyak juga kuliner yang memiliki cita rasa tersendiri .

  14. Jenni Maria

    Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas masing-masing ,memiliki keunikan tersendiri mulai dari bahan baku, cara pengolahan . Salah satunya daerah Kalimantan Utara tepatnya di Bulungan, terdapat berbagai jenis makanan khas yang sangat unik , Ada yg kurang rasanya jika berkunjung ke Bulungan tidak mencicipi makanannya .

  15. Woah.. rasanya ingin mencoba makanan khas dari bulungan kalimantan utara karena terdapat berbagai jenis makanan yang unik yang membuat para pencinta kuliner ingin merasakan. Terkhusus pada kuliner lawa yang cocok di makan saat sedang ngemil dan membuat saya ingin mencoba membuat kuliner lawa ini di rumah apalagi jika ditambahkan dengan ikan salmon mungkin rasanya lebih gurih dan manis daginya.

  16. Wella Ruth Simbolon

    Ternyata Bulungan memiliki Begitu banyak makanan khas Bulungan Kaltara unggul dalam kualitas. Salah satunya adalah Lawa, Makanan khas ini terbuat dari rumput laut dan timun. Kelapa parut kemudian dicampurkan ke dalam dua jenis sayuran tadi.Rasa segar dari dua bahan utama menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga jangan heran bila Lawa banyak dihidangkan sebagai makanan pembuka.

  17. Inda Anggreny Siburian

    Makanan khas yang istimewa, tidak hanya ditemukan di dalam cita rasa namun juga gizi, dan nilai budaya yang terkandung didalamnya, dapat ditemukan di Indonesia karena Indonesia memiliki beraneka ragam masakan unik dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas masing-masing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.