Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!
PigiUpdate

Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!

Seru banget lho mengunjungi habitat asli orang utan, fauna endemik dari Kalimatan sekaligus salah satu hewan yang terancam punah di dunia. Orang utan ini tinggal di Taman Nasional Tanjung Puting, pusat rehabilitasi orang utan pertama yang bisa kamu sapa.

Ngomongin orang utan, hewan ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yakni di Pulau Kalimantan dan Sumatera bagian utara. Karena populasi hewan satu ini sudah tak begitu banyak, orang utan menjadi hewan yang terancam punah. Isu tersebut disinyalir karena tempat tinggal yang semakin sempit dan pemburuan liar. Dengan membeli paket wisata Taman Nasional Tanjung Puting, kamu akan dipertemukan dengan orang utan di habitat aslinya. Siap menyapa orang utan, Kawanjo?

Baca juga: Jelajahi Pedalaman Kalimantan Utara dengan Coba 5 Hal Ekstrem Berikut Ini

Taman Nasional ini sudah berdiri sejak tahun 1937 dengan nama Suaka Marga Satwa Sampit yang didirikan oleh pemerintah Belanda. Kemudian sekitar tahun 70-an berubah namanya menjadi Suaka Marga Satwa Tanjung Puting. Tanjung Puting memiliki luas total sekitar 300.040 ha yang terdiri dari kawasan hutan produksi seluas 90.000 ha dan kawasan perairan sekitar 25.000 ha. Tak heran mengapa taman nasional ini menjadi tempat hidup banyak flora dan fauna.

Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!
Orang utan, hewan terberat yang ada di atas pohon.

Untuk menuju Taman Nasional Tanjung Puting, kamu akan diajak menyusuri Sungai Sekonyer dengan pemandangan yang masih alami. Perjalanan tersebut akan seru dan pastinya tak akan terlupakan karena kamu akan menjelajahi sungai dengan perahu klotok. Perahu klotok itu semacam perahu tradisional Kalimantan yang dibuat menggunakan kayu ulin. Konon nama klotok diambil dari bunyi perahu yang berbunyi klotok klotok klotok.

Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!
Perahu klotok

Petualangan ini tentu tak sebatas bertemu orang utan saja Kawanjo. Banyak hal yang bisa kamu dapat saat bertandang ke Taman Nasional Tanjung Puting ini. Biar nggak penasaran, berikut kami gambarkan perjalananmu jika pesan paket wisata Taman Nasional Tanjung Puting di Pigijo ya.

Hari 1:

Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!
Sungai Sekonyer yang kamu lewati dengan kapal klotok.

Sesampainya di Bandara Bun, kamu akan kami bawa langsung ke Kota Kumai untuk memulai petualangan. Yes, belum apa-apa kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan alami saat melintasi Sungai Sekonyer dengan perahu klotok. Di hari yang sama, kamu juga berkesempatan menemui si orang utan dan monyet hidung panjang (Bekantan). Karena paket wisata Taman Nasional Tanjung Puting ini berdurasi tiga hari dua malam (3D2N), kamu akan merasakan experience menginap di atas kapal. Tenang, fasilitasnya oke kok, sudah ada kasur dan bantal. Kamar mandinya juga ada. Pokoknya nyaman deh.

Baca juga: Wisata ke Kalimantan, Kenali 4 Aturan di Tanah Dayak

Hari 2:

Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!
Alas tidur selama di Taman Nasional Tanjung Puting.

Suasana pagimu pastinya akan berbeda dari biasanya. Kicauan burung dan suara alam Tanjung Puting akan menambah kesan petualanganmu. Usai sarapan, kita menuju Camp Pondok Tanggui untuk memberi makan orang utan. Untuk ke Pondok Tanggui ini kamu diharuskan trekking selama 20 menit. Lumayan buat bakar lemak sarapan tadi. Di sini kamu juga bisa melihat tumbuhan kantong semar yang senang memakan serangga. Well, perjalanan dilanjutkan ke Camp Leakey melewati aliran sungai hitam dan panorama hutan yang masih alami. Sesampainya di Camp Leakey, kita kembali trekking nih untuk kembali menyapa orang utan yang ada di sana. Setelah berjumpa dengan orrang utan, kita kembali ke kapal klotok lalu menuju spot Kunang-Kunang untuk menginap. Di sana kamu bisa menikmati malam berhias kunang-kunang yang menyala.

Hari 3:
Sebelum pulang ke kota tujuanmu, kita mengajak kamu semua untuk main ke Pesalat Camp (tempat penanaman kembali hutan atau reboisasi). Setelah puas eksplorasi, barulah kita kembali ke Pelabuhan Kumai untuk mengantarkanmu ke bandara atau hotel.

Paket penjelajahan Tanjung Puting ini bisa kamu pesan dengan harga Rp 2.141.000,-/pax. Setidaknya perjalanan ini sebuah petualangan yang mengesankan selama hidupmu. Paket wisata Tanjung Puting akan terlaksana jika genap terkumpul delapan orang atau lebih. Biar lebih jelas, berikut kami list apa saja yang kamu dapat ketika pesan paket wisata Tanjung Puting di Pigijo.

Harga paket wisata Taman Nasional Tanjung Puting itu termasuk:

  1. Transportasi PP dari Bandara Pangkalan Bun ke TN Tanjung Puting;
  2. Kapal (klotok) 3 hari 2 malam;
  3. Akomodasi (bermalam di kapal);
  4. Makan selama trip;
  5. Air mineral / Teh / Kopi;
  6. Buah / Snack;
  7. Tiket dan izin masuk Taman Nasional;
  8. Guide dan crew kapal;
  9. Donasi penjaga hutan;
  10. Dokumentasi

Harga paket wisata Taman Nasional Tanjung Puting itu tidak termasuk:

  1. Pengeluaran pribadi;
  2. Tip guide dan crew kapal

Untuk detail lengkapnya, kamu juga bisa klik di sini. Bisa juga untuk langsung order paket wisatanya.

Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!

Masih banyak banget lho pilihan wisata seru yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya bisa kamu temukan di Pigijo!

0 comments on “Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.