6 Tips Masak Singkong Rebus Biar Empuk, Harus Coba!
Lifestyle

6 Tips Masak Singkong Rebus Biar Empuk, Harus Coba!

Sederhana tapi memuaskan. Simpel tapi mengenyangkan. Itulah kenikmatan menyantap singkong rebus yang empuk dan manis, dengan sedikit rasa gurih. Dengan cara masak singkong rebus biar empuk, akan hadir sensasi yang nyaman di lidah

Sederhana tapi memuaskan, simpel tapi mengenyangkan. Itulah kenikmatan menyantap singkong rebus yang empuk dan manis, dengan sedikit rasa gurih. Pssst, ada satu rahasia penting, loh!

Bagi penyuka ngemil, gorengan terkadang jadi andalan. Namun saat memikirkan berat badan naik dan kolesterol yang mengintai, bisa jadi ditinggalkan. Segala hal yang direbus bisa dijadikan pengganti. Termasuk singkong rebus untuk diet dan makanan lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Keluak untuk Kesehatan, Nggak Cuma Bikin Rawon Jadi Sedap

Manfaat Singkong Rebus

Manfaat Singkong Rebus
Singkong Rebus

Singkong rebus, tanpa proses penggorengan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Pertama, singkong mengandung serat larut yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mendorong gerakan usus yang sehat dan mengurangi risiko sembelit. Serat ini juga membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Kedua, singkong mengandung vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen, yang mendukung kesehatan kulit, rambut, dan jaringan ikat lainnya. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Ketiga, singkong merupakan sumber vitamin B kompleks, terutama vitamin B6 dan folat. Vitamin B6 diperlukan untuk metabolisme energi dan fungsi saraf yang sehat, sedangkan folat sangat penting untuk pembentukan sel-sel darah merah dan mendukung pertumbuhan janin pada wanita hamil.

Keempat, singkong mengandung mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi. Kalium penting untuk menjaga tekanan darah normal dan keseimbangan cairan dalam tubuh, sedangkan magnesium berperan dalam fungsi otot, pembentukan tulang, dan kesehatan jantung. Zat besi adalah komponen utama dalam pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.

Jadi, meskipun singkong rebus tanpa digoreng, tetaplah menjadi pilihan makanan yang sehat. Juga bergizi karena kandungan serat, vitamin, dan mineralnya yang berlimpah. Segera saja ganti camilannya ya!

Baca juga: 7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Cara Masak Singkong Rebus Biar Empuk

Cara Masak Singkong Rebus Biar Empuk
Singkong Rebus

Adalah kenikmatan paripurna jika bisa menyantap singkong rebus yang empuk dan pulen. Karena itulah butuh teknik dan cara masak singkong rebus biar empuk. Yakni:

  1. Pilih Singkong yang Berkualitas BaikPastikan memilih singkong yang masih segar dan berkualitas baik. Singkong yang segar akan lebih mudah dimasak dan menghasilkan tekstur yang lebih empuk. Pilih singkong dengan kulit yang mudah terkelupas atau mudah terlepas. Singkong yang memiliki ciri ini sering kali memiliki tekstur yang lembut ketika dimasak.
  2. Kupas Kulit SingkongSetelah memilih singkong yang tepat, kupas kulitnya menggunakan pisau atau alat pengupas lainnya. Pastikan untuk membersihkan singkong dari kotoran dan serpihan kulit.
  3. Potong Sesuai dengan KeinginanPotong singkong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Potongan yang lebih kecil akan mempercepat proses memasak dan memastikan singkong matang secara merata. Berikan satu sayatan pada setiap potongan singkong.
  4. Rendam Singkong dalam Air dan Beri Tambahan RasaTips memasak singkong rebus enak adalah rendam dalam air yang ditambah perasa. Baik itu sekedar membubuhkan garam atau menyertakan bumbu ungkep untuk rasa yang lebih gurih.
  5. Rebus Singkong dengan teknik tepatMasukkan potongan singkong ke dalam panci berisi air mendidih. Pastikan air cukup untuk menutupi singkong sepenuhnya. Supaya proses perebusan lebih efektif dan efisien, pakailah metode 5-30-7 untuk mendapatkan singkong yang empuk tanpa harus menunggu terlalu lama.

    Cukup rebus singkong sampai mendidih, biarkan selama 5 menit dengan panci tertutup. Kemudian matikan api dan diamkan selama 30 menit tanpa membuka tutupnya. Setelah itu, rebus lagi sampai mendidih dan biarkan selama 7 menit. Dengan metode ini, singkong akan menjadi empuk dengan cepat.

  6. Tambahkan SantanSatu rahasia ada di tips terakhir. Yakni tambahkan santan saat merebus yang kedua selama 7 menit. Dengan menambahkan santan, selain membuat singkong jadi makin empuk dan merekah, juga menjadikannya terasa lebih gurih. Bahkan tanpa perlu menambah garam atau bumbu lainnya, dengan tambahan santan sudah membuat rasa singkong rebus lebih enak.

Singkong rebus siap disajikan sebagai camilan sehat atau sebagai pendamping hidangan lainnya. Dengan mengikuti cara masak singkong rebus biar empuk di atas, Kawanjo akan mendapatkan makanan yang lezat untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

0 comments on “6 Tips Masak Singkong Rebus Biar Empuk, Harus Coba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.