kluwek, keluak,
Health

5 Manfaat Keluak untuk Kesehatan, Nggak Cuma Bikin Rawon Jadi Sedap

Menjadi masakan yang bahkan dinobatkan sebagai sup terenak di dunia. Nah, kepayang itu sebenarnya sama dengan keluak, bahan utama pembuatan rawon tetapi juga memiliki Manfaat Keluak untuk Kesehatan. 

Nama lainnya adalah kepayang. Hingga kemudian digunakan dalam makna kiasan mabuk kepayang yang disematkan pada mereka yang sedang jatuh cinta berlebihan. Sampai-sampai tidak mampu berpikir secara logis. Begitu pula adanya bila seseorang merasakan kepayang yang sudah diolah. Menjadi masakan yang bahkan dinobatkan sebagai sup terenak di dunia. Nah, kepayang itu sebenarnya sama dengan keluak, bahan utama pembuatan rawon.

Rawon Versi TasteAtlas

rawon, manfaat kluwek, manfaat keluak,
Rawon.

TasteAtlas, situs travel dan kuliner dunia, telah merilis daftar 10 sup terenak di dunia. Indonesia patut berbangga, sebab rawon menduduki peringkat pertama. Dengan nilai 4,8, posisi tersebut mengalahkan ramen khas Jepang dan tom kha gai khas Thailand.

Perlu diketahui, black soup ini juga menempati peringkat pertama sup terenak di dunia pada tahun 2023 lalu. Pada tahun 2020, makanan yang dulunya merupakan kesukaan bangsawan ini juga berjaya di puncak kategori. Namun, pada tahun 2022, rawon harus rela menempati peringkat ke delapan.

Baca juga: Warung Rawon Legendaris di Surabaya, Terjamin Cita Rasa Kenikmatannya 

Pohon Buah Keluak

kluwek, keluak, manfaat kluwek, manfaat keluak,
Pohon Buah Kluwek (Keluak).

Kunci dari kelezatan rawon terdapat pada penggunaan keluak. Rempah inilah yang membuat kuah rawon menjadi berwarna hitam pekat. Bahan bumbu masak ini merupakan bagian dari pohon kepayang yang tumbuh liar atau setengah liar.

Keluak sendiri memiliki nama latin Pangium edule. Dalam bahasa Jawa, keluak juga disebut dengan kluwak, kluwek, atau picung. Sedangkan orang Sunda menyebut picung atau pucung dan di Minangkabau dinamakan simanguang. Sementara penduduk Toraja menyebutnya dengan pamarrasan dan orang Minahasa memberi nama keluak dengan pangi. Sungguh beraneka ragam, meski yang dimaksud hanya satu, si bumbu berwarna hitam ini.

Baca juga: Fakta Unik Rawon, Sup Terenak di Dunia 2023

Masakan yang Menggunakan Keluak

keluak, kluwek, manfaat kluwek, manfaat keluak,
Buah Kluwek (Keluak).

Selain rawon, ternyata banyak pula  masakan yang menggunakan kluwek khas Indonesia. Seperti sup konro,  picungan khas Banten, nasi pindang khas Kudus, lele bumbu keluak, brongkos, dan masih banyak lagi. Termasuk di antaranya inovasi nasi goreng keluak. Bumbu rempah yang satu ini memang bisa memberikan efek rasa lebih gurih dengan karakteristik unik. Pantas bila masakan dengan bahan keluak bisa bikin mabuk kepayang. Nambah lagi dan nambah lagi.

Keluak Beracun

keluak, kluwek, manfaat kluwek, manfaat keluak,
Buah Kluwek (Keluak).

Fakta menarik keluak adalah, meski rasanya gurih dan bisa digunakan pada bumbu masakan yang lezat, ternyata bahan ini beracun! Ya, jika dikonsumsi dalam kondisi mentah, akan menyebabkan keracunan. Sebab keluak mentah ini mengandung Sianogenik glikosida yang ditemukan pada daun, kulit batang, dan biji tanaman kepayang

Saking berbahayanya, racun pada biji keluak dulu sering dioleskan pada mata panah. Supaya hewan buruan bisa mati dengan cepat. Sampai di sini, istilah mabuk kepayang bisa juga bersumber dari kenyataan bahwa tanaman kepayang memang memabukkan.

Nah, supaya bisa digunakan, butuh proses fermentasi yang cukup panjang. Caranya adalah dengan merebus dan merendam keluak dalam air terlebih dulu, sebelum digunakan. Ada juga yang setelah merebusnya, biji keluak kemudian dibungkus daun pisang dan dikubur dalam abu selama satu bulan. Lalu kulit bijinya dibelah kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari atau direndam dalam air selama dua hari.

Cara di atas selain supaya racunnya hilang, juga agar muncul warna hitam pekat. Sehingga bisa aman untuk digunakan sebagai bumbu masakan.

Manfaat Keluak untuk Kesehatan

keluak, kluwek, manfaat kluwek, manfaat keluak,
Buah Kluwek (Keluak).

Jika mengandung racun saat mentah, setelah difermentasi keluak mengandung vitamin dan mineral penting. Zat ini membawa manfaat keluak untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungannya yaitu karbohidrat, lemak, protein, serat, kalium, zat besi, mangan, dan vitamin A serta C.

Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, keluak punya beragam manfaat. Seperti:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas berkat kandungan antioksidannya.
  2. Antioksidan dalam Kluwek berperan sebagai agen antikanker dan mencegah penyakit kronis seperti sakit jantung dan penyakit Parkinson.
  3. Tingginya kandungan kalium efektif mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  4. Kandungan vitamin C yang tinggi mencegah asam urat dengan menghambat penumpukan purin pada sendi.
  5. Kluwek menjaga kesehatan otot berkat kandungan fosfornya yang mengurangi kelemahan otot hingga mati rasa.

Ternyata istilah mabuk kepayang berasal dari fakta tentang buah kepayang yang juga disebut keluak (kluwek). Apabila telah diolah akan mampu melezatkan masakan. Hingga penikmatnya seolah merasakan rasa cinta yang berlebihan. Apalagi bila tahu terdapat manfaat keluak untuk kesehatan.

0 comments on “5 Manfaat Keluak untuk Kesehatan, Nggak Cuma Bikin Rawon Jadi Sedap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.