Fakta Unik Rawon
PigiNews

Fakta Unik Rawon, Sup Terenak di Dunia 2023

Masakan berbahan dasar kluwek dan daging sapi ini berhasil menduduki ranking pertama Sup Terbaik sedunia pada Juli 2023

Dunia kuliner Nusantara semakin menunjukkan taringnya di kancah internasional. Taste Atlas kembali memberikan penghargaan pada rawon dari Indonesia. Masakan berbahan dasar kluwek dan daging sapi ini berhasil menduduki ranking pertama Sup Terbaik sedunia pada Juli 2023. Lebih lanjut, apa saja sih fakta unik rawon itu?

Resep Rawon 

Resep Rawon
Resep Rawon

Dikenal di luar negeri sebagai black soup, rawon memang berciri khas kuahnya nampak pekat. Sebagian besar masyarakat di Indonesia memang memasaknya dengan kuah hitam. Sebagian besar lagi berwarna coklat.

Warna gelap tersebut berasal dari kluwak, salah satu rempah khas Indonesia yang ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Semisal menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi asam urat dan hipertensi, dan lain sebagainya. Rasanya yang khas pun mendominasi dalam sebuah penyajian rawon. Tentunya dengan dicampur bumbu lainnya, seperti  bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, lengkuas, kunir, serai, garam.

Kluwek dan bumbu rawon lainnya dihaluskan kemudian ditumis sampai harum. Lalu, masukkan ke dalam kaldu daging sapi. Dimana dagingnya sudah dipotong dadu ukuran sekitar 1 cm. Kelezatan rawon ditentukan olahan kuahnya. Yaitu dari kaldu daging yang digunakan, baik dari lemak, tulang muda, maupun kulitnya.

Setelah matang, rawon pada umumnya disajikan bersama nasi, tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan sambal.

Baca Juga : Ngetrip Seru ke Gunung Bromo Cuma 300 Ribu

Fakta Unik Rawon

Fakta Unik Rawon
Fakta Unik Rawon

Rawon memang sudah umum dikenal masyarakat. Banyak warung hingga restoran ternama yang menyajikan menu masakan ini. Rawon pun sudah umum dijadikan masakan di rumah-rumah penduduk Indonesia.

Dengan didapatnya gelar dari Taste Atlas, wajar bila rawon menjadi semakin populer dan membuat bangga. Ternyata dibalik nama besarnya, ada banyak fakta unik rawon. Bisa jadi ada yang belum Kawanjo ketahui. Simak, yuk!

  1. Asal usul rawon
Asal usul rawon
Asal usul rawon

Diketahui, black soup ini berasal dari daerah Jawa Timur. Ternyata, tepatnya adalah dari daerah Ponorogo. Hal ini tertera dalam prasasti Taji yang dikeluarkan pada tahun 901 Masehi. 

Di dalamnya tertera nama menu makanan, rerawwan yang dijelaskan sebagai masakan berkuah hitam dengan aneka rempah. Warna ini identik dengan Ponorogo yang kala itu kental dengan nuansa magis nan kelam.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang

  1. Makanan bangsawan
Fakta Unik Rawon sebagai Makanan bangsawan
Fakta Unik Rawon sebagai Makanan bangsawan

Jelas sudah bila rawon adalah warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Dahulu, rawon merupakan makanan bangsawan kerajaan. Namun seiring perkembangan jaman, rawon juga dihidangkan di rumah-rumah penduduk. 

  1. Prestasi dari Taste Atlas
peringkat pertama sup terenak di dunia tahun 2023
peringkat pertama sup terenak di dunia tahun 2023

Rawon menempati peringkat pertama sup terenak di dunia tahun 2023. Prestasi tersebut ternyata tak hanya sekali ini saja diberikan Taste Atlas. Pada tahun 2020, rawon pun mendapat peringkat yang sama. Sedangkan pada tahun 2022, rawon harus rela menempati peringkat ke delapan. Hingga akhirnya sekarang rawon berjaya kembali.

  1. Jenis Rawon 

Ternyata rawon dikemas berbeda-beda di beberapa daerah, hingga menjadi kuliner khas yang kelezatannya pun tak terelakkan. Seperti rawon pecel dari Banyuwangi yang merupakan perpaduan tidak biasa antara dua makanan populer. Sedangkan di Malang, rawon memiliki berkuah coklat. Di kota Pasuruan, rawon disajikan di atas daun pisang dengan mendol tempe sebagai pelengkap.

Seiring perkembangan jaman, modifikasi bumbu rawonpun terus bermunculan. Seperti adanya bakso rawon, nasi goreng rawon, ramen rawon, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Trip 3 Hari Cuma Sejuta, Eksplor Belitung Bareng Pigijo Dijamin Untung

  1. Rawon Populer

Fakta unik rawon selanjutnya adalah adanya beberapa rumah makan atau restoran yang populer. Mereka menawarkan rawon yang khas dan membuat penikmatnya tak pernah puas. Seperti Rawon Nguling di Probolinggo dan Rawon Kalkulator di Surabaya. Keduanya menyuguhkan rawon dengan irisan daging yang lebih besar dan kuahnya kental. Ada juga Rawon Tessy dan Rawon Penjara Solo sebelah timur Rumah Tahanan Surakarta. Ada banyak lagi warung rawon di Jawa maupun tempat lainnya.

Fakta unik rawon semakin meyakinkan betapa masakan ini layak jadi juara. Taste Atlas tak salah memberikan predikat sup terbaik pada rawon, masakan warisan nenek moyang dengan bumbu asli Nusantara.

0 comments on “Fakta Unik Rawon, Sup Terenak di Dunia 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.