Hilangkan Pening dengan Wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting!
PigiUpdate

Open Trip Tanjung Puting, Harganya Gak Bikin Pusing

Nggak akan nyesel keluarin Rp2,5 Juta buat ikutan open trip Tanjung Puting 3 hari 2 malam!

Rindu suasana alam dengan gemercik aliran sungai? Ikutan open trip Tanjung Puting di Pigijo, kamu bisa sekalian bertemu dengan orang utan, hewan endemik yang terancam punah. Taman Nasional Tanjung Puting ini sangat dikenal sebagai destinasi wisata sekaligus menjadi konservasi orang utan terbesar di dunia yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Taman Nasional ini sudah berdiri sejak tahun 1937 dengan nama Suaka Marga Satwa Sampit yang didirikan oleh pemerintah Belanda. Kemudian sekitar pada tahun 70-an berubah namanya menjadi Suaka Marga Satwa Tanjung Puting. Tanjung Puting memiliki luas total sekitar 300.040 ha yang terdiri dari kawasan hutan produksi seluas 90.000 ha dan kawasan perairan sekitar 25.000 ha. Maka tak heran yaa, mengapa taman nasional ini menjadi tempat hidup banyak flora dan fauna.

Untuk menuju Taman Nasional Tanjung Puting, kamu akan diajak menyusuri Sungai Sekonyer dengan pemandangan yang masih alami. Perjalanan tersebut akan seru dan pastinya tak akan terlupakan karena kamu akan menjelajahi sungai dengan perahu klotok. Perahu klotok itu semacam perahu tradisional Kalimantan yang dibuat menggunakan kayu ulin. Konon nama klotok diambil dari bunyi perahu yang berbunyi klotok klotok klotok.

Petualangan ini tentu tak sebatas bertemu orang utan saja Kawanjo. Banyak hal yang bisa kamu dapat saat ikutan open trip Tanjung Puting ini. Nah, untuk memudahkan kamu berkunjung ke TN. Tanjung Puting, Minjo sudah menyiapkan paket oprn trip Taman Nasional Tanjung Puting 3D2N dengan harga Rp2.500.000,-/pax! Dengan membeli paket open trip Tanjung Puting, kamu akan dipertemukan dengan orang utan di habitat aslinya. Siap menyapa orang utan, Kawanjo? Biar nggak penasaran, berikut kami gambarkan perjalananmu jika pesan open trip Tanjung Puting di Pigijo ya.

Baca juga: Rayakan Hari Hutan di 3 Destinasi Ekowisata Ini!

Open Trip Tanjung Puting, Borneo | Tanjung Puting National Park | Authentic-Indonesia
Ikutan open trip Tanjung puting bisa lihat orang utan yang hidup bebas.
(Sumber: authenticindonesia.com)

Hari 1:

Sesampainya di Bandara Pangkalan Bun, kita akan langsung bergegas ke Kota Kumai untuk memulai petualangan di Taman Nasional Tanjung Puting. Nah, belum tiba di tujuan utama saja kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan alami saat melintasi Sungai Sekonyer dengan perahu klotok. Di hari yang sama, kamu juga berkesempatan menemui si orang utan dan monyet hidung panjang (Bekantan). Karena open trip Tanjung Puting ini berdurasi tiga hari dua malam (3D2N), kamu akan merasakan experience menginap di atas kapal. Tak perlu khawatir deh, fasilitasnya Minjo sudah jamin 1000% pasti oke banget, sudah ada kasur dan bantal. Kamar mandinya juga ada. Pokoknya nyaman deh.

Baca juga: Anti Galau, 4 Rekomendasi Wisata Lamandau Kalimantan Tengah

Open Trip Tanjung Puting, Cerita Sungai Sekoyer, dari Perjuangan hingga Makhluk Halus - MerahPutih
Menyusuri Sungai Sekonyer jadi bagian dari itinerary open trip Tanjung Puting.
(Sumber: merahputih.com)

Hari 2:

Suasana pagimu pastinya akan berbeda dari biasanya. Kicauan burung dan suara alam Tanjung Puting akan menambah kesan petualanganmu. Usai sarapan, kita menuju Camp Pondok Tanggui untuk memberi makan orang utan. Untuk ke Pondok Tanggui ini kamu diharuskan trekking selama 20 menit. Lumayan buat bakar lemak sarapan tadi. Di sini kamu juga bisa melihat tumbuhan kantong semar yang senang memakan serangga. Well, perjalanan dilanjutkan ke Camp Leakey melewati aliran sungai hitam dan panorama hutan yang masih alami. Sesampainya di Camp Leakey, kita kembali trekking nih untuk kembali menyapa orang utan yang ada di sana. Setelah berjumpa dengan orrang utan, kita kembali ke kapal klotok lalu menuju spot Kunang-Kunang untuk menginap. Di sana kamu bisa menikmati malam berhias kunang-kunang yang menyala.

Baca juga: Camping di Kampung Bambu Tandilang Kalimantan Selatan dan Aktivitas Menarik Lainnya

Open Trip Tanjung Puting, How is Camp Leakey Related to Tanjung Puting National Park - Duwus.com
Camp Leakey
(Sumber: Duwus.com)

Hari 3:
Sebelum pulang ke kota tujuanmu, kita mengajak kamu semua untuk main ke Pesalat Camp (tempat penanaman kembali hutan atau reboisasi). Setelah puas eksplorasi, barulah kita kembali ke Pelabuhan Kumai untuk mengantarkanmu ke bandara atau hotel.

Paket penjelajahan Tanjung Puting ini bisa kamu pesan dengan harga Rp2.500.000,-/pax. Setidaknya perjalanan ini sebuah petualangan yang mengesankan selama hidupmu. Biar lebih jelas, berikut Minjo list apa saja yang kamu dapat ketika pesan open trip Tanjung Puting 3D2N di Pigijo.

Harga open trip Tanjung Puting itu termasuk:

  1. Transportasi PP dari Bandara Pangkalan Bun ke TN Tanjung Puting;
  2. Kapal (klotok) 3 hari 2 malam;
  3. Akomodasi (bermalam di kapal);
  4. Makan selama trip;
  5. Air mineral / Teh / Kopi;
  6. Buah / Snack;
  7. Tiket dan izin masuk Taman Nasional;
  8. Guide dan crew kapal;
  9. Donasi penjaga hutan;
  10. Dokumentasi

Untuk detail lengkapnya, kamu juga bisa klik di sini. Bisa juga untuk langsung order open trip Tanjung Puting melalui tombol di bawah ini.

cover email

Masih banyak banget lho pilihan wisata seru yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya bisa kamu temukan di Pigijo!

Penulis: Juwita Qhalby H

0 comments on “Open Trip Tanjung Puting, Harganya Gak Bikin Pusing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.