Gua Allo Sombori
Local Experiences

Daya Tarik Gua Allo Sombori, Bisa Menemukan Hewan Kecil Multifungsi!

Sepetak Surga yang Jatuh di Lautan Bumi Morowali disematkan pada Gua Allo Sombori.

Sepetak Surga yang Jatuh di Lautan Bumi Morowali disematkan pada Gua Allo Sombori. Sebuah daerah dengan pesona bak nirwana. Salah satu sebabnya adalah banyaknya gua di dalamnya. Gua-gua tersebut didominasi stalaktit yang indah. Gua Allo Sombori merupakan satu diantaranya, sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di mana Kawanjo bisa merasakan sensasi bermain air di dalam gua dan menemukan hewan kaya manfaat di sini.

Sombori merupakan kawasan konservasi dengan luas 147.700 hektar. Banyak yang bilang, wilayah ini merupakan miniaturnya Raja Ampat di Papua. Sebab sama-sama merupakan gugusan kepulauan karst. Sombori juga sama-sama indah bak serpihan surga, sehingga potensi wisatanya sangatlah besar. Gua Allo menjadi bagian dari spot yang menarik perhatian banyak orang.

Baca juga: Open Trip Raja Ampat Cuma 6 Jutaan, Cek Sebelum Kehabisan!

Lokasi Gua Allo Sombori

Lokasi Gua Allo Sombori 
Lokasi Gua Allo Sombori

Gua Allo merupakan bagian dari Pulau Sombori. Tepatnya pulau ini berada di Desa Mbokitta, Kecamatan Menui Kepulauan, Morowali, Sulawesi Tengah. Sombori terletak di bagian Selatan Teluk Tolo, Kabupaten Morowali.

Akses Menuju Gua Allo Sombori

Akses Menuju Gua Allo Sombori
Akses Menuju Gua Allo Sombori

Untuk sampai di Pulau Sombori,   akses terdekat adalah dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Perjalanan dari Pantai Biru Kota Kendari ke Pulau Sombori menghabiskan waktu sekitar 4 sampai 6 jam, tergantung pada kecepatan kapal dan cuaca sekitar. Rute ini melewati Pulau Labengki di jalur Selatan Sulawesi Tenggara.

Perjalanan dapat dilakukan dengan dua tahap, yaitu jalur darat ke Kabupaten Konawe Utara dan dilanjutkan dengan jalur laut selama dua jam menggunakan speed boat. Cara ini dilakukan untuk mencapai Sombori dengan lebih cepat. Namun jika Kawanjo berkehendak memulai perjalanan dari Kabupaten Poso, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, akan memakan waktu perjalanan darat selama 15 jam.

Sesaat setelah masuk di kawasan Sombori, Kawanjo akan melihat pemandangan menakjubkan. Tebing karang tinggi mengapit di sisi kiri dan kanan. Lautnya luas dengan warna biru kehijauan. Tak hanya dari atas, Pulau Sombori juga memiliki keindahan bawah laut yang jadi incaran para penggemar snorkeling. Baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nah, yuk sementara skip keindahan lautnya, saatnya menuju ke Gua Allo. Dari Desa Mbokita, Kawanjo akan sampai pada satu spot  instagramable yang disebut Rumah Nenek. Sebuah rumah estetik di atas laut yang menyendiri, tersembunyi di perairan  tenang dan dikelilingi oleh pulau-pulau kecil. Dari sini nampaklah hanyalah sebuah tebing batu tinggi  yang menjulang di atas air jernih yang berwarna hijau tosca. Perjalanan pun dilanjutkan untuk menuju tebing tersebut. Setelah sampai, tampaklah mulut Gua Allo di Sombori yang menawan hati.

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Teluk Wondama, Siap Menyusul Raja Ampat!

Daya Tarik Gua Allo Sombori

Daya Tarik Gua Allo Sombori
Daya Tarik Gua Allo Sombori

Gua Allo di Pulau Sombori termasuk  gua basah. Yakni ada air laut yang langsung bisa masuk ke dalamnya. Sehingga di bagian depan gua terbentuklah kolam yang menyambung dengan laut. Menariknya, mulut gua yang lebar cukup untuk dilewati perahu dayung.

Jika Kawanjo berenang di dalam kolam tersebut, ada sensasi tersendiri. Karena langsung menyambung dengan laut, bisa jadi tiba-tiba ombak menghantam pelan tubuh. Jika badan Kawanjo mengapung dan pandangan terarah ke atas, akan terlihat keindahan stalaktit yang mirip kristal bergelantungan.

Air di kolam dalam gua sangatlah jernih. Jika terkena sinar matahari, nampaklah pasir putih di dasar kolam. Apalagi, akan nampak hewan teripang berwarna hitam di atas pasir putih tersebut. Sungguh kombinasi yang mempesona.

Perlu diketahui, teripang yang juga disebut timun laut ini adalah biota penting untuk kelestarian laut. Karena hewan ini hanya bisa bertahan hidup pada ekosistem terumbu karang, air laut yang bersih, dan tenang untuk hidup. Gua Allo pastilah memenuhi persyaratan ini, sebab dapat ditemukan banyak teripang di dalamnya.

Selain bermanfaat untuk lingkungan, ternyata teripang juga bermanfaat untuk kesehatan. Seperti sebagai bahan pangan, sumber kolagen, dan menguatkan tulang. Teripang juga menjadi obat tradisional, yang memiliki banyak manfaat. Yakni untuk membantu mengurangi kerusakan sel jaringan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, membantu mengurangi pembekuan dalam sel darah, menghambat pertumbuhan sel tumor, juga sebagai anti bakteri dan jamur.

Gua Allo Sombori memang patut dikunjungi bila Kawanjo sedang nge-trip ke wisata di Morowali. Sebagai bagian dari pesona miniatur Raja Ampat, gua ini memiliki keindahan tersendiri. Termasuk diantaranya adalah penampakan hewan yang banyak manfaatnya. Warna gelapnya memberi kombinasi menarik pada pasir putih di dasar kolam yang terkena sinar matahari.

0 comments on “Daya Tarik Gua Allo Sombori, Bisa Menemukan Hewan Kecil Multifungsi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.