7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde
Local Experiences

7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde

Intip daftar kuliner lezat malam hari di kota Yogyakarta.

Selain dikenal dengan kota wisata dan kota budaya, Yogyakarta populer dengan kelezatan kulinernya, terutama di waktu malam. Saat Kawanjo ngetrip di Yogyakarta, enggak usah takut kelaparan atau bosan karena kuliner di Yogyakarta begitu beragam.

Meski dikenal sebagai pusat kuliner bercitarasa legit, tidak serta merta hanya kuliner di kota ini didominasi gudeg. Kawanjo wajib mencoba sejumlah kuliner khas lainnya semisal gudeg mercon yang dominan rasa pedas hingga sate klathak yang gurih. Santapan-santapan itu adalah sejumlah kecil contoh kuliner malam di Yogyakarta.

BACA JUGA: Flu Menyerang, Segera Konsumsi 5 Makanan Ini

Masih banyak lagi kuliner yang kaya citarasa bisa ditemukan di Yogyakarta. Untuk mempermudah Kawanjo untuk menemukan kuliner malam apa saja yang lezat di Yogyakarta kami berikan tujuh rekomendasi. Kuliner-kuliner ini juga sama lezatnya jika makan dibawa pulang ke tempat Kawanjo tinggal saat berada di Yogyakarta. Yuk kita intip daftarnya:

  1. Gudeg Mecon Bu Tinah
7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde
Gudeg Mercon Bu Tinah

Ingin merasakan kuliner khas Yogyakarta dengan cita rasa berbeda, Kawanjo wajib ke Gudeg Mercon Bu Tinah. Dari namanya saja Kawanjo pasti sudah kebayang betapa pedas dan lezatnya Gudeg Mercon Bu Tinah.

Terletak di Jl Asem Gede nomor 8, Gudeg Mercon Bu Tinah buka setiap hari dari pukul 22.00. Sebelum PPKM diberlakukan Gudeg ini buka sampai pagi, namun kini waktu operasionalnya dibatasi.

Di Gudeg Mercon Bu Tinah Kawanjo, selain Gudeg yang jadi andalan sejumlah lauk lain seperti telur bulat, ayam goreng hingga berbagai macam sate tersedia di sini. Lauk pauk membuat citarasa Gudeg Mercon Bu Tinah yang terkenal pedas dari irisan cabai akan semakin terasa lezat dan menggugah selera.

  1. Sate Klathak Pak Pong
7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde
Sate Klathak

Kuliner malam Yogyakarta yang satu ini terkenal karena berbeda dengan sate-sate lainnya. Jika sate pada umumnya menggunakan tusuk bambu tak demikian dengan Sate Klathak. Potongan daging kambing di Sate Klahtak ditusuk dengan jeruji besi tajam.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Menu Sarapan Saat Berada di Malang

Salah satu Sate Klahtak paling legendaris di Yogyakarta adalah Sate Klathak Pak Pong yang terletak di Bantul. Seporsi Sate Klahtak Pak Pong berisi dua tusuk sate dengan irisan besar daging kambing. Sate Klathak Pak Pong tak cuma empuk dagingnya gurih dan akan makin sedap disantap bersama kuah gulai dan nasi panas.

  1. Soto Sampah
7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde
Soto Sampah

Namanya seperti tak lazim. Tapi, di balik nama yang nyeleneh dan aneh Soto Sampah merupakan salah satu kuliner legendaris yang kelezatannya begitu melegenda. Dalam sepiring soto sampah terdapat isian berupa irisan kol, bihun, daging gajih tentunya kuah soto. Tampilan Soto Sampah yang acak-acakan ternyata berbanding terbalik dengan rasanya. Kuah soto sampah sangat segar, isian-isian di dalam soto membuat kuliner ini gurih untuk disantap.

Soto Sampah terletak di Jl Kranggan. Tempat ini juga punya cabang di dekat Alun-alun Yogyakarta tepatnya sebelah timur Keraton. Seporsi Soto Sampah juga sangat terjangku mulai dari Rp 8000. Dengan harga murah rasa lezat jadi enggak ada alasan lagi Kawanjo untuk melewatkan kuliner legendaris ini.

  1. Bakmi Jawa Pak Rebo
7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde
Bakmi Jawa Pak Rebo

Terletak di Jl Brigjen Katamso, Bakmi Jawa Pak Rebo dari tahun ke tahun selalu masuk rekomendasi kuliner malam di Yogyakata. Kuliner ini bahkan sudah masuk kategori legendaris. Sebab, pengelola saat ini adalah generasi ketiga. Warung makan itu sudah berdiri puluhan tahun lamanya tanpa pernah ditinggalkan langganan, dan bahkan selalu menarik penikmat baru.

Bakmi Jawa Pak Rebo dikenal karena kelezatan sepiring Mie Godog. Bedanya di sini, Mie Godog tidak memakai kecap asin dan manis. Rasa Mie Godog di Bakmi Jawa Pak Rebo gurih karena memakai telur bebek. Irisan ayam dan seledri memperkuat citarasa santapan ini. Makan Mie Godog Pak Rebo pun sangat nikmat disantap di malam hari bersama udara sejuk di Yogyakarta.

  1. Nasi Teri Gejayan Pak Dul
7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde
Nasi Teri

Yang lapar tengah malam di Yogyakarta, jangan pusing dan bingung, langsung saja pesan Nasi Teri Gejayan yang berlokasi di dekat pusat kota. Nasi Teri Gejayan sudah buka sejak tahun 90an. Dari semenjak buka hingga saat ini, Nasi Teri Gejayan tetap menawarkan menu yang sama.

Andalan utama Nasi Teri Gejayan adalah nasi, teri dan sayur. Namun, Nasi Teri Gejayan menyediakan lauk tambahan lain seperti gorengan, ayam goreng, telur, tahu tempe hingga pergedel. Semua menu di sini dimasak menggunakan cara tradisional menggunakan arang. Oleh sebabnya, citarasa kuliner ini begitu lezat di lidah.

  1. Gudeg Bromo Bu Tekluk
7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde
Gudeg Bromo

Bagi Kawanjo yang mau mencicipi Gudeg bercitarasa legit, tapi inggin di tempat yang berbeda, maka Gudeg Bromo Bu Tekluk harus jadi pilihan. Berdiri sejak 1994 Gudeg Bromo Bu Tekluk terletak di Jl Affandi Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Sepiring Nasi Gudeg Bu Tekluk berisi nasi sayur nangka, krecek, telur rebus dan ayam suwir. Terdapat pula lauk tambahan seperti tempe tahu bacem hingga ceker bumbu kecap. Nasi Gudeg lezat dengan citarasa legit ini buka setiap hari dari pukul 23.00 sampai 04.30 pagi.

  1. Wedang Ronde Mbah Payem
7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde
wedang ronde

Kawanjo yang ingin mencari minuman hangat di kota Yogyakarta maka Wedang Ronde Mbah Payem bisa jadi pilihan. Wedang Ronde Mbah payem berlokasi di Jl Kauman Kota Yogyakarta. Wedang Ronde Mbah Payem adalah salah satu kuliner legendaris Yogyakarta. Bahkan Presiden ke-2 RI Soeharto dikabarkan langganan Wedang Ronde ini.

Yang bikin Wedang Ronde ini istimewa seluruh bahan-bahan tak menggunakan pengawet. Semangkuk Wedang Ronde Mbah Payem berisi ronde dari beras ketan, kolang-kaling, kacang. Selain hangat rasa manis dan pedas wedang ronde ini berpadu sempurna. Meminum wedang ronde ini pun menjadi suatu hal yang tak boleh dilewatkan saat berada di Yogyakarta.

Bagaimana Kawanjo, ngiler enggak dengan rekomendasi kita? Nah, kalau sudah melihat daftar di atas, yuk intip rekomendasi wisata dari kami di sini.

Baca Juga : Berburu 4 Kuliner Otentik Jawa di Jakarta (Online)

0 comments on “7 Kuliner Malam Lezat di Yogyakarta, Dari Gudeg Mercon hingga Wedang Ronde

Leave a Reply

Your email address will not be published.