Trekking Ke Curug, Sebaiknya Simak 5 Tips Berikut Ini
Local Experiences

Trekking Ke Curug, Sebaiknya Simak 5 Tips Berikut Ini

Kawanjo ngetrip ke curug lagi trend nih! Soalnya selain sejuk, trekkingnya juga seru kok, tapi inget beberapa hal ya biar aman tripnya

Ngetrip ke curug sudah jadi banyak pilihan banyak orang, terutama saat awal-awal pandemi masuk di Indonesia. Semua destinasi wisata pun menerapkan protokol kesehatan, karena masih dalam masa pandemi COVID-19. Curug atau air terjun jadi destinasi wisata pilihan pertama saat weekend tiba. Pertama, jarak dekat dan bisa ditempuh hanya dalam waktu satu hari. 

Bicara ngetrip ke curug, kamu bisa temukan banyak di Bogor kawanjo. Bogor dikenal sebagai kota 1000 curug, dan kamu bisa melakukan trekking seru di sini bersama teman ataupun keluarga. Tapi jika ingin trekking ke curug sebaiknya simak beberapa tips di bawah ini : 

1. Gunakan Pakaian Quick Dry

Tips ngetrip ke Curug
Pakaian harus quick and dry dong biar sabi trekkingnya

Trekking ke curug memang sejuk. Lebatnya hutan dan juga jalur yang sulit dan mudah serta menanjak di sebagian lokasi, membuat kita harus punya energi ekstra. Dikarenakan cuaca dingin, membuat baju jadi lembab. Oleh karena itu jika ada rencana trekking ke curug sebaiknya gunakan pakaian quick dry ya kawanjo. Kamu jadi nyaman saat trekking jika menggunakan pakaian yang jenisnya quick dry.

2. Sepatu yang Fleksibel

Tips trekking ke Curug
Alas juga wajib pakai yang sesuai karena jalur licin

Poin kedua sebenarnya bebas sih. Kamu bisa menggunakan sepatu ataupun sandal gunung. Tapi disarankan mendingan kamu menggunakan sandal yang fleksibel seperti sandal gunung. Selain tidak licin, beberapa diantaranya juga ada yang dibuat ringan, hingga tidak terasa jika digunakan. 

3. Baju ganti

Tips trekking ke curug
Jangan lupa cobain dinginnya air terjun. Makanya jangan lupa bawa baju ganti ya

Trekking ke curug tanpa berenang, duh kayaknya sayang banget ya kawanjo. Tujuan utama kita trekking ke curug sudah pasti menikmati kesejukan air terjunnya. Jadi, jangan sampai kamu tiba di curug hanya duduk-duduk apalagi foto-foto saja. Cobain berenang ya. Usahakan kamu membawa pakaian ganti, biar pas turun dan selesai melakukan aktivitas di curug kamu dalam keadaan kering. 

Baca Juga : Rute Curug yang Asyik Ditempuh Buat Ngetrip Sehari

4. Air minum dan cemilan

Tips trekking ke Curug
Minum dan nyemil pas baru sampai sebelum nyebur ke air terjun

Biarpun sejuk dan menyenangkan, jangan lupa untuk tetap membawa air minum dan camilan ya. Soalnya, tubuh mudah dehidrasi, meskipun kamu berada di cuaca yang sejuk. Ini dikarenakan trekking butuh tenaga dan stamina yang bagus. Jangan lupa juga untuk membawa sedikit cemilan biar gak bingung setelah tiba di curug. Kamu bisa isi perut kosong terlebih dahulu sebelum nyebur ke air terjunnya. 

5. Uang Cash

Tips trekking ke curug
Duit cash perlu sekali buat jaga-jaga saat ngetrip ke wilayah yang tidak ada atm

Ini penting banget kawanjo. Pernah dengar nggak kalau sebenarnya banyak orang yang seringkali meminta bayaran di pintu masuk curug? Padahal sebenarnya bayarnya hanya sekali, tetapi kadang di dalam kita suka diminta uang kembali. Itulah gunanya kenapa kamu butuh orang yang memandu, atau ikutan paket wisata dan open trip menarik seperti di Pigijo.com.

Terlepas dari itu, kita butuh uang cash di sini. Mengingat belum tersedianya atm ataupun mesin debit, jadi jika berkunjung ke warung makan untuk minum kopi ataupun minum teh dibutuhkan duit cash. 

Baca Juga : Trekking Curug Leuwi Hejo vs Curug Cibeureum, Lebih Asyik yang Mana Nih?

0 comments on “Trekking Ke Curug, Sebaiknya Simak 5 Tips Berikut Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.