malang, menu sarapan, rekomendasi sarapan di malang, kuliner malang, goa pinus, Mata Air Sumber Sirah, Pantai Tiga Warna, ngetrip, malang, rekomendasi, nasi trancam, pawon kraton karuman, rawon, soto, taman jajan al fatih, perumahan sawojajar, nasi jejen, warung bu umi, bubur ayam, bubur ayam cak mun, nasi campur madura, nasi madura, pecel, pecel sarangan bedjo, puncak mandala, nasi buk, mbok siti, malang kotabaru, kawanjo, local experience,
Local Experiences

6 Rekomendasi Menu Sarapan Saat Berada di Malang

Kini, Malang menjadi kota yang banyak diperhitungkan para traveler. Paket wisatanya komplit, mulai dari wisata gunung, wisata sejarah, hingga kulineran yang bikin kangen.

Sama halnya dengan Yogyakarta, Bandung, Semarang, dan kota-kota besar lainnya. Malang ini salah satu destinasi wisata paling komplit. Mulai dari menikmati sejuknya suasana dan pemandangan indah Goa Pinus, mengintip dasar Mata Air Sumber Sirah, hingga bersantai di Pantai Tiga Warna. Ah, buat kalian yang belum pernah ke Malang, cobain deh, seru!

Satu lagi nih Kawanjo, jika kalian menghendaki ngetrip seru di Malang, jangan coba-coba memulai hari dengan sarapan di hotel ya. Akan banyak yang kalian lewatkan hanya karena memilih roti berselai dan sereal ala hotel.

Ya, Malang punya sejuta pesona dalam hal kuliner, bahkan untuk sarapan. Suatu ketika sedang berada di Malang, cobalah beberapa menu berikut ini sebelum memulai hari.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Kuliner Nusantara Teman Nonton saat PPKM

1. Nasi Trancam Pawon Kraton Karuman

6 Rekomendasi Menu Sarapan Saat Berada di Malang
Yang doyan sayuran, mari merapat!


Menu sarapan di Malang yang pertama adalah sayur trancam. Sayuran berbumbu kelapa parut ini bisa kalian nikmati di Pawon Kraton Karuman, tepatnya di Jl. Raya Tlogomas No.40, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Yang bikin menu sarapan ini berbeda dan istimewa adalah bumbu parutan kelapanya. Sedap betul Kawanjo. Kalian juga bisa menyantapnya dengan ayam bumbu untuk mengisi semangat dalam memulai hari. Pawon Kraton Paruman ini buka dari jam 6 pagi hingga jam 9 malam.

2. Rawon dan Soto Taman Jajan Al Fatih

6 Rekomendasi Menu Sarapan Saat Berada di Malang
Di Taman Jajan tak hanya ada Rawon dan Soto saja. Tapi menu ini yang paling ramai dikunjungi. Penasaran?


Rekomendasi menu sarapan di Malang selanjutnya ada Rawon dan Soto Taman Jajan Al Fatih. Kedai rawon dan soto ini berada di taman terbuka yang banyak didatangi anak-anak di kawasan Perumahan Sawojajar untuk bermain. Meski terdengar berat ya sarapan dengan rawon atau soto, suasana pagi di Taman Jajan sungguh dirindukan. Udara segar pagi hari, ditambah interaksi keluarga menjadi pemandangan seru. apalagi kalian bisa pilah-pilih aneka makanan di sana. Jika kalian hendak ke Taman Jajan Al Fatih, arahkan maps kalian ke Jl. Danau Maninjau Raya No.169, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang ya.

3. Nasi Jejen Warung Bu Umi

malang, menu sarapan, rekomendasi sarapan di malang, kuliner malang, goa pinus, Mata Air Sumber Sirah, Pantai Tiga Warna, ngetrip, malang, rekomendasi, nasi trancam, pawon kraton karuman, rawon, soto, taman jajan al fatih, perumahan sawojajar, nasi jejen, warung bu umi, bubur ayam, bubur ayam cak mun, nasi campur madura, nasi madura, pecel, pecel sarangan bedjo, puncak mandala, nasi buk, mbok siti, malang kotabaru, kawanjo, local experience,
Nasi Jejen, tak jauh beda dengan nasi khas Madura.


Tah jauh dari Taman Jajan Al Fatih, rekomendasi menu sarapan di Malang selanjutnya bernama Nasi Jejen Warung Bu Umi. Masih berada di kawasan Perumahan Sawojajar Kota Malang juga Kawanjo. Pertanyaannya, seperti apakah nasi jejen? Jika kalian pernah mencicipi nasi campur Madura, kurang lebih sama Kawanjo. Nasi Jejen ini belakangan tengah naik daun kok. Meski cukup mainstream, kalian harus coba sensasi sarapan di sini.

4. Bubur Ayam Cak Mun

6 Rekomendasi Menu Sarapan Saat Berada di Malang
Sate ati ampelanya bubur ayam Cak Mun jangan sampai kehabisan.


Kita lanjut ke rekomendasi menu sarapan di Malang selanjutnya ya. Jika menu nasi terlalu berat buat sarapan, kalian boleh beralih ke bubur ayam. Nah, bubur ayam mana yang paling recomended? Cobain bubur ayamnya Cak Mun deh Kawanjo. Enak! Kuahnya gurih, bikin para pendatang minta nambah kuah bubur. Untuk menyempurnakan tekstur bubur yang lembut, kalian harus tambah sate ati ampelanya ya. Paling laku keras tuh Kawanjo. Jangan sampai kesiangan, nanti sate ati ampelanya kehabisan.

5. Pecel Sarangan Bedjo

malang, menu sarapan, rekomendasi sarapan di malang, kuliner malang, goa pinus, Mata Air Sumber Sirah, Pantai Tiga Warna, ngetrip, malang, rekomendasi, nasi trancam, pawon kraton karuman, rawon, soto, taman jajan al fatih, perumahan sawojajar, nasi jejen, warung bu umi, bubur ayam, bubur ayam cak mun, nasi campur madura, nasi madura, pecel, pecel sarangan bedjo, puncak mandala, nasi buk, mbok siti, malang kotabaru, kawanjo, local experience,
Nasi Pecel Sarangan Bedjo. Nggak cukup satu porsi.


Sangat disayangkan jika ngetrip ke Malang menu sarapan yang itu-itu aja. Nih cobain Nasi Pecel Sarangan Bedjo Kawanjo di sesi sarapan hari berikutnya saat kalian ngetrip di Malang. Kota Malang punya dua lokasi pecel enak nih Kawanjo. Pecel Sarangan Bedjo di kawasan Sulfat dan Puncak Mandala. Porsi nasi pecelnya terbilang mungil. Ya pas lah untuk porsi sarapan. Jika belum kenyang, kalian bisa tambah satu sampai dua porsi lagi.

Untuk menikmati pecel Sarangan Bedjo, kalian harus menuju Jl. Raya Sulfat, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, atau Jl. Puncak Mandala, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Tapi ingat, jangan saat hari Jumat kalian ke sana ya. Setiap minggunya, Pecel Sarangan Bedjo ini tutup setiap hari Jumat.

6. Nasi Buk Khas Madura “Mbok Siti”

malang, menu sarapan, rekomendasi sarapan di malang, kuliner malang, goa pinus, Mata Air Sumber Sirah, Pantai Tiga Warna, ngetrip, malang, rekomendasi, nasi trancam, pawon kraton karuman, rawon, soto, taman jajan al fatih, perumahan sawojajar, nasi jejen, warung bu umi, bubur ayam, bubur ayam cak mun, nasi campur madura, nasi madura, pecel, pecel sarangan bedjo, puncak mandala, nasi buk, mbok siti, malang kotabaru, kawanjo, local experience,
Menu sarapan yang sepertinya mengenyangkan.


Satu lagi menu sarapan yang kalian harus coba di Malang, yakni nasi buk, nasi khas madura yang terkenal enak dan laku keras di Malang racikan Mbok Siti. Daripada penasaran, kalian bisa jumpai Nasi Buk Mbok Siti ini di sekitaran Stasiun Kereta Api Malang Kotabaru. Biasanya, nasi buk ini menjadi menu sarapan favorit para pelancong yang baru turun dari kereta. Tak heran Nasi Buk Mbok Siti ini sudah buka sejak jam 5 pagi.

Well, itulah beberapa menu sarapan rekomendasi jika suatu saat kalian ngetrip ke Malang. Usahakan bikin itinerary yang mantap ya Kawanjo, karena Malang ini cukup banyak menyajikan destinasi wisata seru. Sudah berencana meluncur ke Malang? Paket-paket trip ke Malang dan sekitarnya bisa kamu intip di sini.

Untuk paket-paket trip menarik ke Bromo, bisa cek di sini.

Jika membutuhkan referensi paket wisata seru, kalian bisa cek di sini ya. Oke, sarapan sudah, waktunya berpetualang!

Baca juga: Bertualang Ke Bromo

0 comments on “6 Rekomendasi Menu Sarapan Saat Berada di Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published.