Desa Wisata Bowele
Local Experiences

Anti Sepele, Yuk Surfing di Desa Wisata Bowele!

Desa wisata Bowele menjadi potensi terpendam Kabupaten Malang

Hidden gem-nya Malang ada di sini, loh! Tidak main-main bin anti sepele. Sebutlah Desa Wisata Bowele namanya. Salah satu destinasi nge-trip yang bisa Kawanjo kunjungi. Apalagi buat para penggemar surfing, juga aktivitas menarik lainnya.

Desa Wisata Bowele

Desa Wisata Bowele
Keindahan alam Desa Bowele.

Wisata Kabupaten Malang tiada habisnya. Tempat rekreasi kerap bermunculan. Baik itu yang menampakkan keelokan alam, maupun menunjukkan kreativitas masyarakat atau pengelolanya mewujudkan wisata buatan.

Desa wisata Bowele menjadi potensi terpendam Kabupaten Malang. Yang ternyata kemunculannya membawa kebanggaan tersendiri bagi daerahnya. Ya, Bowele Malang berhasil masuk dalam daftar 75 Desa Wisata Terbaik di ajang ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2023.

Jauh dari hal sepele, nama Bowele ternyata punya arti tersendiri. Bowele singkatan dari tiga pantai yang menjadi daya tarik wisata di dalamnya. Yaitu Pantai Bolu-bolu, pantai Wediawu, dan pantai Lenggoksono. Menarik, bukan?

Baca Juga : Desa Wisata Keris di Sumenep, Rumah bagi Ratusan Empu Berkarya

Lokasi Desa Bowele

Lokasi Desa Wisata Bowele
Lokasi Desa Bowele

Desa wisata Bowele memiliki bentang alam beragam. Mulai dari pantai dengan hasil tangkapan nelayan yang berlimpah hingga bukit dan pegunungan yang berhawa sejuk. Kawanjo bisa mendapatkan banyak pengalaman menarik di sini.

Letaknya berada di Jalan Raya Desa Purwodadi RT12/ RW03 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang Jawa Timur.

Aktivitas Wisata di Desa Wisata Bowele

Aktivitas Wisata di Desa Wisata Bowele
Aktivitas Wisata di Desa Wisata Bowele

Dengan potensinya yang menarik, desa wisata Bowele dikunjungi oleh banyak orang. Di sini mereka melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Diantaranya:

  1. Snorkeling di Pantai Bolu Bolu

Dasar laut desa wisata  Bowele juga memiliki pemandangan yang indah. Sehingga tak heran bila banyak orang penghobi snorkeling menjadikan pantai Bolu bolu sebagai tujuan. Tepatnya di dasar teluk Kleta’an, terdapat deretan karang beraneka bentuk. Dengan beragam ikan yang hilir mudik berenang. Sungguh pemandangan yang bisa menghipnotis.

Baca Juga : Resmi CHSE, 2023 Desa Wisata Barania Sinjai Siap Tampung Wisatawan

  1. Surfing di Pantai Wediawu Lenggoksono
Surfing di Pantai Wediawu Lenggoksono
Surfing di Pantai Wediawu Lenggoksono

Karena ombaknya yang cukup besar, dua pantai di desa wisata Bowele ini merupakan lokasi favorit untuk berselancar. Wisatawan akan berlomba dengan ombak yang menggulung sambil melatih adrenalin.

  1. Kelas Surfing

Bagi peselancar pemula ataupun yang berminat belajar berselancar tak perlu khawatir. Sebab desa wisata Bowele menyediakan kelas belajar surfing. Ombak pantai yang tidak ganas memang cocok untuk kelas ini.

  1. Memancing atau berkeliling naik perahu

Pasti mengasyikkan bila melihat-lihat pemandangan sambil naik perahu. Semilir angin akan membuat hati semakin tentram. Bila Kawanjo memiliki hobi memancing, ini juga saat tepat di tempat yang pas supaya bisa pulang membawa ikan.

  1. Bermain di Air Terjun Banyuanjlok

Selain pantai, juga ada air terjun Banyuanjlok. Sebuah air terjun dari bukit yang turun langsung menyentuh laut. 

Air terjun Banyuanjlok merupakan fenomena alam yang unik. Sangat disayangkan bila tak sempat bermain di sini ketika berada di desa wisata Bowele.

Baca Juga : Hidup Bersahaja di Desa Wisata Baros Bandung

  1. Kulineran

Desa wisata Bowele memiliki kekayaan berupa hasil laut yang melimpah. Contohnya ikan dan lobster yang banyak diolah oleh warga dan dijual di warung-warung dekat pantai. Menikmati rasa otentik produk kuliner khas Bowele bisa mengenyangkan perut dan membuat hati semakin senang.

  1. Seni Budaya 
Seni Budaya desa wisata Bowele
Seni Budaya desa wisata Bowele

Warga desa wisata Bowele masih memegang teguh adat dan tradisi leluhur. Bila datang pada saat yang tepat, Kawanjo bisa menyaksikan budaya Larung sesaji di sini. Sebuah tradisi yang mengandung permintaan pada Tuhan Yang Maha Esa untuk selalu melindungi daerah ini.

Selain itu, Kawanjo juga bisa mengikuti kelas belajar gamelan yang sewaktu-waktu ada. Keren dong, zineal namun tetap peduli pada kesenian. Salut deh!

Desa wisata Bowele memiliki banyak tawaran bagi siapapun yang mengunjunginya. Bertandang di sini, Kawanjo bisa melakukan banyak hal yang mengasyikkan. Mulai dari snorkeling, surfing, hingga menonton atraksi budaya. Sungguh anti sepele, wisata di Bowele bisa memberikan pengalaman yang mengesankan. 

0 comments on “Anti Sepele, Yuk Surfing di Desa Wisata Bowele!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.