Desa Wisata Maros
Local Experiences

Hidup Bersahaja di Desa Wisata Baros Bandung

Terletak di kaki Gunung Malabar, letak Desa Wisata Baros sangatlah potensial untuk menjadi destinasi wisata bagi kamu yang pengen coba hidup di desa!

Kota Bandung yang sibuk terkadang membuat penduduknya ingin menepi sejenak. Mengambil jeda sambil menghirup udara segar dan bersentuhan dengan air alami nan jernih. Beruntung, Tuhan menganugerahi kota metropolitan di tanah Pasundan ini dengan alam yang asri dan alami. Sehingga banyak bermunculan tempat wisata alam untuk media refreshing bagi mereka yang penat dengan hiruk pikuk perkotaan. Sebutlah Desa Wisata Baros salah satunya.

Lokasi Desa Wisata Baros Bandung

Lokasi Desa Wisata Baros Bandung
Lokasi Desa Wisata Baros Bandung

Terletak di kaki gunung Malabar, letak Desa Baros sangatlah potensial untuk menjadi destinasi wisata. Dengan luas 420 hektar, desa wisata ini terletak di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung Jawa Barat. Bentang alamnya yang didominasi oleh persawahan dengan kombinasi sungai yang meliuk dan kontur tanah yang berbukit, sempurna mampu mengusir penat setiap pengunjung yang datang.

Baca Juga : Cuma 1 Jutaan, Eksplor Wisata Bandung Sama Pigijo

Akses Menuju Desa Wisata Baros

Akses Menuju Desa Wisata Baros
Akses Menuju Desa Wisata Baros

Guna menuju ke Desa Wisata Baros, ada angkutan kota dan angkutan pedesaan yang bisa tepat sampai lokasi, di depan pintu masuk. Pilih saja rute dari Banjaran ke Baros. 

Potensi Desa Wisata Baros Bandung

Potensi Desa Wisata Baros Bandung
Potensi Desa Wisata Baros Bandung

Kabar baik seolah menjadi bukti keunggulan desa wisata ini. Dalam seleksi ADWI 2023, desa ini terpilih menjadi salah satu dari 75 desa wisata terbaik di Indonesia versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Desa Baros merupakan satu dari tujuh desa di Jawa Barat yang masuk ke dalam daftar bergengsi tersebut.

Desa Baros memiliki potensi besar dalam beberapa aspek. Selain elok dalam kenampakan alamnya, desa Baros juga unggul dalam kearifan lokal dan budaya luhurnya. Perekonomian kreatif dan budaya tradisional dijalankan dengan baik oleh warganya.  

Baca Juga : Wisata Kiara Artha Park Bandung, Bisa Naik Perahu Lampion!

Berikut adalah potensi desa wisata Baros yang jadi alasan harus datang ke sini:

  1. Potensi alam
Desa Wisata Baros Bandung
Desa Wisata Baros Bandung

Baros dikaruniai alam pedesaan yang elok dan selalu terjaga keasriannya. Sawah ladang terhampar sebagai latar belakang aktivitas masyarakat yang bersahaja. 

Di desa wisata Baros terdapat beberapa daya tarik wisata alam seperti Mega Tutupan, sebuah wisata hutan pinus Bandung. Di sini pengunjung bisa hunting foto, camping, ataupun menyaksikan live musik.

Kemudian ada Citalutug River di Kampung Cibayongbong. Sebuah sungai berair jernih yang dipinggirannya terdapat saung-saunh untuk bersantai menikmati pemandangan sawah yang terhampar. Pengunjung juga bisa melakukan arung jeram mini di aliran sungai Citalutug. 

  1. Potensi kehidupan warga
Harga tiket Desa Wisata Baros Bandung
Harga tiket Desa Wisata Baros Bandung

Desa wisata Baros juga unggul oleh karakter warganya yang luhur. Mereka yang sebagian besar berprofesi sebagai petani menjadi potensi unggul yang bisa menarik minat pengunjung.  

Pengunjung diajak berkegiatan seperti warga desa pada umumnya. Mereka bisa ikut membajak sawah, menanam padi atau tanaman lainnya ataupun memandikan kerbau di sungai sekaligus mandi di sungai. Tak lupa pengunjung bisa memainkan permainan tradisional yang masih lestari di desa wisata Baros.

  1. Potensi ekonomi kreatif 

Salah satu produk unggulan ekonomi kreatif dari desa wisata Baros adalah aksesoris helm. Tidak main-main, hasil karya warga Baros ini sudah  beredar di toko dan distributor helm di Indonesia sampai ke luar negeri.

Selain itu terdapat juga usaha pembuatan alat musik bambu, pembuatan baju pangsi khas Sunda, ikat kepala khas Sunda, dan banyak lagi home industry di desa Baros Arjasari.

Uniknya, pengunjung akan diajak untuk terlibat dalam proses produksi. Sebagai upaya memberikan layanan edukasi saat berkunjung di desa ini. 

Baca Juga : Wisata Anti Mainstream Bandung 2023, Air Terjun Menari Hingga Kota Berukuran Mini

  1. Potensi Seni Budaya

Desa wisata Baros memiliki banyak sanggar seni yang dikelola warganya. Sebab sebagaimana diketahui, Baros sangat teguh melestarikan budaya. Pengunjung akan disuguhi penampilan kesenian mulai dari angklung, calung, buncis, bajidor, celempung, wayang golek, tari-tarian tradisional, dan lain sebagainya. Pengunjung bisa ikut berlatih dalam memperagakan kesenian tersebut.

Desa wisata Maros Bandung Jawa Barat seolah menjadi oase di tengah hiruk pikuk keramaian kota. Desa ini menyediakan paket wisata yang mengajak Kawanjo untuk hidup bersahaja. Merasakan keseharian di desa. Menyatu dengan masyarakat, menginap di homestay berupa rumah panggung yang berbilik bambu, makan makanan tradisional,dan turun ke sawah serta bermain di sungai yang jernih. Pantas saja bila Maros masuk sebagai 75 desa wisata terbaik dalam gelaran ADWI 2023. Kuy berkunjung ke sana!

0 comments on “Hidup Bersahaja di Desa Wisata Baros Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.