semangka,
Health

7 Manfaat Buah Semangka, Bukan Hanya untuk Menghapus Dahaga Saja

Banyak sekali manfaat buah semangka untuk tubuh sehat apalagi Saat hari sedang gerah-gerahnya, lihat gambar semangka dimana-mana jadi auto segar kembali.

Banyak sekali manfaat buah semangka agar tubuh menjadi sehat. Apalagi saat hari sedang gerah-gerahnya, lihat gambar semangka di mana-mana jadi auto segar kembali. Mengabaikan perdebatan bahwa semangka termasuk buah atau sayur, kandungan air dalam tiap gigitan terasa manis dan menyejukkan. Cocok sebagai penghilang dahaga di tengah cuaca panas.

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Kandungan Nutrisi Buah Semangka
Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Semangka, atau Citrullus lanatus, adalah buah asli Afrika yang memiliki sejarah panjang dalam budaya manusia. Kemungkinan pertama kali dibudidayakan di wilayah Nile, Mesir, sekitar 5.000 tahun yang lalu. Dalam sejarahnya, semangka digunakan sebagai sumber air yang penting di daerah yang panas dan kering, dan juga sebagai makanan. Selama perjalanan perdagangan budak, semangka dibawa ke Amerika dan mulai menyebar di seluruh dunia. Hari ini, semangka ditanam di berbagai negara dengan iklim hangat.

Siapa sangka di balik kesegarannya, Citrullus lanatus ini memiliki kandungan nutrisi yang menguntungkan bagi penikmatnya. Dikenal sebagai buah yang cukup tahan dalam kekeringan terutama jika telah memasuki masa pembentukan buah, semangka adalah anugerah alam yang rendah kalori.

Dalam takaran satu cangkir atau  152 gram, nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah Kalori 45,6 mg, Vitamin C 12,3 mg, Kalium 170 mg, Kolesterol 0 mg, Natrium 1,52mg, Karbohidrat 11.5 gram, Serat 0.6 gram, Kalsium 10mg, Vitamin A 865 IU, dan Likopen 6.890 mikrogram.

Bahkan sekarang tak hanya daging buahnya yang bisa dimanfaatkan. Telah banyak kreasi olahan kulit semangka. Begitu pula dengan bijinya. Sebab ternyata dua bagian semangka ini juga memiliki manfaat tersendiri.

Dibuang sayang, kulit semangka ternyata memiliki nutrisi yang tak kalah penting. Meskipun kalorinya rendah, kulit semangka memiliki kandungan tinggi Vitamin A, Vitamin C, kalium, Vitamin B6, dan seng. Selain itu, dikutip Health Benefits Times kulit semangka juga sarat dengan citrulline, klorofil, asam amino, likopen, senyawa fenolik dan flavonoid.

Selanjutnya adalah biji buah semangka. Berbentuk kecil dan berwarna putih saat muda dan hitam kita menua, biji semangka juga mengandung nutrisi yang menyehatkan, yakni memiliki 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan apik. Terdapat pula kandungan zat besi, magnesium, seng, dan tembaga. Jadi, disarankan untuk tetap memilih semangka berbiji dibandingkan dengan yang tanpa biji.

Baca juga: 7 Manfaat Anggur Hijau Shine Muscat, Buah Nikmat Kaya Manfaat

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka
Manfaat Buah Semangka

Dengan segala kandungan nutrisi di atas, pastilah buah yang memiliki bentuk bulat, lonjong, dan persegi ini tepat sekali dikonsumsi. Manfaat semangka di antaranya adalah:

  1. Menghidrasi Tubuh
    Semangka mengandung sekitar 90% air, sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya. Say bye pada kulit kering bila rajin mengonsumsi buah berair seperti semangka.
  2. Kaya Antioksidan
    Buah semangka mengandung antioksidan seperti likopen, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.
  3. Mendukung Kesehatan Jantung
    Selain bersifat antioksidan, kandungan likopen beserta asam amino L-citrulline dalam semangka, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, yakni dengan mengurangi tekanan darah dan memperlancar aliran darah.
  4. Sumber Vitamin dan Mineral
    Semangka adalah sumber vitamin B6, vitamin C, vitamin A, dan sejumlah mineral seperti kalium. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, vitamin A baik untuk penglihatan, dan kalium penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.
  5. Memperlancar Pencernaan
    Buah semangka mengandung serat diet yang membantu memperlancar metabolisme tubuh dan pencernaan yang sehat. Termasuk untuk membantu mencegah sembelit.
  6. Menjaga Kesehatan Ginjal
    Kandungan kalium dalam semangka mampu membersihkan sisa racun pada ginjal. Sehingga bisa mengurangi resiko kerusakan ginjal.
  7. Pertumbuhan Rambut
    Biji dan kulit semangka juga memiliki nutrisi penting. Di dalam butiran-butiran kecil itu terdapat kandungan zat besi, magnesium, seng, dan tembaga. Di mana nutrisi-nutrisi itu bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Begitu juga dengan bagian keras pada buah ini.

Baca juga: 6 Minuman Rempah Hangat untuk Kesehatan, Ada yang Menyehatkan Mata

Kandungan nutrisi semangka ternyata banyak. Sehingga manfaatnya pun banyak untuk tubuh. Maka saat melihat gambar semangka dimana-mana, tak perlu menyesal bila tiba-tiba ingin segera merasakan kesegaran buah ini. Yuk semangka, semangat kakak!

0 comments on “7 Manfaat Buah Semangka, Bukan Hanya untuk Menghapus Dahaga Saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.